4 Manfaat Ikan Jangkang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ikan jangkang mungkin hanya sebagian orang saja yang mengenalnya, kebanyakan orang lebih mengenal jenis kepiting yang biasanya dijumpai di pasar. Untuk anda yang masih bingung dengan apa itu ikan jangkang, berikut merupakan penjelasan singkatnya. Ikan jangkang merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok crustaceae berkaki sepuluh. Namun pada dasarnya ikan jangkang hanya memiliki jumlah 8 kaki saja. Bentuknya memang menyerupai kepiting, bahkan dibeberapa daerah banyak orang yang menyebut kepiting sebagai ikan jangkang. Namun tahukah anda bahwa ikan jangkang sendiri merupakan jenis kepiting air tawar dengan ukuran yang lebih kecil dan saat ini agak sulit untuk dijumpai di pasaran. Adapun kandungan gizi pada ikan jangkang seperti jika anda melihat artikel manfaat ikan jelawat, yang membuat hewan ini layak untuk dijadikan menu tambahan anda.

Kandungan Gizi Ikan Jangkang

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Omega 3
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A, B1, C

Dan berbeda dengan kepiting, untuk ikan jangkang sendiri dapat ditemui di daerah perairan tawar seperti danau, sungai, ataupun sawah. Dengan kandungan zat gizi pada ikan jangkang di atas, banyak sekali orang yang mencarinya dan mengolah ikan jangkang menjadi berbagai menu masakan. Beberapa menu masakan yang terkait dengan ikan jangkang yaitu ikan jangkang sambal balado, ikan jangkang goring telur, ikan jangkang sayur kuning, dan masih banyak lagi. Dan tentunya berbagai menu masakan tersebut tidak terlepas dari rasa yang pedas sehingga dapat menambah selera makan anda. Selain rasanya yang lezat sama halnya jika anda melihat manfaat ikan dendeng, ikan jangkang juga sangat mudah untuk diolah dan memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat Ikan Jangkang

  1. Menurunkan Kolesterol

Adanya kandungan omega tiga pada ikan jangkang berbeda dengan yang ada pada manfaat ikan teri nasi. yaitu dapat membantu menstabilkan serta mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah anda. Banyaknya kandungan kolesterol dapat memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya mulai dari obesitas, darah tinggi, hingga penyakit jantung. Bahkan beberapa industri obat- obatan herbal juga telah membuat inovasi baru mengenai produk obat yang terbuat dari ikan jangkang.

  1. Membantu Proses Metabolisme

Bagi anda yang memiliki gangguan pada sistem metabolism tubuh, anda dapat mengkonsumsi ikan jangkang untuk membantu proses metabolism tubuh anda. Kandungan gizi yang ada pada ikan jangkang sama seperti pada manfaat ikan dori, dapat membantu proses pembakaran serta membantu sistem kerja pada ginjal sehingga proses metabolisme anda seperti pengeluaran melalui keringat dan urin akan lebih lancar.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tingginya kandungan protein pada ikan jangkang berbeda jika anda melihat manfaat ikan teri medan, yaitu mampu membantu proses regenerasi sel dengan cepat serta memperbaiki sel- sel tubuh yang rusak. Dengan proses regenerasi yang cepat, ini dapat menghambat proses penuaan dini yang terjadi pada anda. Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan jangkang anda akan terhindar dari keriput yang ada di bagian wajah, tangan, dan leher.


  1. Mencerdaskan Otak Bayi

Jika anda sedang mengandung dan ingin memiliki anak yang cerdas, anda dapat mengkonsumsi ikan jangkan minimal 100gr setiap bulannya. Ini sangat efektif untuk merangsang perkembangan sistem saraf serta kecerdasan pada andak anda. Dengan sistem saraf di otak yang cepat berkembang, nantinya anak yang anda kandung akan lebih cepat tanggap dan mengerti dengan berbagai hal. Inilah yang membuat anak anda semakin cerdas.

Itulah beberapa manfaat dari ikan jangkang yang dapat kami sampaikan. Walaupun saat ini ikan jangkang sedang tidak musim di pasaran, anda dapat mennemui di beberapa toko yang khusus menyediakan menu ikan jangkang. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan bermanfaat baagi anda.

, ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 21:51 Oleh :
Kategori : Hewan