7 Manfaat Ikan Jelawat Sumber Protein dan Omega 3

Manfaat Ikan JelawatIkan jelawat merupakan salah satu jenis ikan danau atau sungai yang banyak ditemukan di wilayah Semenanjung Malaya. Ikan ini memiliki sisik yang renggang dan jika dilihat sekilas maka tampak seperti sisik ular. Untuk rasa dari ikan ini sendiri sangat lezat dan ekstra gurih. Daging ikan jelawat yang tebal ini sangat cocok diolah menjadi gulai dan masakan lainnya dengan bumbu yang banyak. Berikut ini, akan kami berikan ulasan mengenai manfaat ikan jelawat selengkapnya untuk anda.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain ada banyak manfaat sungai untuk petani, sungai juga menjadi lahan subur berkembangnya berbagai jenis ikan seperti salah satunya kan jelawat. Kandung fosfor dalam ikan jelawat ini cukup tinggi yang akan meningkatkan kinerja dari proses pencernaan makanan sekaligus meningkatkan proses pembuangan zat penting dalam tubuh. Selain itu, kandungan fosfor dalam ikan jelawat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

  1. Menambah Massa Otot

Ikan jelawat juga mengandung protein tinggi seperti ikan lainnya. Protein sendiri merupakan makronutrien yang berfungsi untuk membentuk biomolekul. Pada ikan jelawat mengandung protein hingga mencapai 25 persen dan sebagian besar terdiri dari asam amino. Dengan tingginya protein dalam ikan jelawat, maka sangat baik dikonsumsi untuk mengembangkan dan menyehatkan otot dan saraf khususnya bagi anda yang gemar fitnes atau body building.

  1. Sumber Vitamin B1 Tinggi

Ada lebih dari 16 manfaat ikan bagi kesehatan manusia dan salah satunya adalah ikan jelawat. Semua tubuh manusia sangat membutuhkan nutrisi cukup untuk menunjang kebugaran tubuh. Dalam ikan jelawat mengandung vitamin B1 tinggi yang memiliki manfaat berlimpah seperti menjaga tonus otot yang ada di sepanjang saluran pencernaan. Selain itu, vitamin B1 juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi stress, mengatasi keletihan dan mudah lelah.

  1. Sumber Komoditas Ekspor

Ikan jelawat juga menjadi sumber komoditas salah satunya manfaat impor dan ekspor yang biasanya dijual dalam bentuk fillet atau bagian daging ikan jelawat saja yang sudah dibersihkan. Ikan jelawat ini umumnya di ekspor dalam keadan segar atau dalam bentuk masakan seperti goreng dan bumbu tauco. Ikan jelawat ini memiliki nilai ekspor yang cukup baik sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi.

  1. Mencegah Penyakit Gondok

Manfaat yodium dalam ikan jelawat ini juga sangat penting untuk mencegah penyakit gondok. Apabila tubuh kekurangan yodium, khususnya pada saat masa kehamilan akan menyebabkan bayi terlahir kretin serta IQ yang rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan jelawat juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil dengan kadar yang tepat dan tidak berlebihan.


  1. Mencegah Radang Paru Paru

Radang paru paru terjadi saat cairan mengisi pulmonary alveolus yang bertugas untuk menyerap oksigen. Radang paru paru umumnya terjadi karena konsumsi alkohol terlalu berlebihan meskipun ada manfaat alkohol bagi kesehatan tubuh dan untuk mengatasinya dengan cara mudah dan nikmat adalah dengan mengkonsumsi ikan jelawat secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit dalam, namun kandungan nutrisi yang ada dalam ikan jelawat juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan menjadi sumber antioksidan untuk kulit yang juga terkandung dalam ikan ini. Salah satu penyakit kulit yakni radang yang membuat warna kemerahan dan tampilan kasar pada kulit serta jerawat bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi ikan jelawat secara teratur.

Manfaat ikan jelawat yang tinggi akan protein dan berbagai vitamin serta mineral lainnya ini sangat baik dikonsumsi segala usia mulai dari anak anak, orang dewasa dan juga ibu hamil. Untuk mendapatkan khasiat luar biasa dari ikan ini, hindari mengolahnya dengan cara digoreng karena kandungan lemak jenuh pada ikan dan proses memasak akan mengurangi kandungan gizi ikan ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan