7 Manfaat Susu Kefir Untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum susu kefir merupakan produk susu unik yang mengandung banyak probiotik sehingga memiliki manfaat luar biasa. Kefir sendiri diambil dari bahasa Turki yakni keif yang memiliki arti perasaan baik dan sudah digunakan selama berabad abad oleh masyarakat Eropa dan Asia karena banyak manfaat untuk penyembuhan dalam susu kefir ini. Susu kefir sendiri buas dibuat dari berbagai bahan mulai dari susu kambing, domba, sapi, beras, kedelai dan juga kelapa. Kefir mengandung campuran simbiotik mikroba kompleks dari bakteri asam laktat dan juga ragi sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama bagi anda yang sedang diet. Untuk mengetahui apa saja manfaat susu kefir untuk diet, silahkan simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Ketika sedang diet, pengurangan sejumlah makanan tentu akan berdampak juga dengan penurunan beberapa jenis nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. Kefir yang mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti biotin dan folat sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Untuk itu, mengkonsumsi susu kefir sudah cukup baik dalam memenuhi selaga nutrisi yang hilang dari dalam tubuh selama sedang menjalani program diet.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada begitu banyak strain bakteri yang terdapat di dalam manfaat susu kefir seperti Lactobacillus gasseri , Lactobacillus paracasei , Lactobacillus amylovorus , Lactobacillus fermentum , dan Lactobacillus rhamnosus. Strain beberapa bakteri baik tersebut yang nantinya akan membantu anda untuk menurunkan berat badan lebih baik.

  1. Menurunkan Penyerapan Lemak

Dalam susu kefir mengandung lactobacillus gasseri yang bisa meningkatkan ukuran molekul lemak sehingga ketika dikonsumsi, maka tubuh akan lebih sedikit dalam menyerap lemak dari makanan. Dengan ini, maka lemak di perut, ukuran pinggang dan lingkar perut bisa mengecil secara bertahap. Bahkan dalam sebuah penelitian terbukti jika mengkonsumsi susu kefir selama 12 minggu sudah bisa mengurangi lemak perut sebanyak 8.5%.

  1. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika manfaat kefir mengandung banyak bakteri baik. Salah satu bakteri yakni lactobacillus paracasei dalam susu kefir bisa meningkatkan sirkulasi ANGPTL4 yakni hormon serum protein yang bertugas untuk mengatur pembakarn lemak sehingga penumpukan lemak dalam tubuh bisa berkurang yang artinya juga bisa menurunkan beberapa risiko penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

  1. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Minum susu kefir juga sangat disarankan bagi para wanita yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Lactobacillus rhamnosus dalam susu kefir ini menunjukkan hasil signifikan ketika dikonsumsi dimana tubuh akan melepaskan leptin yakni hormon kegemukan. Hormon tersebut nantinya akan meningkatkan rasa kenyang sehingga jika dikonsumsi teratur selama 3 bulan bisa meningkatkan penurunan berat badan hingga mencapai 50%.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Ada begitu banyak jenis racun yang ada di sekitar kita saat ini seperti dari kosmetik dan juga makanan yang dikonsumsi sehari hari. Kegunaan dari susu kefir ini adalah untuk memberikan manfaat detoksifikasi pada tubuh yang bahkan sangat efektif untuk aflatoksin yakni racun umum yang ada dalam makanan. Bakteri asam laktat yang terkandung dalam susu kefir nantinya bisa mengikat aflatoksin tersebut dan kemudian membunuhnya dan dibuang dari dalam tubuh.


  1. Melawan Penuaan

Penyakit penuaan dan yang berhubungan dengan usia sangat berkaitan dengan kerusakan akibat stres oksidatif. Susu kefir ini merupakan sumber antioksidan sangat tinggi sehingga bisa mencegah kerusakan mutagenik dan oksidatif yang berasal dari makanan. Ini berarti susu kefir juga bisa dikonsumsi sebagai solusi kanker dan penyakit yang berhubungan dengan usia lainnya.

Ada begitu banyak manfaat susu kefir untuk diet yang mungkin belum banyak diketahui khususnya bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki manfaat penting dalam program diet, susu dengan citarasa seperti yogurt ini juga penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman