12 Manfaat Lompat Tali di Malam Hari Untuk Kesehatan dan Kulit

Apabila anda sedang mencari cara untuk menambahkan kesenangan sekaligus kreativitas dalam setiap latihan anda, maka pertimbangkan untuk melakukan lompat tali dalam latihan rutin anda. Lompat tali merupakan investasi terbaik yang bisa anda lakukan untuk menambah kebugaran tubuh sebab merupakan bentuk latihan kardiorespirasi yang efektif namun tidak membutuhkan banyak ruang sehingga bisa anda dilakukan di rumah bahkan saat malam hari. Banyak orang yang berpikir jika lompat tali lebih cocok dilakukan oleh anak anak, namun sebenarnya latihan sederhana ini bisa memberikan banyak kegunaan bagi tubuh anda. Berikut adalah beberapa manfaat lompat tali di malam hari yang wajib anda ketahui.

  1. Menyeimbangkan Otot dan Saraf

Lompat tali yang dilakukan baik pada malam, pagi atau sore hari sama sama baik dilakukan untuk membuat kaki terasa lebih ringan. Hanya dengan melakukan lompat tali selama beberapa menit, tubuh akan terhubung dengan pikiran sehingga bisa menyehatkan otot dan saraf sehingga semakin seimbang. Lompat tali bisa meningkatkan keseimbangan, kecepatan dan koordinasi anda sekaligus membuat pikiran tetap fokus pada kaki dalam periode waktu yang berkelanjutan.

  1. Pembakar Kalori yang Baik

Ada begitu banyak latihan yang bisa kita temukan sekarang ini seperti manfaat berenang. Namun dari berbagai latihan tersebut, hanya sedikit latihan saja yang sangat ampuh untuk membakar kalori. Melakukan 10 menit lompat tali sebanyak 3 putaran setiap malam sudah bisa membakar kalori dalam tubuh sekitar 480 kalori yang sekaligus juga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Selain banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memberikan manfaat kalsium bagi tulang, lompat tali juga menjadi cara tambahan terbaik untuk meningkatkan kepadatan tulang anda. Lompat tali juga terbilang lebih mudah khususnya di malam hari, sebab anda tidak perlu berlari jauh yang juga bisa berdampak buruk bagi kedua kaki anda. Untuk itulah, para ahli menyarankan pada para atlet dan lansia untuk melakukan skipping atau lompat tali ini agar kedapatan tulang yang sudah mulai berkurang bisa diatasi dengan baik.

  1. Meningkatkan Elastisitas dan Ketahanan Otot

Lompat tali juga sangat baik untuk meningkatkan elastisitas dan juga ketahanan otot kaki bagian bawah anda sehingga bisa menurunkan risiko cedera kaki bagian bawah sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dibandingkan manfaat lari jarak jauh. Setiap lompatan yang dilakukan nantinya akan menguatkan kaki bagian bawah tanpa harus menegangkan jaringan otot yang bisa menyebabkan cedera seperti achilles atau plantar fasciitis. Melakukan lompat tali setiap malam dengan teratur bisa menguatkan otot betis dan meningkatkan elastisitas tendon serta fasia di sekitarnya.

  1. Meningkatkan Koordinasi

Manfaat olahraga kardio yakni lompat tali merupakan aktivitas siklik yang artinya anda akan melakukan ritme teratur sekaligus stabil. Irama lompat tali yang pasti dan mantap nantinya akan membantu meningkatkan koordinasi antara mata, tangan dan kaki anda lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat olahraga lompat tali juga melibatkan belajar pola motor yang baru sehingga bisa meningkatkan komunikasi antara sistem saraf otak, pergelangan tangan dan otot kaki bagian bawah. Pada gilirannya, lompat tali ini bisa meningkatkan fungsi kognitif secara menyeluruh yang sangat penting khususnya seiring dengan pertambahan usia anda.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lompat tali di pagi hari dan malam hari bisa membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan sebutan hipertensi. Hal ini bisa terjadi karena otot jantung akan terlatih secara baik sehingga bisa memompa darah lebih mudah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang kuat tersebut nantinya memungkinkan dinding arteri untuk lebih rileks dan tekanan darah bisa diturunkan untuk melindungi anda dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

  1. Menurunkan Kolesterol

Ketika anda sedang melakukan lompat tali, maka kadar kolesterol baik atau LDL bisa meningkat sekaligus menurunkan kadar buruk atau LDL. Ini nantinya akan mencegah kadar kolesterol tinggi terbentuk pada arteri yang bisa menyebabkan penyumbatan sehingga sangat baik dilakukan untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

  1. Mengontrol Berat Badan

Jika anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka lompat tali bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik untuk anda lakukan sebab banyak manfaat lompat tali bagi kesehatan. Selama latihan intensitas rendah hingga sedang seperti lompat tali, maka tubuh akan menggunakan sumber energi yang tersimpan didalam sel sel lemak sehingga penyusutan lemak juga akan terjadi. Hasilnya, lemak di perut dan lingkar pinggang anda akan berkurang secara drastis namun dengan cara yang sehat.

  1. Menguatkan Lengan

Gerakan lengan berulang yang terjadi dalam manfaat olahraga skipping atau  lompat tali juga tentunya bisa menguatkan lengan anda sekaligus melindungi tubuh dari cedera yang kemungkinan terjadi di masa depan. Anda bahkan tidak harus memutar tangan terlalu banyak namun sudah cukup ampuh untuk meningkatkan otot otot tangan anda.


  1. Mengurangi Stress

Semua jenis olahraga termasuk lompat tali bisa menghilangkan stress dengan cara meningkatkan produksi endorfin selain ada juga manfaat lompat tali untuk meninggikan badan. Bahan kimia dalam otak ini akan membuat anda merasa lebih baik sehingga rasa cemas dan stress bisa menurun dan membuat tidur anda lebih berkualitas.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Jika anda ingin mendapatkan tampilan kulit yang cantik, maka anda harus berolahraga namun tidak selalu bisa dilakukan di gym, akan tetapi bisa dilakukan dengan lompat tali yang sudah sangat efektif sebagai solusi kecantikan kulit sama halnya seperti manfaat lompat tali di sore hari. Bahkan, olahraga sangat penting untuk mengurangi jerawat dengan beberapa cara berikut ini:

  • Meningkatkan aliran darah sehingga semakin banyak nutrisi yang masuk ke kulit.
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh.
  • Menguatkan organ internal supaya bisa bekerja efisien.
  • Membuka pori pori dan menghilangkan racun lewat keringat.
  • Menyeimbangkan hormon.
  • Meredakan ketegangan dan juga stres.

Manfaat lompat tali di malam hari tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan meminimalisir risiko terkena penyakit, namun ternyata juga bisa mengurangi stress dan menambah kecantikan kulit sehingga sangat baik dilakukan secara rutin ketika malam hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga