Manfaat Ikan Salmon untuk Jantung Sehat dan Bebas Penyakit

Ikan salmon telah lama dikenal sebagai sumber protein dan berbagai nutrisi penting lainnya yang sangat baik bagi kesehatan. Ada banyak manfaat ikan salmon dalam menunjang kesehatan tubuh mulai dari kesehatan mata, kekebalan tubuh, menstabilkan kadar gula dalam darah, pertumbuhan otot, kesehatan tulang, kesehatan sistem saraf, manfaat ikan salmon untuk diet, hingga kesehatan jantung. Ya, konsumsi ikan salmon ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung yang merupakan organ vital dalam tubuh manusia.

Sebagai organ vital fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga salah satu indikator atan tanda-tanda kehidupan adalah adanya detak jantung. Jika jantung sudah berhenti berdetak artinya seseorang sudah meninggal dunia. Darah yang dipompa oleh jantung membawa oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh sehingga berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup.

Kandungan Nutrisi Ikan Salmon

Beragam manfaat di atas termasuk manfaat ikan salmon untuk jantung tentu didukung oleh beragam kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya manfaat protein, vitamin D, asam lemak omega-3, manfaat vitamin A, manfaat vitamin E, vitamin B, kalsium, manfaat fosfor, manfaat seng, manfaat zat besi, dan manfaat magnesium. Kombinasi beragam nutrisi ini menjadikan ikan salmon sebagai salah satu sumber makanan yang sangat baik bagi kesehatan sehingga banyak disukai dan tergolong mahal di pasaran.

Manfaat Ikan Salmon untuk Jantung

Manfaat ikan salmon untuk jantung terutama didukung oleh kandungan asam lemak omega-3 yang dikenal bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Meskipun manfaat kolesterol dibutuhkan oleh tubuh namun hanya dibutuhkan dalam kadar tertentu dan dari jenis kolesterol baik (HDL). Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah selama ini dipandang sebagai salah satu penyebab timbulnya berbagai gangguan pada jantung sehingga penting sekali untuk menjaga asupan makanan. Kontrol kolesterol dalam darah juga bisa didapatkan dengan manfaat ikan mas, manfaat buncis untuk kolesterol, atau manfaat buah okra.

Manfaat ikan salmon untuk jantung juga berperan dalam mengontrol tekanan darah yang berdampak besar pada kesehatan jantung. Dengan tekanan darah yang stabil membuat jantung dapat bekerja normal dan tidak perlu bekerja terlalu keras. Lain halnya jika tekanan darah tidak terkontrol dan naik sehingga jantung harus bekerja keras untuk memompa darah yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan jantung. Tekanan darah yang stabil juga bisa didapatkan dengan konsumsi beberapa jenis makanan seperti manfaat mentimun untuk hipertensi, manfaat daun beluntas untuk hipertensi, atau manfaat pare bagi hipertensi.

Manfaat ikan salmon untuk jantung juga berperan dalam mencegah arterosklerosis atau pengerasan arteri sehingga menghindarkan anda dari risiko serangan jantung. Mengerasnya arteri atau pembuluh darah dari jantung ke seluruh tubuh menyebabkan terhambatnya aliran darah bahkan jika sudah terlalu parah bisa menghambat aliran darah secara keseluruhan sehingga berakibat fatal bagi kesehatan. Selain ikan salmon ada beberapa makanan lain yang juga baik untuk mencegah ateroklerosis diantaranya manfaat jamur matsutake, manfaat melon kuning, atau manfaat cabe ungu.

Sangat bermanfaat bukan? Meskipun demikian masih banyak orang yang mengeluhkan mahalnya harga ikan salmon sehingga tidak memungkinkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. Kalaupun bisa paling-paling hanya sesekali. Apalagi mengingat tingkat perekonomian sebagian masyarakat Indonesia yang belum sejahtera. Untuk itu ada beberapa makanan rekomendasi lain yang baik bagi jantung yang bisa menjadi alternatif seperti manfaat alpukat untuk jantung, manfaat madu untuk jantung, serta manfaat kacang tanah untuk jantung. Jadi mari mulai hidup sehat dari sekarang.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.