18 Manfaat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Menyusui

Dalam jagung manis mengandung kadar gula yang tinggi sehingga membuat rasa dari jenis jagung ini lebih manis dibandingkan jagung lainnya. Berbeda dari beberapa jenis jagung lain yang sering dipakai untuk pakan ternak, jagung manis lebih sering dikonsumsi manusia seperti diolah dengan cara rebus. Dalam jagung rebus mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, vitamin B12, vitamin E, vitamin A, serat, kalsium dan juga zat besi. Tidak hanya berguna untuk mencukupi nutrisi tubuh, namun manfaat jagung manis rebus sangatlah banyak untuk kesehatan, mencegah penyakit dan menjaga kesehatan kulit serta rambut anda.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Diabetes

Dalam jagung manis rebus mengandung vitamin B yang berguna untuk mengatur protein, karbohidrat dan juga lipid serta fitokimia dalam pelepasan insulin. Jagung manis memiliki glikemik 58 yang menjadikan jagung manis rebus ini asupan baik untuk penderita diabetes. Sedangkan fitokimia fenolik yang terkandung di dalam jagung manis berguna untuk mengendalikan hipertensi.

  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti jagung manis sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Dalam jagung manis mengandung kombinasi asam lemak yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam lemak berbahaya seperti LDL sekaligus mengurangi resiko serangan jantung serta mencegah aterosklerosis atau pengendapan kolesterol pada dinding arteri.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Dalam jagung manis rebus mengandung serat tidak larut makanan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernan dan juga mencegah terjadinya sembelit. Untuk anda yang mengalami sindrom iritasi usus dan juga diare sangat disarankan untuk mengkonsumsi jagung manis rebus secara teratur.

  1. Baik Untuk Masa Kehamilan

Dalam jagung manis mengandung konsentrasi asam folat yang sangat tinggi, dimana kandungan asam folat ini sangat dibutuhkan wanita pada masa kehamilan. Konsumsi jagung manis rebus secara teratur selama masa kehamilan supaya kebutuhan asma folat anda bisa terpenuhi.


  1. Sumber Antioksidan

Jagung manis merupakan makanan sumber antioksidan favatoid fenolik yang baik yakni asam ferulic. Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika asam ferulic memiliki peranan penting dalam pencegahan penuaan dini, kanker dan juga pembengkakan.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Anemia

Anemia bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B12 dna juga asam folat. Dalam jagung manis rebus mengandung sejumlah zat besi yang merupakan mineral penting untuk pembentukan sel darah merah baru sehingga bisa terhindar dari penyakit anemia tersebut.

  1. Meningkatkan Energi

Jagung manis termasuk sayuran bertepung karena mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai sumber energi jangka pendek dan juga jangka panjang. Jagung manis akan meningkatkan fungsi sistem otak serta saraf sehingga sering dikonsumsi para atlet serta olahragawan karena membutuhkan lebih banyak karbohidrat supaya lebih optimal.

  1. Menurunkan LDL Kolesterol

Kolesterol diproduksi dalam organ hati dan terdiri dari dua jenis yakni HDL atau kolesterol baik dan juga LDL atau kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat tinggi akan meningkatkan asupan makanan yang berlemak sehingga melemahkan jantung dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Dalam jagung manis rebus mengandung vitamin C, karotenoid dan juga bioflavonoid yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mengendalikan kadar kolesterol sekaligus meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Berat Badan

Jagung manis rebus menjadi pilihan baik untuk orang dengan berat badan kurang. Jagung manis akan meningkatkan asupan kalori serta kaya akan karbohidrat sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat saat anda kekurangan berat badan. Dalam satu cangkir jagung manis rebus mengandung setidaknya 130 kalori.

  1. Menguatkan Jaringan Ikat

Jaringan ikat terdiri dari ligamen, tulang, otot, tendon dan juga tulang rawan. Dalam jagung manis rebus mengandung mineral mangan yang akan menguatkan jaringan ikat. Selain itu, mangan juga memiliki peranan penting dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil dan juga memecah karbohidrat serta lemak sebagai sumber energi. Jagung manis juga mengandung mineral penting lainnya seperti besi, magnesium, fosfor dan juga tembaga yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Penglihatan

Dalam jagung manis mengandung zat yang disebut dengan karetonoid untuk mengurangi degenerasi makula yakni penurunan penglihatan pada pusat garis penglihatan. Sedangkan betakaroten dalam jagung manis akan memproduksi vitamin A sehingga kesehatan penglihatan bisa ditingkatkan lebih baik lagi.

  1. Anti Kanker

Dari penelitian membuktikan jika jagung manis rebus yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk melawan dan menghilangkan sel kanker yang menyebabkan radikal bebas. Dalam jagung manis mengandung senyawa fenolik yakni asma ferulic yang sangat efektif dalam melawan tumor payudara dan juga hati.

  1. Mencegah Wasir

Kandungan serat tinggi dalam jagung rebus sangat dibutuhkan untuk mengurangi masalah pencernaan seperti konstipasi, wasir dan juga menurunkan resiko kanker usus. Serat dalam jagung manis rebus akan merangsang lambung serta empedu sekaligus melonggarkan cangkang ke tinja sehingga bisa mengurangi iritasi kulit pada wasir dan juga diare.

  1. Menjaga Kesehatan Saraf dan Kognitif

Kandungan vitamin B dalam jagung manis rebus khususnya thiamin dan niacin sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf dan juga fungsi kognitif. Kekurangan niacin akan menyebabkan pellagra, penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan juga dermatitis. Jagung manis juga menjadi sumber asam pantotenat yang merupakan jenis vitamin penting untuk metabolisme protein serta karbohidrat.

  1. Melindungi Organ Hati

Dari penelitian membuktikan jika jagung manis rebus memiliki efek anti aterogenik di kadar kolesterol sehingga akan mengurangi resiko berbagai penyakit kardiovaskular sehingga baik untuk melindungi jantung serta hati. Asam lemak omega 3 dalam jagung manis akan mengurangi kemungkinan penyumbatan arteri, mengurangi tekanan darah dan juga mencegah stroke.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam jagung manis mengandung vitamin A tinggi yang akan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh dan juga selaput lendir. Mengkonsumsi jagung manis dengan cara direbus akan menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas berbahaya yang menjadi sumber masalah kulit. 


  1. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Tidak hanya berguna untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Mengkonsumsi jagung manis rebus juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut dan juga kulit kepala. Struktur rambut akan semakin halus dan lembut karena kandungan asam lemak omega 3 dalam jagung manis tersebut. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 akan mengendalikan radang dan menjaga kesehatan kulit kepala. Mengkonsumsi jagung manis rebus setiap hari akan mencegah rambut rapuh, rontok dan memberikan kesehatan kulit kepala serta rambut secara menyeluruh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jagung manis rebus adalah sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi tinggi dalam jagung manis akan mendorong kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon triiodothyronine yang akan dipakai untuk membakar lemak sekaligus membuat perut kenyang lebih lama. Mengkonsumsi jagung manis rebus akan lebih cepat untuk menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan berlemak lainnya.

Artikel terkait:

Manfaat jagung manis rebus yang sangat beragam mulai dari mencegah beberapa penyakit, menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut membuat jagung manis rebus sangat baik dikonsumsi setiap harinya untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi harian tubuh anda.

, , ,
Post Date: Monday 18th, September 2017 / 10:10 Oleh :
Kategori : Makanan