5 Manfaat Ikan Tilapia untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ikan tilapia atau yang lebih akrab disapa ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang mudah dan murah didapatkan sehingga banyak menjadi pilihan lauk bagi sebagian besar masyarakat. Dikatakan mudah didapatkan karena memang ikan ini banyak dijual dan mudah ditemukan di pasar ikan atau tempa penjualan ikan lainnya. Dikatakan murah karena memang harga jualnya yang relatif murah dibandingkan ikan-ikan lain. Hal ini disebabkan ikan tilapia cukup mudah dalam hal pembudidayaan serta memiliki citarasa daging yang tidak terlalu istimewa.

Ikan tilapia

Ikan air tawar ini dapat dengan mudah dikenali dari warna tubuhnya yang kehitaman atau keabuan dengan belang  berupa pita gelap yang melintang di tubuhnya yang akan semakin mengabur ketika ia dewasa. Ikan ini memiliki ukuran tubuh sedang yaitu sekitar 30 cm. Ikan tilapia termasuk jenis omnivora atau pemakan segala sehingga kurang bagus jika disebarkan di sungai atau danau karena dapat menjadi hama yang memakan berbagai flora dan fauna yang lebih kecil di sungai atau danau.

Seperti ikan lain pada umumnya ikan tilapia memiliki kandungan manfaat protein hewani yang baik bagi tubuh sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti manfaat ikan air tawar bagi kesehatan lainnya. Selain itu juga terkandung vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti manfaat vitamin B12, manfaat kalium, manfaat selenium, manfaat fosfor, omega-3, omega-6, dan niacin. Dengan berbagai kandungan nutrisi ini ada berbagai manfaat ikan tilapia atau manfaat ikan nila yang bisa kita dapatkan diantaranya:

1. Mencegah kanker prostat

Rutin mengonsumsi ikan tilapia dalam porsi cukup dapat membantu mencegah atau meminimalisir risiko terkena kanker prostat. Hal ini didukung oleh kandungan selenium yang dapat menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh yang memicu berkembangnya sel-sel kanker terutama pada kelenjar prostat. Kanker prostat juga dapat dicegah dengan menggunakan manfaat ikan salmon dan manfaat kentang.

2. Baik untuk kesehatan otak

Ikan tilapia juga mengandung kalium dan omega-3 yang dikenal sebagai makanan otak karena dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan otak serta meningkatkan fungsi jaringan saraf. Kesehatan otak juga dapat ditingkatkan dengan manfaat tidur siang dan manfaat olahraga untuk otak.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan selenium pada ikan tilapia juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit. Karena seperti yang diketahui di sekitar kita ada banyak mikroorganisme penyebab penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Dengan pertahanan tubuh yang baik menyebabkan mikroorganisme tersebut tidak dapat menyerang dan menginfeksi tubuh. Kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan manfaat manfaat madu dan manfaat air kelapa.

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat ikan tilapia juga baik untuk kecantikan dimana ia dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sehingga tidak cepat timbul kerutan atau bintik hitam pada kulit sehingga anda terlihat lebih awet muda. Penuaan dini juga bisa dicegah dengan menggunakan manfaat beberapa produk kecantikan seperti manfaat nourish skin dan manfaat garnier sakura white.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Rajin mengonsumsi ikan nila ternyata juga berpengaruh positif pada kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 dapat meminimalisir timbulnya penyakit-penyakit jantung seperti aterosklerosis dimana arteri atau pembuluh darah mengalami penebalan sehingga terjadi penyempitan karena adanya penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Selain itu kandungan omega-3 ini juga dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jantung yang sehat juga bisa didapatkan dengan manfaat kacang tanah untuk jantung dan manfaat nanas untuk jantung.

Itulah diantara banyak manfaat ikan tilapia untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun tergolong murah dan rasa dagingnya tidak terlalu istimewa namun ikan ini sangat baik dikonsumsi mengingat berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas. Mengonsumsi ikan tilapia merupakan cara mudah dan murah untuk sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.