10 Manfaat Kayu Akasia – Dalam Kehidupan Sehari Hari

Apakah Anda pernah melihat kayu akasia? Kayu akasia merupakan salah satu jenis kayu yang dihasilkan dari pohon akasia. Pohon akasia adalah jenis pohon asli yang berasal dari Amerika Utara. Pohon akasia banyak ditanam di tepi jalan karena memiliki daun yang bisa membuat jalan menjadi teduh. Saat ini mungkin kita jarang melihat pohon akasia karena pohon akasia digantikan dengan jenis pohon lain sebagai pohon peneduh. Batang dari pohon-pohon akasia lebih mudah rapuh sehingga bisa membahayakan pengguna jalan.

Karakteristik Pohon Akasia

Pohon Akasia memang menjadi salah satu pohon yang sangat indah. Pohon akasia memiliki bentuk daun yang menyirip dengan sedikit duri pada setiap bagian batangnya. Ada banyak jenis pohon akasia dan selalu memiliki karakter yang unik.

kayu akasiaPohon akasia memiliki bentuk bunga yang unik dengan kelompok khusus dengan beraneka warna seperti ungu, putih dan kuning. Pohon akasia bisa tumbuh dari daerah yang kering dan panas. Pohon akasia memang memiliki bentuk yang unik karena setiap batangnya memiliki tempat khusus yang biasanya digunakan oleh semut. Semut akan melindungi pohon akasia tanpa merusaknya karena hanya menggunakannya sebagai rumah saja.

Pohon akasia memiliki bentuk batang yang bulat dan lurus. Pohon akasia memiliki banyak cabang dengan bagian kulit yang sangat tebal. Warna pohon akasia berkarakter dari coklat tua hingga coklat muda. Pohon akasia yang sudah tua bisa mencapai ketinggian sekitar lebih dari 32 meter. Daun pohon akasia memiliki jumlah majemuk namun akan menjadi pohon ganda setelah dewasa. Pohon akan mulai berbunga pada saat sudah mencapai umur sekitar 2 tahun lebih. Bunga pohon akasia akan terlihat dengan warna-warna yang berbeda tergantung dari jenisnya.

Karakteristik Kayu Akasia

Salah satu bagian dari pohon akasia yang bisa dimanfaatkan adalah kayu akasia. Kayu akasia memiliki nilai jual yang sangat tinggi. kayu akasia memiliki permukaan dan gelombang yang sangat halus. Terkadang bila dilihat secara sekilas maka kayu akasia memiliki tekstur seperti kayu jati. Berikut ini adalah beberapa karakteristik kayu akasia.

  1. Kayu akasia memiliki warna kombinasi yang putih dan coklat yang terlihat pada setiap lingkaran kayu.
  2. Kayu akasia memiliki massa yang cukup berat dan tekstur yang lebih keras bila dibandingkan dengan jenis kayu lain.
  3. Kayu akasia memiliki bau yang kurang enak seperti bau air kencing.
  4. Kayu akasia bisa bertahan terhadap serangan beberapa ngengat karena tingkat kekerasan dan bau yang tidak disukai oleh ngengat.
  5. Kayu akasia bisa mudah dibentuk meskipun memiliki bentuk yang keras.
  6. Kayu akasia tidak tahan terhadap pengaruh cuaca dan tidak bisa bersentuhan langsung dengan tanah, air dan suhu lembab.

Manfaat Kayu Akasia

Kayu akasia termasuk dalam salah satu jenis kayu yang memiliki nilai jual tinggi. Saat ini posisi kayu akasia dalam dunia perabotan rumah tangga berada dibawah kayu jati. Kayu akasia bisa dibentuk menjadi beraneka ragam perabotan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kayu akasia.

  1. Kayu akasia bisa dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah terutama untuk perabotan yang diletakkan pada bagian dalam rumah. Kayu akasia memang tidak bisa digunakan untuk perabotan bagian luar karena tidak tahan terhadap cahaya dan air.
  2. Kayu akasia bisa digunakan untuk membentuk berbagai macam hiasan rumah. Beberapa benda dan perabot yang unik mudah dibentuk dari kayu akasia. Meskipun kayu memiliki karakter yang keras namun ternyata mudah dibentuk.
  3. Kayu akasia bisa dioleh menjadi campuran bahan parfum. Meskipun pada dasarnya kayu akasia memiliki aroma seperti air kencing namun bisa diolah menjadi salah satu campuran parfum. Proses penyulingan parfum dari kayu akasia bisa dilakukan dengan campuran beberapa bahan kayu lain.
  4. Kayu akasia bisa dimanfaatkan sebagai hiasan. Beberapa jenis kayu akasia yang sudah dibiarkan membatu secara alami bisa dirubah menjadi tanaman hias seperti bonsai.
  5. Kayu akasia juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Kayu akasia mengandung zat tannin yang bisa bersifat sebagai astringen. Zat ini akan digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti gangguan seksual untuk pria, penyakit rabies dan menormalkan kadar gula darah.
  6. Pohon akasia juga bisa digunakan sebagai peneduh jalan dan mencegah tanah longsor. Karakteristik pohon akasia yang tahan terhadap suhu panas dan kering ternyata sesuai untuk melindungi kontur tanah di daerah perbukitan. Namun pohon akasia yang sudah tua biasanya lebih rapuh sehingga harus cepat ditebang.
  7. Kayu akasia bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kontruksi rumah. Di beberapa daerah di Indonesia kayu akasia dipotong menjadi berbagai macam bentuk kontruksi rumah. Kayu akasia memang sangat keras dan baunya tidak disukai oleh ngengat karena itu banyak disukai sebagai bahan rumah.
  8. Pohon akasia bisa tumbuh di daerah yang rawan seperti lereng-lereng, karena itu pohon akasia bisa bermanfaat untuk mencegah banjir dan tanah longsor.
  9. Kayu dari pohon akasia juga bisa dimanfaatkan untuk membuat serat kertas. Serat kertas banyak digunakan untuk membuat bahan-bahan pengemas kertas, kardus dan sebagai bahan pokok untuk industri yang memakai kertas.
  10. Pohon akasia bisa meningkatkan keseimbangan ekologi sehingga bisa memperbaiki struktur tanah terutama untuk daerah rawan seperti perbukitan dan pegunungan.

Manfaat kayu akasia yang diambil dari pohon akasia memang sangat luas. Kayu akasia banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis perabotan. Namun pengambilan sumber daya alam berupa kayu juga harus memperhatikan keseimbangan lingkungan. Proses penanaman kembali pohon akasia sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Jadi, penanaman kembali pohon akasia sangat diperlukan untuk menjaga kerusakan alam meskipun pengembangan pohon akasia bisa dilakukan dengan cepat.

Manfaat kayu lainnya :