11 Manfaat Teh Campur Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Teh sudah dikenal dan dikonsumsi dari ribuan tahun yang lalu, minuman ini  memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga menjadikan teh sebagai urutan nomor dua minuman terpopuler  di seluruh dunia setelah air putih, mengalahkan kepopuleran kopi atau susu. Masyarakat Indonesia sendrini  menjadikan minum teh sebagai kebiasaan yang rutin setiap pagi dan sore, bahkan sering dijadikan minuman ketika menjamu tamu yang datang kerumah.

Minuman yang berasal dari tanaman camellia sinensis ini memiliki beberapa jenis antara lain teh hijau, teh hitam/teh merah, teh oolong, teh putih, setiap jenis teh memiliki fungsi dan manfaat masing-masing, namun secara umum teh mengandung: flouride, anti oksidan, asam amino,cafein,quercitin. Teh menjadi minuman favorit disamping harganya yang murah, serta memiliki banyak nutrisi,  minuman teh juga bisa dicampur dengan berbagai rasa dari buah-buahan, sehingga mendapatkan cita rasa yang berbeda-beda seperti manfaat minum teh apel , dan manfaat teh dicampur jeruk nipis.

Kombinasi teh dicampur jeruk nipis memberikan sensasi yang berbeda,  rasa teh dengan rasa dan manfaat jeruk nipis (Citrus Aurantifolia Swingle) yang asam numun sedikit pahit. Jeruk  yang mimiliki paling banyak manfaat untuk kesehatan dan memiliki vitamin C paling tingi dibanding dengan jeruk lainnya, sehingga perpaduan teh dengan air jeruk nipis menghasilkan minuman yang menyegarkan dan menyehatkan serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda.

Manfaat minuman teh dicampur jeruk nipis antara lain:

1. Meningkatkan imun/daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh dicampur jeruk nipis dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari bakteri dan virus serta  pengaruh buruk dari radikal bebas.

2. Menurunkan berat badan

Minum teh campur jeruk nipis secara teratur dapat membantu anda menurunkan berat badan, karena manfaat  teh berpadu dengan manfaat jeruk nipis untuk diet dapat membantu proses pembakaran kalori, dan membakar lemak dalam tubuh.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Asupan makanan berminyak dan berlemak dapat memacu meningkatnya kadar kolesterol jahat yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, dengan meminum teh campur jeruk nipis yang memiliki antioksidan yang tinggi dapat membantu menyerap kolesterol dari usus besar.


4. Mencegah dan melawan kanker

Teh dicampur dengan jeruk nipis memiliki antioksidan yang tinggi yang sangat baik dalam melawan radikal bebas yang merupakan penyebab umum penyakit kanker.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital manusia, sehingga harus selalu dijaga agar tetap sehat, dengan rutin meminum teh setiap hari dapat membantu pengerasan pembuluh darah, dan mengurangi kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung.

6. Memperkuat tulang

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang minum teh secara teratur selama bertahun-tahun dapat meningkatkan kesehatan tulang karena  kandungan teh  sangat baik dalam meningkatkan dan memelihara kepadatan tulang.


7. Menigkatkan kemampuan penglihatan

Kandungan Vitamin C dan flavonoid dalam teh dicampur jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, manfaat antioksidan dalam Vitamin C dapat melindungi mata dari segala bentuk ancaman seperti kerusakan dan penuaan, sedangkan flavonoid bermanfaat untuk menjaga mata dari serangan inveksi dan iritasi.

8. Membantu menyeimbangkan pH tubuh

pH adalah tingkat keasaman dalam tubuh, banyak makanan yang anda konsumsi dapat memicu tingkat keasaman sepeti, Nasi, roti, daging, kopi. Tingkat keasaman dapat dinetralkan dengan menkonsumsi buah dan sayur salah satunya manfaat jeruk nipis  untuk asam urat yang mengandung asam sitrat yang tinggi dapat membantu menjaga pH atau tingkat keasaman tubuh anda.

9. Membunuh bakteri jahat dalam tubuh

Bakteri jahat dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti tipus,malaria dan kolera, dengan mengkonsumsi teh campur jeruk nipis yang mengandung Vitamin C yang tinggi dapat membunuh baketeri jahat dan menjaga tubuh tetap sehat.

10. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Jeruk nipis memiliki kandungan kalium tinggi yang  akan membantu menurunkan dan menjaga darah tinggi.

11. Mencegah penuaan dini

Kadar antioksidan yang tinggi dari minuman teh dicampur jeruk nipis dapat membantu meningkakan kesehatan kulit mengurangi kerutan dan garis halus diwajah, dan kandungan Vitamin C nya dapat meningkatkan produksi collagen yang akan membantu meningkatkan kekenyalan kulit anda.

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, October 2017 / 06:24 Oleh :
Kategori : Minuman