15 Manfaat Wortel Rebus Untuk Kesehatan Tubuh

Wortel, sayuran berwarna oranye dengan rasa yang manis langu ini sangat dikenal khasiatnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Tanaman dengan nama latin Daucus carota L. ini memiliki siklus hidup 12 sampai dengan 24 bulan dan menyimpan banyak karbohidrat dalam dagingnya. Daerah yang cocok untuk budidaya wortel adalah dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl atau dengan suhu berkisar antara 15 sampai dengan 21 derajat celcius. artikel terkait:

Kandungan Gizi Wortel

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Akan tetapi, tidak hanya vitamin A saja, wortel juga memiliki berbagai kandungan lainnya. Beberapa kandungan lain dalam wortel diantaranya, vitamin B1, B3, B6 dan B9 serta memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, sodium dan zat besi di dalamnya. Beberapa kandungan dalam wortel inilah, yang membuat wortel sangat baik untuk dikonsumsi.

artikel terkait: manfaat wortel untuk matamanfaat acar timun dan wortelmanfaat daun wortel

Manfaat Wortel Rebus Banyak orang percaya bahwa sayuran mentah memiliki nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan sayuran yang telah direbus. Sama halnya dengan wortel, wortel yang dikonsumsi dalam keadaan mentah diketahui lebih baik karena nutrisinya tidak hilang karena direbus. Namun, wortel yang dimasak juga memiliki kelebihan, yakni kadar karoten dalam dalam wortel tersebut dapat meningkat hingga 2 sampai 5 kali lipat. Peningkatan karoten dan manfaat wortel yang telah direbus memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  1. Mengatasi Kanker Paru-paru

Peningkatan kadar keroten dalam wortel karena direbus sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kanker paru-paru. Peningkatan kadar keroten inilah yang dapat membantu menurunkan perkembangan sel kanker dan juga dapat membunuh sel kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat wortel

  1. Membersihkan Paru-paru

Tidak hanya dapat mencegah dan mematikan sel kanker dalam paru-paru, wortel rebus juga dapat membantu racun dan kotoran di dalam paru-paru. Seperti paru-paru pada perokok yang sangat kotor dan memiliki berbagai kandungan racun di dalamnya,dapat dibersihkan dengan rutin menkonsumsi wortel rebus.

artikel terkait: manfaat bayam untuk bayi

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan nutrisi dalam wortel yang telah direbus sangatlah baik untuk menjaga kesehatan. kandungan serat dalam wortel rebus tetap terjaga. Dengan mengkonsumsi wortel rebus, pencernaan daapat menjadi lancar dan juga dapat terhindar dari masalah sembelit karena kurang lancarnya sistem pencernaan.

artikel terkait: manfaat pool running

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A pada wortel, terutama pada wortel yang telah direbus, tidak hanya baik untuk kesehatan mata. Paduan vitamin A dan juga betakaroten dalam wortel rebus dapat menangkal radikal bebas yang dapat menjadikan kulit kusam. Dengan vitamin A dan juga betakaroten dalam wortel rebus, kulit akan terlindungi dan menjadi cerah serta halus.

artikel terkait: manfaat sup lobster

  1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer atau penyakit yang lebih dikenal dengan kepikunan, karena penderita alzheimer akan mengalami penurunan fungsi otak yang juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Mencegah alzheimer dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan sayur dan buah yang mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan mengkonsumsi wortel rebus juga dapat dijadikan salah satu cara pola makan yang dapat mencegah risiko alzheimer, karena wortel rebus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

artikel terkait: manfaat muncang

Tidak semua jenis sayuran lebih baik dikonsumsi pada keadaan mentah dengan alasan menjaga nutrisi agar tidak hilang ketika dimasak. Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi dalam keadaan telah direbus atau dimasak, karena dengan proses perebusan, wortel akan memiliki kandungan karoten yang lebih tinggi, sehingga lebih efektif untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada tubuh.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 20th, May 2017 / 03:26 Oleh :
Kategori : Sayuran