15 Manfaat Ikan Kuro untuk Kesehatan dan Kehidupan Manusia

Satu lagi jenis ikan laut yang umum dikonsumsi dan sering dicari oleh para nelayan yaitu ikan kuro atau dikenal juga dengan ikan kurau. Ikan kuro sendiri tidak mengacu pada satu spesies ikan namun merupakan sebutan untuk sekelompok ikan yang termasuk suku polynemidae. Ikan ini bisa dikenali dari warna tubuhnya yang keperakan dan tubuh memanjang serta posisi mulut yang terletak di bawah moncong. Ikan kuro biasa hidup bergerombol dan tersebar di perairan tropis sampai perairan ugahari.

Ikan kuro

Selain rasanya yang enak ikan kuro juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti protein, lemak, fosfor, kalsium, omega-3, zat besi, serta vitamin A, C, D, dan B1. Dengan beragam nutrisi penting ini sudah pasti banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengonsumsinya. Selain untuk konsumsi ikan kuro juga dapat dijadikan peluang usaha sehingga menambah penghasilan. Berikut manfaat ikan kuro dalam kehidupan manusia:

1. Meminimalisir risiko alzheimer

Konsumsi ikan kuro dalam jumlah cukup dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer yang merupakan penyakit yang menyerang otak manusia. Penderita alzheimer akan mengalami penurunan daya ingat, perubahan perilakau, serta penurunan kemampuan berpikir dan berbicara yang terjadi secara perlahan. Selain itu risiko alzheimer juga bisa diminimalisir dengan menggunakan manfaat dari beberapa jenis makanan seperti manfaat anggur hijau dan manfaat wortel rebus.

2. Meningkatkan perkembangan otak

Seperti jenis ikan lainnya daging ikan kuro juga mengandung omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Perkembangan otak juga dapat dimaksimalkan dengan melakukan kegiatan seperti bermain piano dan catur. Ada 12 manfaat bermain catur bagi fungsi otak dan 10 manfaat bermain piano baik bagi otak jiwa dan masa depan.

3. Sumber vitamin D

Ikan kuro juga kaya akan kandungan vitamin D yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menangkal berbagai jenis penyakit, mencegah atau meminimalisir flu, serta menunjang pembentukan dan kesehatan tulang dan gigi. Selain itu ada 6 manfaat vitamin d bagi kesehatan tubuh dan beberapa manfaat vitamin d3 lainnya yang tidak kalah penting.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan D pada ikan kuro juga sangat baik untuk menunjang kesehatan kulit serta membantu mengatasi berbagai gangguan pada kulit sehingga kulit anda menjadi lebih sehat dan tampak cantik. Konsumsi wortel dan bawang putih diketahui juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Ada banyak manfaat wortel untuk kulit dan sekitar 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji.

5. Menurunkan kolesterol

Pada dasarnya kolesterol yang selama ini ditakuti banyak orang bermanfaat bagi tubuh. Ada beberapa manfaat kolesterol bagi tubuh seperti membantu pembuatan hormon dan penyerapan kalsium. Namun jika kadarnya sudah berlebih dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Jika kadar kolesterol anda sudah terlanjur tinggi anda dapat mencoba konsumsi ikan kuro yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu kolesterol juga bisa diturunkan dengan menggunakan manfaat daun sambiloto untuk kolesterol dan manfaat daun kelor untuk kolesterol.

6. Membuat tubuh lebih bugar

Tubuh yang bugar bisa didapatkan dari manfaat berenang dan manfaat olahraga teratur sehingga tubuh tidak kaku dan rileks. Selain melalui kegiatan olah tubuh anda juga bisa meningkatkan kebugaran dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti ikan kuro.


7. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker sangat dihindari dan ditakuti oleh banyak orang karena sangat berbahaya dan mematikan. Oleh karena itu beragam cara dilakukan untuk mencegahnya seperti dengan mengonsumsi buah dan beragam tanaman obat seperti manfaat buah aprikot dan manfaat daun kelor untuk kanker. Cara lain yang lebih enak untuk menghindari penyakit ini adalah dengan rajin mengonsumsi ikan kuro yang terkenal enak.

8. Mengontrol kadar hormon insulin

Manfaat ikan kuro yang tidak kalah penting adalah dapat membantu mengontrol kadar hormon inslin agar tetap stabil. Hormon insulin sendiri merupakan hormon yang berperan penting dalam metabolisme tubuh. Kelebihan ataupun kekurangan hormon ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

9. Mencegah penyakit lambung

Rajin mengonsumsi ikan kuro ternyata juga dapat mencegah timbulnya penyakit lambung seperti naiknya asam lambung dan kanker lambung. Sebagai salah satu organ pencernaan lambung memiliki peranan penting dalam menyimpan dan mencerna makanan sehingga kesehatannya mesti dijaga. Lambung yang sehat dan bebas penyakit juga bisa diraih dengan manfaat bengkoang untuk lambung.

10. Mengatasi kerusakan rambut

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh konsumsi ikan kuro juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai kerusakan rambut seperti kerontokan. Dengan rajin mengonsumsi ikan ini sesuai porsi maka rambut indah dan kuat akan menjadi milik anda. Cara lain untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan manfaat bawang merah untuk rambut dan manfaat daun jambu biji untuk rambut rontok.

11. Mengatasi dan menghilangkan depresi

Depresi atau stres yang berlebihan bisa menimpa siapa saja. Kesibukan kerja, masalah rumah tangga, atau kegagalan dapat menjadi penyebab terjadinya depresi. Untuk mengatasi hal ini biasanya orang akan melakukan beberapa hal seperti berolahraga dan relaksasi karena selain menyehatkan ada banyak manfaat olahraga untuk psikis manusia. Depresi juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu salah satunya ikan kuro.

12. Meningkatkan kualitas sperma

Konsumsi ikan kuro yang disertai dengan berbagai makanan sehat lainnya seperti manfaat madu bagi pria diketahui juga dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan lebih besar. Oleh karena itu ikan kuro sangat baik dikonsumsi oleh pria yang ingin segera memiliki keturunan.

13. Mencegah penyakit jantung

Penyakit berbahaya seperti jantung juga dapat dicegah dengan rajin mengonsumsi ikan kuro. Hal ini didapatkan dari kandungan omega-3 pada ikan kuro yang dapat menurunkan kadar lemak darah sehingga anda terhindar dari penyakit jantung. Penyakit jantung juga bisa dicegah dengan manfaat kacang tanah untuk jantung dan manfaat nanas untuk jantung.

14. Peluang usaha

Kesadaran masyarakat untuk mulai mengonsumsi ikan dan rasanya yang enak membuka peluang untuk memulai usaha ikan kuro. Ada banyak lini usaha yang bisa anda coba seperti memasarkan ikan kuro yang diterima dari nelayan atau membuka usaha makanan yang berbahan dasar ikan kuro.

15. Sebagai ikan pancingan

Ikan kuro juga kerap dijadikan ikan incaran para pemancing. Hasil memancing dapat dijadikan tambahan penghasilan atau sekedar menjalankan hobi karena ada banyak manfaat hobi memancing ikan yang akan anda dapatkan.

Sangat bermanfaat bukan? Setelah mengetahui beragam manfaat ini anda tidak akan enggan lagi membeli dan mengonsumsi ikan kuro karena tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan namun juga dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Namun harus diingat untuk mengolah ikan kuro dengan cara yang benar sehingga berbagai manfaatnya bisa dirasakan secara optimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan