Manfaat Kayu Stigi Untuk Kesehatan

Kayu stigi, mungkin masih sedikit masyarakat yang mengenal dan pernah mendengar istilah kayu stigi. Kayu stigi merupakan jenis kayu yang bisa ditemui tumbuh pada pantai selatan Jawa. Jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang katanya sudah hampir punah. Kayu stigi sendiri memiliki nama lain santiki, suntugi, mentigi, ataupun mantiggi.

kayu stigiSelain berada di Indonesia, kayu stigi ini juga dapat ditemui di pesisir Asia selatan dan Asia Tenggara, seperti singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, dan juga pesisir Australia bagian utara, serta kepulauan Pasifik, seperti Mikronesia, Fuji, Guam, Kaledonia. Selain itu phon stigi juga dapat ditemui di daerah Afrika TImur, seperti Maladewa dan Tanzania.

Pohon Stigi memiliiki tinggi pohon kurang lebih setinggi 4 meter dari permukaan tanah dengan batang yang berkelok – kelok dengan bercabangan yang terlihat tidak teratur.

Sebagai jenis kayu yang sudah hampir punah, maka sudah pasti kayu stigi ini masuk ke dalam salah satu komoditi yang dilindungi oleh pemerintah. Untuk memperolehnya tida bisa asalh tebang seperti pohon kebanyakan, tapi harus memiliki surat khusus dan tujuan tertentu yang jelas manfaatnya.

Secara umum, jenis kayu stigi ini dapat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Stigi Darat. Pada umumnya stigi darat memiliki ciri sebagai berikut :
    • Berwarna hitam
    • Tekstur kayu yang keras dan kasar
  2. Stigi Laut. Pada umumnya, stigi laut memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
    • Berwarna coklat tua
    • Tumbuh di pesisir pantai

Kedua jenis kayu stigi tersebut sesuai dengan habitat tempat tinggalnya, yaitu darat dan laut. Walaupun demikian, kayu stigi merupakan jenis kayu yang mampu tumbuh pada dataran yang berpasir tanah yang padat, tanah yang tandus, tanah rawa, berkapur, maupun daerah pantai. Selain itu, masih ada banyak istilah – istilah lain yang menggambarkan jenis kayu stigi.

Kayu stigi sendiri memiliki satu keunikan yang cukup menarik, yaitu batang kayunya yang dapat tenggelam di dalam air, walupun hanya secuil kecil saja. Kayu yang memiliki nama latin Pemphis Acidula ini memiliki kayu yang padat dan tidak berongga sehingga dapat tenggelam di dalam air laut sekalipun.

Apa saja Manfaat Kayu Stigi?

Kayu stigi merupakan jenis kayu yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia, maka dari itu saat ini kehidupannya sudah terancam punah dan sedang berada dalam perlindungan pemerintah Indonesia. Sebenarnya, mengapa kayu stigi ini banyak dicari orang? Apa saja manfaat dan khasiat dari kayu stigi ini?

Pada dasarnya, manfaat dan khasiat yang diperoleh dari kayu stigi ini adalah manfaat yang masih bersifat sugestif, mistis, supranatural dan sifatnya adalah metafisik, sehingga cukup sulit menentukan apakah benar kayu stigi ini memiliki manfaat untuk kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kayu stigi :

  1. Sebagai sumber kekuatan supranatural pada pemiliknya.
  2. Dapat melupuhkan orang yang berniat jahat
  3. Memberikan kekebalan dan kekuatan tubuh
  4. Sebagai media pengasihan
  5. Meningkatkan wibawa dan karisma dari pemiliknya
  6. Penankal ilmu hitam
  7. Dapat menyerap bisa dan racun yang dihasilkan oleh binatang,
  8. Menangkal energy negative yang mengarah ke tubuh
  9. Membawa rejeki
  10. Menambah kepercayaan diri
  11. Meningkatkan pamor dan gengsi pada pemiliknya.
  12. Dipercaya dapat menyembuhkan penyakit reumatik
  13. Menghindari kesialan dan membawa nasib yang baik.

Untuk memaksimalkan efek magis dan supranatural dari kayu stigi ini, biasanya para pemilik kayu stigi akan membuat aksesoris dan kerajinan tangan yang bisa dijadikan benda koleksi ataupun digunakan untuk keperluan sehari – hari , seperti :

  1. Tasbih
  2. Cincin
  3. Mata cincin ( batu akik )
  4. Gelang
  5. Tongkat
  6. Gagang keris dan senjata tajam seperti pedang dan pisau atau belati
  7. Sarung dari senjata
  8. Sebagai pipa rokok

Kayu stigi sendiri juga sering digunakan sebagai hiasan dan pajangan yang dapat anda letakkan di rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan phon stigi seabagai hiasan atau pajangan :

  1. Pohon stigi yang dibonsai
  2. Ukiran – ukiran kayu stigi
  3. Pajangan kayu stigi

Itulah beberapa jenis pemanfaatan dari kayu stigi. Namun demikian, perlu diingat bahwa seluruh khasiat dan kelebihan yang sudah disebutkan di atas merupakan kelebihan yang bersifat sugestif, magis, supranatural dan metafisik. Hal ini belum dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah, dan biasanya efeknya dapat berbeda – beda pada setiap orang, tergantung bagaimana ia menanggapi manfaat dari kayu stigi itu sendiri.

Untuk meningkatkan kesehatan tubuh, ada baiknya anda dapat mengkombinasikan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur, disamping mengkoleksi aksesoris yang terbuat dari kayu stigi. Selain itu, untuk meningkatkan percaya diri, kewaspadaan, dan menghindari dari orang jahat serta ilmu hitam lainnya, ada baiknya anda juga dapat rajin berdoa dan melakukan ibadah serta mengamalkan ajaran – ajaran agama, seperti berbuat kebajikan dan kebaikan kepada sesama secara teratur sesuai dengan kepercayaan anda masing – masing.

Baca juga Manfaat kayu lainnya