10 Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tiap Hari

Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan yang bernutrisi bagi tubuh. Bubur kacang hijau merupakan sumber protein yang sangat baik, dimana bubur kacang hijau bersifat rendah lemak dan mengandung banyak serat larut dan tidak larut. Bubur kacang hijau juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat seperti asam folat, magnesium, karbohidrat yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Berikut ini manfaat makan bubur kacang hijau adalah sebagai berikut :

  • Mencegah kanker.

Kacang hijau memiliki senyawa yang mampu mengatasi infeksi virus penyebab kanker sebagai salah satu solusi kanker. Kacang hijau sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorofil yang terdapat dalam kacang hijau yang mampu mencegah efek karsinogenik yang merupakan salah satu penyebab kanker. Selain itu, akibat kandungan polifenol dan oligosakarida dalam jumlah yang cukup tinggi.

  • Mengobati anemia.

Konsumsi kacang hijau dapat digunakan untuk mengobati anemia. Hal ini disebabkan oleh zat besi yang cukup tinggi yang terkandung dalam kacang hijau, sehingga dapat mengobati anemia atau kekurangan darah.

  • Menurunkan berat badan

Manfaat kacang hijau untuk diet adalah menurunkan berat badan. Apabila anda ingin diet dan ingin menurunkan berat badan, maka bubur kacang hijau merupakan salah satu pilihan tepat. Kacang hijau mengandung serat tinggi dan rendah lemak yang dapat menjadi camilan sehat saat diet. Kandungan serat ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama (akibat kandungan kolesistokinin) dan sedikit kalori. Dengan mengonsumsi kacang hijau, maka akan membantu pencernaan menjadi sehat dan lancar.

Selain itu, bubur kacang hijau dapat menjadi salah satu sumber karbohidrat penting bagi tubuh. Karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa  yang berguna sebagai energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot. Selain itu, serat yang terkandung dalam bubur kacang hijau dapat menurunkan risiko sembelit atau konstipasi.

  • Menurunkan kolesterol

Kacang hijau baik untuk dikonsumsi oleh pasien dengan penderita kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol, dimana kandungan kalori yang terkandung dalam bubur kacang hijau sangat rendah dengan lemak tak jenuh. Oleh karena itu, konsumsi kacang hijau yang sering akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, oleh karena itu sesuai apabila dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes. Dengan kandungan indeks glikemik yang rendah, maka kadar gula dalam darah akan ikut menurun. Hal ini menjadi penting bagi penderita diabetes dalam mengatur gejala meningkatnya kadar gula darah.

  • Mengurangi keluhan pasca menopause

Bubur kacang hijau mengandung senyawa isoflavon yang bersifat estrogenik, sehingga dapat membantu mengurangi keluhan pasca menopause. Mengonsumsi kacang hijau bagi wanita yang sedang masa transisi menopause dalam membantu mencegah terjadinya osteoporosis, dimana senyawa isoflavon ini merangsang pembentukan tulang. Adapun manfaat kacang hijau untuk kesuburan adalah menyehatkan reproduksi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting dan vital. Kandungan serat pada bubur kacang hijau dapat menyerap lemak dan mencegah plak pada pembuluh darah. Plak ini mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat antiinflamasi yang mencegah pembekuan darah pada arteri dan vena. Selain itu, bubur kacang hijau berguna untuk memperbaiki pembuluh darah yang telah rusak dan mengurangi pembengkakan pembuluh darah.


  • Menguatkan tulang

Bubur kacang hijau juga mengandung kalsium yang bermanfaat dalam menguatkan tulang. Kacang hijau bahkan juga mengandung fosfor yang membantu merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada anak serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa. Hal ini juga diakibatkan oleh kandungan magnesium pada bubur kacang hijau. Magnesium dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan pembentukan sel tulang. Adapun, kacang hijau juga mengandung vitamin K dan vitamin A. Manfaat vitamin K berperan dalam pembekuan darah. Adapun manfaat vitamin A bagi kesehatan mata adalah mengatur rangsang sinar pada saraf mata.

  • Menghilangkan bebas cacar dan jerawat

Dengan mengonsumsi bubur kacang hijau, maka bekas cacar dan jerawat dapat hilang. Hal ini disebabkan kandungan kolagen pada bubur kacang hijau dan fitoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan. Selain itu, kacang hijau dapat djiadikan pula sebagai masker. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Segenggam kacang hijau direndam lalu ditumbuk keesokan harinya dan digunakan sebagai masker wajah. Tunggu hingga mongering dan bilas wajah hingga bersih. Masker ini perlu digunakan secara rutin untuk memaksimalkan manfaat kacang hijau.

  • Baik untuk ibu hamil

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa konsumsi bubur kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang terkandung di dalamnya akan memiliki rambut yang lebat. Kacang hijau juga mengandung vitamin B12, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh, dan protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat akan membantu memberikan perlindungan bagi bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, kelahiran dengan berat badan rendah, serta menghindari kelahiran bayi dengan cacat sistem saraf.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan