6 Manfaat Jus Pare Untuk Diabetes Segala Tipe

Semua orang Indonesia sepertinya sudah tidak asing dengan buah pare yang memiliki cita rasa pahit dan seringkali dikonsumsi sebagai tumis atau campuran dalam siomay. Meski memiliki rasa pahit, namun tidak sedikit orang yang menggemari pare sebagai teman makan nasi mereka. Selain itu, pare dikatakan juga bisa meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga seringkali diberikan pada anak anak yang susah makan. Dalam pare juga mengandung banyak nutrisi penting seperti manfaat vitamin A, zat besi, kalsium, antioksidan dan berbagai kandungan mineral dan vitamin lainnya. Selain itu juga, pare dikatakan merupakan sahabat dari para penderita diabetes sehingga aman untuk dikonsumsi. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat jus pare untuk diabetes?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes tipe 2 bisa terjadi sebab tubuh tidak sensitif terhadap insulin. Insulin ini memiliki tugas sangat penting yakni mengontrol jumlah gula atau glukosa yang bisa ditemukan pada sel sel tubuh dan inilah yang membuat penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi dalam darah mereka. Dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Asian Pasific of Tropical Disease menyatakan jika dalam pare mempunyai sifat anti diabetes sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes tipe 2.

  1. Melawan Resistensi Insulin

Selain banyak manfaat pare untuk asam urat, pare yang memiliki rasa pahit ini juga dikatakan sangat baik dikonsumsi karena bisa melawan masalah resistensi insulin. Hal ini didapat karena dalam pare mengandung bahan aktif seperti alkaloid, charantin, vicine dan juga peptida sehingga sangat disarankan dikonsumsi baik untuk mencegah diabetes ataupun untuk mengontrol diabetes.

  1. Merangsang Pertumbuhan Sel Beta

Zat aktif charantin yang terkandung dalam pare ini juga sangat penting untuk merangsang pertumbuhan sel beta dalam pankreas yakni organ yang bertugas untuk memproduksi insulin selain banyak juga manfaat pare untuk kolesterol. Untuk penderita diabetes, sel beta tersebut sudah mengalami kerusakan sehingga pankreas tidak lagi dapat menghasilkan cukup insulin. Dengan rajin mengkonsumsi pare, maka secara tidak langsung anda juga meningkatkan kinerja pankreas untuk menghasilkan insulin lebih baik.

  1. Mengubah Glukosa Menjadi Glikogen

Tidak hanya banyak manfaat daun pare, buah pare yang dikonsumsi nantinya bisa bekerja dalam dua cara untuk mengatur kadar gula darah penderita. Kombinasi senyawa zat kimia dalam pare bisa mengatur jumlah glukosa yang diserap oleh usus menuju darah sesudah makan. Selain itu, pare yang mengandung zat kimia ini juga akan merangsang sinyal pada sel otot agar bisa mengambil glukosa dari dalam darah kemudian mengubahnya menjadi glikogen.

  1. Meningkatkan Penyerapan Glukosa

Dalam Journal of Ethnopharmacology menyatakan jika 2000 mg pare yang dikonsumsi selama empat minggu nantinya bisa menurunkan kadar gula darah pasien diabetes. Selain itu dalam penelitian berbeda yang sudah dipublikasikan di Chemistry and Biology pada bulan Maret 2008 membuktikan jika kandungan dalam pare bisa meningkatkan penyerapan glukosa sekaligus meningkatkan toleransi glukosa selain banyak juga manfaat pare untuk diet


  1. Baik Untuk Diet Penderita Diabetes

Penderita diabetes juga sangat disarankan untuk mengatur segala asupan makanan mereka setiap hari. Pare ini sangat disarankan untuk masuk dalam menu diet karena begitu banyak manfaat pare bagi penderita diabetes. Kandungan polipeptida dalam pare ini strukturnya hampir serupa dengan hormon insulin sehingga sangat membantu penderita diabetes dalam mengelola gula darah.

Dari penjelasan diatas bisa dilihat jika ada begitu banyak manfaat jus pare untuk penderita diabetes yang bisa anda dapatkan. Pare yang dibuat menjadi jus memang lebih disarankan agar lebih mudah dicerna dalam sistem pencernaan meski tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat khususnya bagi anda atau anggota keluarga anda yang kebetulan menderita diabetes.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan