Manfaat Biang Susu Untuk Umpan Mancing

Pernahkah kamu mendengar biang susu ? biang susu merupakan salah satu umpan dasar untuk menangkap ikan terutama ikan mas dan ikan lele. Ikan mas sangat menyukai biang susu karena rasanya dan aromanya yang wangi. Rasa dan aromanya sangat di sukai ikan karena dapat menambah nafsu makan pada ikan. Biang susu ini terkadang di campurkan dengan umpan untuk menangkap ikan mas yang kemudian diaduk secara rata dan dijadikan umpan kail untuk mendapatkan ikan mas yang lebih banyak. Bagi para pemancing mania tentu tidak asing lagi dengan biang susu. Banyak yang memanfaatkan biang susu ini untuk menangkap ikan mas karena manfaat ikan mas yang banyak di bidang kesehatan.

Memancing kadang tentu di perlukan trik – trik khusus agar pancingan kita bisa mendapat ikan yang banyak. Ikan yang banyak di dapat tidak lain karena tahu umpan yang tepat untuk menarik perhatian ikan pada umpan kita. Untuk ikan mas sendiri umpan yang cocok adalah biang susu. Bagi para pemancing biang susu menjadi incaran mereka untuk mencari biang susu yang manfaatnya tidak di ragukan lagi keampuhannya. Kadang biang susu juga di impor dari jerman karena biang susu dari jerman ini merupakan biang susu yang paling banyak di cari dan juga menjadi andalan. Selain biang susu jerman adalah biang susu yang paling di cari biang susu dari sumbawa juga merupakan biang susu unggulan.

Dalam proses penjualannya yang tersebar di Indonesia. Biang susu juga sudah banyak di jual di pasar – pasar tradisional dan tak terkecuali di jual secara online, sehingga bagi para pemancing yang kesulitan untuk mendapatkan manfaat biang susu ini, bisa membeli secara online tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari – cari tempat penjualannya. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena menghemat waktu . Dalam pembelian secara online juga harus dengan mengikuti standar yang di patuhi agar proses pengiriman barang bisa tepat waktu sampai ke tangan pembeli. Dan juga menghindari percecokkan dan rasa kecewa tanpa merugikan dari pihak pembeli maupun pihak penjual.

Hobi memancing ini merupakan salah satu hobi yang menyenangkan bagi kaum pria dalam mengistirahatkan badan mereka. Banyak pria yang sangat tergila – gila dengan hobi ini. Sekarang sudah banyak lomba yang diadakan untuk mendukung hobi para lelaki ini dengan mengadakan lomba memancing di daerah setempat. Memancing merupakan salah satu hobi yang juga bermanfaat. Terkadang tak sedikit kaum laki – laki yang memilih menghabiskan waktu di akhir minggunya dengan memancing ataupun mengiuti lomba pancing yang dia adakan. Memancing selain untuk menikmati hobi juga ikan hasil pancingan dapat di bawa pulang untuk di makan bersama anak dan istri mereka. (Baca juga : Manfaat hobi memancing)

Cara Membuat Biang Susu

Biang susu tidak hanya bisa di beli secara langsung dan online seperti situs-situs online yang menyediakan jasa pembelian biang susu di internet dengan menggunakan manfaat it. Tapi juga bisa di buat sendiri di rumah karena bahan yang diperlukan tidak terlalu sulit didapat. Bahan-bahan untuk membuat biang susu ini bisa di dapat di toko terdekat. Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut :

Biasanya kegunaan dari ikan cue layang ini adalah menambah aroma amis yang sangat di sukai oleh ikan mas. ikan cue yang biasa di pakai bisa ikan cue layang, ikan cue tongkol dan ikan cue salem.

Cara pengolahannya :

  • Ikan cue layang dibuang kulitnya terlebih dahulu kemudian buang isi perutnya dan tulang – tulangnya  setelah itu cuci sampai bersih dan giling hingga halus.
  • Tuangkan santan kara segitiga ke suatu wadah. (Baca juga : Manfaat ampas kelapa untuk kulit)
  • Masukkan telur ayam kampung ditambah korek vanila jerman dan juga biang susu kocok sampai merata semua bahan diatas.
  • Kemudian tambahkan susu dancow, susu bendera dan aduk lagi sampai merata.
  • Masukkan ke dalam plastik untuk di rebus dan tekan sekali – kali sampai matang.

Jika sudah matang dapat diangkat untuk kemudian didinginkan dan umpan biang susu sudah dapat digunakan.

Tentang Ikan Mas

Ikan mas adalah ikan yang hidup di air tawar dan tersebar luas di Indonesia. Ikan ini suka hidup di air yang alirannya tidak terlalu deras di pinggiran sungai atau danau. Sungai dan danu yang menjadi tempat tinggalnya juga bukan sungai yang terlalu dalam. Ikan ini hidup pada daerah dengan ketinggian 150 sampai 600 meter di atas permukaan air laut yang memiliki suhu 25 – 30 derajat celcius.

Ikan ini tergolong ikan omnivora yang memakan makanan dari tumbuhan dan binatang yang berasal dari tepian sungai. Ikan mas juga merupakan ikan yang menyukai biang susu saat di campur dengan bahan lainnya untuk menambah nafsu makan.

Ikan mas juga terdapat jenis-jenisnya adapun jenis dari ikan mas antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Punten

Ikan ini pertama kali di kembang biakkan di daerah Jawa Timur bernama Punten sekitar kota Malang. Adapun ciri – ciri dari ikan mas punten ini yaitu :

  • Punggungnya lebar dan tinggi
  • Memiliki bentuk tubuh yang relatif pendek dan bulat
  • Sisi ikan ini berwarna hijau gelap dan sifat dari ikan mas satu ini jinak.

2. Putri Yogya

Ikan mas yang satu ini sangat mudah sekali bertelur karna itu di beri nama dengan ikan mas putri yogya. Pertama kali ditemukan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Memiliki ciri ciri tubuhnya yang panjang dan warna sisik kuning muda dan suka sekali berada di permukaan air dengan berkelompok.

3. Taiwan

Ciri – ciri dari ikan mas taiwan adalah :

  • Bentuk badan yang memanjang dan bentuk punggung seperti busur membulat.
  • Memiliki sisi bewarna hijau dan kuning dengan tambahan warna merah.
  • Ikan ini berasal dari Taiwan yang kemudian di kembangkan di Indonesia.

4. Ikan mas merah

Dinamai ikan mas merah karena memiliki sisi yang bewarna merah keemasan. Ikan ini sangat lincah dan aktif karena bentuk badannya yang relatif panjang dan memiliki mata yang sedikit menonjol. Ikan-ikan mas ini memiliki ciri-ciri yang berbeda karena itu dinamai dengan nama yang berbeda-beda juga. Keempat jenis ikan mas ini baik untuk dikonsumsi dan banyak dibudidayakan.

Baca juga :