19 Manfaat Daun Fatimah untuk Kesehatan Tubuh

Daun fatimah atau Lubisa pumila merupakan salah satu jenis rumput yang banyak ditemukan di Arab dan Malaysia. Di Arab dan Malaysia, daun fatimah sudah dikenal lama sebagai jenis daun yang dimanfaatkan sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit, terutama penyakit yang dialami oleh wanita. Meskipun belum terlalu dikenal di Indonesia, namun daun fatimah juga sudah mulai beredar di Indonesia. Daun fatimah memiliki beberapa kandungan senyawa yang membuat daun fatimah dipercaya sebagai tanaman obat herbal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

artikel terkait:

Kandungan Senyawa Daun Fatimah

Bagi yang belum pernah mengetahui daun fatimah, daun fatimah memiliki bentuk panjang melengkung dan memiliki ujung yang runcing. Hampir sama dengan daun kangkung, hanya saja daun fatimah memiliki bentuk yang lebih ramping. Di dalam daunnya yang ramping, terdapat beberapa kandungan di dalam daun fatimah seperti kalsium, mineral, oksigen, dan beberapa senyawa lainnya. secara umum, daun fatimah dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, namun lebih dikenal sebagai obat herbal untuk wanita.

artikel terkait: manfaat daun ribang

Manfaat Daun Fatimah

Jenis tanaman yang banyak ditemukan di Arab dan Malaysia ini banyak digunakan untuk obat herbal. Beberapa manfaat daun fatimah untuk kesehatan diantaranya:

  1. Mengatasi Diare

Mengatasi diare tidak hanya dengan daun jambu biji muda. Beberapa jenis daun lain seperti daun fatimah juga memiliki kandungan di dalamnya yang mampu mengatasi diare.

  1. Menurunkan Lemak Di Perut

Lemak di perut dapat mengganggu penampilan dan juga mengganggu sistem pencernaan karena adanya timbunan lemak. menghilangkan lemak pada perut yang buncit dapat dibantu oleh daun fatimah, sehingga perut buncit dapat hilang.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk lambung

  1. Mencegah Kanker Rahim

Kandungan di dalam daun fatimah dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada rahim. Kandungan dalam daun fatimah dapat mencegah masuknya sel kanker pada rahim.

  1. Membersihkan Darah Kotor

Daun fatimah dapat membantu fungsi kerja ginjal. Kandungan di dalam daun fatimah membuang kotoran di dalam darah, keluar dari tubuh sehingga darah yang mengalir merupakan darah yang bersih.

artikel terkait: 30 manfaat daun senna untuk pencernaan

  1. Menguatkan Tulang

Meskipun hanya memiliki sedikit kandungan kalsium di dalamnya, kandungan kaisum di dalam daun fatimah dapat membantu menguatkan tulang.


Daun Fatimah Untuk Wanita

Selain manfaat daun fatimah untuk kesehatan secara umum, daun fatimah juga sangat dikenal dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan khusus wanita, diantaranya untuk reproduksi wanita dan juga kecantikan:

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon Estrogen

Tubuh wanita mengalami banyak fase, yang benar-benar harus dijaga keseimbangan hormon di dalamnya. Seperti ketika sedang hamil, hormon estrogen pada wanita kurang seimbang. Menyeimbangkan hormon estrogen di dalam reproduksi wanita dapat dibantu dengan daun fatimah. Daun fatimah dipercaya dapat membantu produksi hormon estrogen.

artikel terkait: manfaat daun sambiloto untuk kolesterol

  1. Membersihkan Organ Kewanitaan

Kandungan senyawa alami di dalam daun fatimah dapat membantu menyeimbangkan pH di daerah kewanitaan. pH daerah kewanitaan yang normal dapat membantu mencegah adanya bakteri berkembang di daerah kewanitaan serta menjadikan organ kewaitaan menjadi bersih.

  1. Menjaga Mood Ketika Menstruasi

Ketika mengalami menstruasi, wanita akan menjadi moody dan mengalami PMS atau pre menstruasi syndrome. PMS terkadang dapat menyebabkan lemah, demam, pening, serta adanya tekanan emosi. Mengatasi PMS dapat dilakukan dengan meminum air rendaman daun fatimah. Dengan begitu, mood dan juga kesehatan sewaktu mengalami menstruasi dapat terjaga.

artikel terkait: manfaat kitolod

  1. Menstabilkan Siklus Menstruasi

Menstruasi yang dialami seorang wanita terkadang siklusnya kurang stabil, disebabkan karena banyak faktor. Menstabilkan kembali siklus menstruasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun fatimah.

  1. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Kandungan di dalam daun fatimah dapat membantu mengurangi nyeri ketika menstruasi. Kurang lancarnya peredaran darah dapat menyebabkan bagian perut bawah dan pinggang menjadi nyeri, dan tubuh tidka berdaya. Senyawa di dalam daun fatimah dapat membantu menormalkan perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi. Sehingga aliran darah dapat menjadi lancar dan terhindar dari nyeri haid.

artikel terkait: manfaat daun pare

  1. Mempercepat Proses Persalinan

Persalinan secara normal memerlukan persiapan dan tubuh calon ibu yang fit. Meminum air rendaman daun fatimah sebelum melahirkan secara normal dapat membantu mempercepat kontraksi sehingga dapat membantu memperepat proses persalinan.

  1. Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan

Tidak hanya bermanfaat untuk mempercepat proses persalinan, meminum rendaman air dari daun fatimah dapat membantu memilihkan kondiisi tubuh setelah proses melahirkan.

artikel terkait: manfaat air rebusan daun pepaya

  1. Mengatasi Keputihan

Banyaknya bakteri yang berkembang di dalam organ kewanitaan dapat menyebabkan keputihan. Keputihan akan menyebabkan gatal dan organ reproduksi juga menjadi tidak sehat. Selain menggunakan obat anti keputihan, keputihan juga dapat diatasi dengan daun fatimah.

  1. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Bakteri dapat dengan mudah berkembang pada organ kewanitaan. Selain dengan menjaga kebersihan, memanfaatkan daun fatimah juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan yang disebabkan karena perkembangan bakteri.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk asam urat

  1. Mencegah Munculnya Penuaan Dini

Selain menggunakan produk kecantikan,memiliki kulit yang awet muda dan mencegah penuaan dini dapat dilakukan dengan perawatan alami, yakni dengan daun fatimah. Kandungan dalam daun fatimah dapat mencegah penuaan pada wajah.


  1. Mencerahkan Wajah

Menginginkan wajah cerah tanpa kosmetik dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun fatimah. Kandungan senyawa di dalam daun fatimah dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rambut

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat sangat mengganggu penampilandan juga mengganggu ketika menggunakan cream atau bedak. Mencegah munculnya jerawat dapat dilakukan dengan menggunakan daun fatimah.

  1. Menyamarkan Kerutan Pada Wajah

Kerutan pada wajah dapat menyebabkan wajah menjadi terlihat lebih tua. Selain dengan cream untuk menyamarkan kerutan, kerutan pada kulit wajah juga dapat disamarkan dengan daun fatimah.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rahim

  1. Mengencangkan Kulit

Kekencangan kulit juga perlu dijaga agar tidak terjadi keriput. Sama halnya dengan menyamarkan kerutan pada wajah, daun fatimah juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kekencangan kulit.

Daun fatimah memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk wanita. Cara penggunaan daun fatimah cukup mudah, yakni hanya cukup direndam pada air panas selama beberapa saat. Kandungan senyawa di dalam daun fatimah apat keluar pada air yang digunakan untuk merendam tersebut. Beberapa kandungan tersebut yang sangat bermanfaat untuk diminun dan digunakan sebagai obat beberapa jenis penyakit.

,
Post Date: Saturday 26th, August 2017 / 04:09 Oleh :
Kategori : Herbal