Manfaat Ikan Dori Untuk Diet Yang Enak dan Menyehatkan

Ketika mendengar kata diet sebagian besar orang akan membayangkan hal-hal yang tidak enak dan menyiksa. Mulai dari mengurangi porsi makan, hanya mengonsumsi sayuran dan buah, larangan mengonsumsi makanan manis, olahraga super ketat, hingga menahan rasa lapar karena tidak bisa makan malam. Bahkan ada orang yang mau mengonsumsi obat-obatan pelangsing yang tidak jelas kualitasnya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan meskipun bisa berbahaya bagi kesehatan. Padahal diet intinya adalah menjadikan pola makan seseorang menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dalam porsi cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tidak lupa pula rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh karena ada begitu banyak manfaat olahraga bagi tubuh.

Salah satu hal penting dalam menjalani diet adalah pemilihan jenis makanan. Ada banyak makanan sehat yang bisa menjadi pilihan diantaranya:

Selain makanan-makanan tersebut ada satu lagi pilihan untuk mengisi menu diet harian anda yaitu ikan dori. Ya, bagi anda penggemar film Disney pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang menjadi tokoh utama dalam film finding dory ini. Meskipun demikian nama dory sendiri digunakan oleh beberapa jenis ikan namun masih dalam tingkatan ordo yang sama yaitu zeiformes. Ikan dori memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan kulit berwarna keperakan serta mata yang lebar seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Ikan dori

Ikan dori dikenal sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya manfaat protein, vitamin, serta berbagai mineral seperti yodium, manfaat magnesium, selenium, DHA, omega-3, zat besi, taurin, flourida, dan EPA. Berbagai manfaat seperti kesehatan mata dan jantung bisa didapatkan dari manfaat ikan dori. Selain itu dagingnya juga dikenal lezat dan rendah kalori sehingga sangat mendukung untuk diet sehat dan enak.

Meskipun kalori sangat penting karena ada berbagai manfaat kalori bagi tubuh manusia namun jumlah yang masuk ke dalam tubuh tetap harus seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kelebihan kalori yang tidak terpakai dan menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang tentu tidak anda inginkan. Intinya jagalah kebutuhan kalori tubuh agar sesuai dengan kebutuhan, jangan kurang dan jangan berlebihan karena kekurangan kalori juga tidak baik bagi kesehatan.

Selain rendah kalori ikan dori juga sangat baik untuk pencernaan. Dengan memasukkan ikan ini ke dalam menu diet dapat menjadikan pencernaan lebih sehat sehingga berbagai fungsi pencernaan dapat dijalankan dengan baik. Mulai dari pengolahan makanan, penyerapaan, hingga akhirnya pembuangan zat sisa pencernaan. Dengan lancarnya proses pencernaan menjadikan tubuh dapat menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dengan maksimal. Hal ini turut berpengaruh untuk menghindarkan anda dari mengonsumsi makanan secara berlebihan sehingga terhindar dari kegemukan.

Agar program diet anda semakin sukses dan maksimal maka sebaiknya perhatikan cara memasak ikan ini. Daripada digoreng lebih baik ikan dori diolah dengan cara dipanggang sehingga terhindar dari penggunaan minyak yang berlebihan yang menyebabkan makanan anda memiliki nilai kalori yang lebih tinggi. Selain itu jangan lupa mengonsumsi manfaat buah buahan dan manfaat sayur sayuran serta rajin berolahraga sehingga tubuh sehat dan langsing bisa menjadi milik anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan