9 Manfaat Jeruk Australia untuk Kesehatan

Jeruk merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Buah satu ini berasal Asia Timur dan Asia Tenggara, kemudian menyebar hingga ke belahan dunia barat dan merata hingga ke seluruh dunia. Jeruk sendiri dapat tumbuh dengan baik pada kondisi iklim dengan suhu berkisar antara 2 sampai 30 derajat celcius, dengan ketinggian 0-400 mdpl. Dalam kehidupan sehari-hari, jeruk juga bisa disebut dengan limau.

Di Australia, pada bulan Juni sampai bulan Oktober adalah musimnya buah jeruk. Meski Australia memiliki struktur tanah yang tidak begitu subur, namun bukan berarti tidak cukup baik untuk menanam tanaman buah satu ini.  Australia mungkin tidak memiliki buah jeruk yang khas bagi negara mereka. Tapi pada dasarnya berbagai macam jenis buah jeruk seperti jeruk mandarin dan jeruk navel dapat tumbuh subur di benua ini. Bahkan, Australia pun menjadi salah satu pemasok buah jeruk di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Jeruk Australia

Di Australia sendiri ada wisata seru dan asyik dengan memetik berbagai macam buah, termasuk wisata buah jeruk. Kebanyakan daripada kebun jeruk yang sering dikunjungi pada musim buahnya adalah Fords Farms di daerah Wisemans Ferry NSW. Sementara jika ingin berwisata sambil menikmati jeruk peras navel atau jeruk keprok mandarin, Anda bisa pergi berkunjung ke kebun buah Penrith Vallet Orange Orchard di Castlereagh NSW.

Buah jeruk memang dikenal dengan rasanya yang manis serta mengandung banyak manfaat. Yang paling umum diketahui ialah jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Tidak hanya vitamin C, jeruk juga mengandung banyak nutrisi lainnya diantaranya ialah vitamin A, E, K, B6, B12, Folat, dan Riboflavin. Kandungan ini tidak ada bedanya dengan buah jeruk yang tumbuh subur di kebun-kebun di Australia sehingga jeruk dari negeri Kanguru ini pun memiliki manfaat dan khasiat yang sama baiknya sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat jeruk australia dan jenis lainnya bagi kesehatan tubuh :

1. Membantu mengatasi tekanan darah tinggi

Konsumsi buah jeruk secara teratur membantu mencegah Anda dari terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena dalam jeruk terdapat kandungan kalium yang penting efek vasodilatasi, sehingga memungkinkan tekanan darah dapat terkontrol dengan baik. Bahkan menurut penelitian, menjaga kadar asupan kalium dalam tubuh meningkatkan penurunan risiko kematian yang disebabkan berbagai penyakit.

2. Mencegah kerusakan sekaligus menghaluskan kulit

Seperti yang telah diketahui bahwa buah jeruk banyak mengandung manfaat vitamin C yang mana vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita, sekaligus membantu melawan kerusakan sel-sel kulit yang sering kali disebabkan oleh toksin atau racun yang tersebar dari polusi maupun  kerusakan sel karena sinar matahari. Dengan mengkonsumsi buah jeruk, secara tidak langsung membantu pencegahan keriput dari dalam tubuh serta membantu memperbaiki tekstur kulit agar tetap kencang lembut.

Sedangkan untuk mendapat kulit yang halus, anda hanya perlu menggosok potongan buah jeruk pada bagian tubuh Anda dengan terlebih dahulu menggosok bagian tubuh tersebut menggunakan scrub atau batu apung. Untuk hasil terbaik, jangan lupa gunakan pelembab setelahnya dan lakukan secara rutin.

Alternatif untuk kecantikan kulit lainnya :

3. Terhindar dari penyakit kanker

Radikal bebas merupakan salah satu sumber penyebab kanker pada manusia. Untuk melawannya, tubuh membutuhkan antioksidan sebagai tameng. Karenanya, kandungan antioksidan dalam buah jeruk termasuk tinggi sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sumber tameng tubuh kita menghadapi radikal bebas tersebut.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain bermanfaat untuk mencegah radikal bebas, kandungan vitamin C yang kaya dalam buah jeruk ternyata juga membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Manfaat antioksidan yang tinggi membantu tubuh dalam meningkatkan daya imunitas sehingga tidak mudah terserang penyakit. Bahkan, mengkonsumsi satu buah jeruk yang berukuran sedang saja berarti Anda sudah memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan vitamin C harian.

Solusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh lainnya :

5. Menjaga keindahan rambut

Rambut adalah mahkota. Rambut yang sehat, hitam, dan berkilau merupakan kebanggan setiap orang. Demi mendapatkan rambut yang indah tersebut, tidak cukup hanya dengan sekedar memakai sampo, maka banyak orang yang tidak jarang rela mengeluarkan budget berlebih untuk mendapat perawatan terbaik pada rambutnya. Namun tahukah Anda, ternyata dengan buah jeruk saja Anda sudah bisa mendapatkan rambut yang indah, sehat, dan berkilau.

Caranya: belah buah jeruk menjadi beberapa bagian lalu peras hingga mendapatkan sari buahnya. Nah, sari buah jeruk inilah yang kemudian Anda usapkan pada satiap sisiran rambut hingga merata ke seluruh bagian kepala. Kemudian sedikit berjemur pada sinar matahari sampai rambut agak mengering. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan rambut yang indah berkilau.

6. Menjaga kesehatan jantung dan ginjal

Kandungan vitamin C, kalium dan kolin yang terdapat dalam manfaat jeruk australia dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta ginjal. Konsumsi secara rutin buah jeruk menjadikan risiko kematian akibat penyakit jantung berkurang, serta menghindarkan Anda dari terkena penyakit batu ginjal.

7. Mencegah katarak

Mengkonsumsi buah jeruk dapat membantu Anda terhindar dari penyakit katarak karena buah jeruk juga mengandung manfaat vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

8. Meningkatkan nafsu makan

Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin ternyata juga mampu membantu meningkatkan nafsu makan. Ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan.

9. Mencegah diabetes

Kandungan fruktosa dalam buah jeruk merupakan pemanis alami yang menciptakan rasa manis pada buah tersebut sekaligus dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh kita apabila dikonsumsi secara rutin sehingga dapat mencegah penyakit kencing manis atau diabetes.

Solusi untuk menurunkan kadar gula dalam darah :

Meski buah jeruk mengandung banyak manfaat, Anda sebaiknya tetap memerhatikan kondisi tubuh pada saat mengkonsumsinya. Hindari mengkonsumsi jeruk bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung karena akan terjadi peningkatan asam lambung. Meski reaksinya berbeda pada setiap individu, ada baiknya Anda yang memiliki riwayat atau penyakit Maag tidak mengkonsumsi jeruk terlalu banyak dan sering.