5 Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan

Apa yang paling dicari ketika siang hari yang terik dan anda sedang kehausan? Tentu saja minuman dingin yang menyegarkan. Ya, berbagai minuman segar bermunculan di pikiran mulai dari jus, es teh, cendol, es krim, hingga kelapa muda. Diantara sekian banyak jenis minuman tersebut air kelapa muda adalah salah satu favorit banyak orang untuk melepas dahaga dan menyegarkan tubuh. Air kelapa muda ini bisa diminum langsung atau ditambahkan es dan pemanis seperti susu, madu, atau sirop. Rasanya Nikmat sekali.

Artikel terkait:

Selain rasanya enak dan menyegarkan mengonsumsi air kelapa muda juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari membantu menurunkan berat badan, menetralisir racun, mengatasi dehidrasi, melancarkan pencernaan, menghambat perkembangan radikal bebas dalam tubuh, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya, mengatasi kerontokan rambut, dan masih banyak lagi. Hal ini tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi dalam kelapa muda seperti mineral berupa potasium, kalsium, fosfor, dan zat besi, protein, lemak, vitamin C, serta karbohidrat.

Artikel terkait:

Apa itu Kelapa Bakar?

Lantas bagaimana jadinya jika kelapa muda dibakar sebelum dikonsumsi? Sebagian dari kita mungkin masih kurang familiar dengan kelapa bakar. Biasanya kita hanya mengonsumsi kelapa muda sebagai minuman atau memanfaatkan santan yang diperas dari kelapa yang sudah masak dan tua sebagai bahan masakan. Kelapa bakar ini merupakan salah satu kreasi dari para penjual kelapa muda. Bosan dengan model dagangan yang itu-itu saja dan untuk menarik minat pembeli maka para penjual kelapa muda menawarkan kelapa muda bakar sebagai pilihan bagi para pembeli yang ingin mencoba sesuatu yang baru.

Kelapa bakar merupakan kelapa muda yang melalui proses pembakaran pada tungku atau alat pemanggang lain selama kurang lebih 3-4 jam hingga dipastikan air di dalamnya sudah mendidih serta daging kelapa sudah lunak dan saripatinya bercampur dengan air kelapa. Setelah melalui proses pembakaran yang cukup lama tentu air kelapa ini menjadi panas sehingga perlu didinginkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Kemudian air kelapa ini bisa langsung diminum. Namun para penjual kelapa bakar biasanya menambahkan bahan-bahan tambahan seperti susu, madu, atau gula aren untuk menambah rasa. Kemudian bisa juga ditambahkan telur serta air rebusan rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, kedaung, kapulaga, sereh, dan daun pandan untuk menambah manfaatnya.

Artikel terkait:

Bagaimana rasanya? Menurut para penikmatnya kelapa bakar ini rasanya sedikit berbeda dengan kelapa muda biasa. Yang pasti airnya terasa lebih hangat sehingga membuat kerongkongan dan tubuh merasa hangat. Apalagi dengan penambahan air rebusan rempah-rempah seperti jahe dan sereh/serai, semakin menambah kehangatan rasa minuman ini. Setelah meminumnya dijamin tubuh anda akan mengeluarkan keringat sehingga sangat cocok diminum ketika sore atau malam hari. Kemudian kelapa bakar juga memiliki rasa daging buah yang lebih gurih karena telah melalui proses pembakaran sebelumnya. Secara keseluruhan minuman ini memiliki sensasi rasa yang berbeda dari air kelapa muda biasa. Selain itu bagi yang tidak suka minuman hangat air kelapa bakar juga dapat ditambahkan potongan es agar rasanya lebih dingin. Bagi yang ingin mencoba sesuatu yang baru minuman ini tepat sekali menjadi pilihan.

Artikel terkait:

Manfaat Kelapa Bakar

Lantas bagaimana manfaatnya? Apakah sama bermanfaatnya dengan kelapa muda yang belum melalui proses pembakaran? Karena seperti yang kita ketahui kandungan nutrisi dalam bahan makanan yang melalui proses pembakaran dengan suhu yang tinggi selama beberapa waktu akan mengalami perubahan atau bahkan mengalami kerusakan. Menurut pengalaman orang-orang yang sudah meminumnya kelapa bakar dipercaya mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan sudah mereka buktikan sendiri. Diantara manfaat mengonsumsi kelapa bakar adalah:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Meminum air kelapa bakar dipercaya dapat mengatasi kondisi tubuh yang lesu dan lemas sehingga bersemangat kembali dan daya tahan tubuhnya kembali membaik. Air kelapa bakar yang hangat terasa meresap ke dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Artikel terkait: manfaat melatih daya tahan tubuh – manfaat berenang

  2. Mengatasi masuk angin

    Masuk angin merupakan penyakit yang sangat umum melanda rakyat Indonesia. Mengapa dikatakan demikian? Karena memang di negara lain tidak dikenal penyakit masuk angin. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti badan meriang, perut kembung, lelah, demam, pilek, sering mengantuk, mual, diare, serta kurang nafsu makan. Meminum air kelapa bakar juga dipercaya dapat mengatasi masuk angin. Airnya yang hangat serta campuran air rempah-rempah dapat menghangatkan tubuh dan meredakan masuk angin.

    Artikel terkait: manfaat tolak angin sido muncul – manfaat kencur

  3. Mengatasi diabetes

    Diabetes atau yang dikenal juga dengan kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Meskipun faktor keturunan turut berpengaruh namun gaya hidup yang salah juga memegang peranan penting timbulnya diabetes. Dengan rajin meminum air kelapa bakar dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit diabetes. Tentu saja penyajiannya tanpa tambahan pemanis seperti madu dan susu.

    Artikel terkait: manfaat bengkoang untuk diabetes – manfaat buah naga untuk diabetes

  4. Mengatasi batu ginjal

    Penyakit lainnya yang juga dapat diatasi dengan meminum air kelapa bakar adalah penyakit batu ginjal. Penyakit ini terjadi karena adanya pembentukan material keras seperti batu pada ginjal yang menyebabkan seseorang merasakan gejala nyeri pinggang, kencing berdarah, atau gejala lainnya. Menurut pengalaman orang-orang meminum air kelapa bakar ternyata juga dapat meluruhkan batu ginjal sehingga material tersebut dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

    Artikel terkait: manfaat jahe untuk ginjal – manfaat kulit manggis untuk ginjal

  5. Mempercepat kehamilan

    Minuman ini juga dipercaya dapat membantu terjadinya kehamilan pada para wanita yang sulit hamil.

    Artikel terkait: manfaat kedelai hitam – manfaat daun sirsak untuk kesuburan

Meskipun manfaat-manfaat di atas belum terbukti secara ilmiah karena memang belum dilakukan penelitian mendalam terhadap kelapa bakar namun pengalaman orang-orang yang telah meminumnya juga tidak dapat dipungkiri. Bisa jadi juga penambahan air rebusan rempah-rempah turut mempengaruhi berbagai manfaat dari kelapa bakar tersebut. Karena seperti yang kita ketahui rempah-rempah seperti jahe merah, sereh, kayu manis, dan lain sebagainya kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan. Sehingga tidak ada salahnya mengonsumsi minuman yang satu ini. Rasanya enak, menghangatkan tubuh, plus berbagai manfaat lainnya seperti yang telah dijabarkan di atas.

Jika sulit menemukan penjual kelapa bakar anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Beli saja kelapa muda di penjual terdekat dan kemudian jerangkan di atas kompor yang ada di rumah. Kemudian campurkan berbagai bahan yang disukai seperti susu, madu, dan tak lupa rempah-rempah. Dan kelapa bakar pun siap disantap.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan