8 Manfaat Makanan Kucing Equilibrio Untuk Kitten dan Dewasa

Ada lebih dari 20 manfaat memelihara kucing yang membuat hewan lucu ini semakin sering dipelihara banyak orang dan selalu memberikan makanan berkualitas untuk peliharaan mereka. Equilibrio merupakan sebuah merek makanan kucing dan anjing asal Brazil yang sudah didistribusikan di Indonesia oleg World Ag Associates LLC yang diproduksi oleh Total Alimentos yakni salah satu produsen makanan kucing yang sudah memenangkan 2007 Global Pets Award dan sudah bersertifikasi. Ada beberapa jenis makanan kucing yang dikeluarkan oleh Equilibrio seperti untuk kitten, untuk kucing dewasa, untuk kucing yang sudah dikebiri, untuk kucing bulu panjang dan masih banyak lagi. Equilibrio terbuat dari banyak bahan berkualitas seperti ayam deboned, tepung ikan, jagung, hati unggas, lemak unggas dan beberapa bahan lainnya. Tidak seperti makanan kucing lain, Equilibrio memiliki keunggulan seperti bisa menggemukan kucing dan menghilangkan bau pup kucing. Selain itu, masih banyak manfaat makanan kucing Equilibrio lainnya yang akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Membersihkan Gigi

Perlu diketahui jika hampir 80% kucing memiliki penyakit periodontal yang menyerang gigi dan terkadang juga disertai dengan peradangan. Ketika kucing terkena periodontal tersebut, maka gigi kucing akan lebih mudah goyah kemudian terlepas sehingga tentu akan mengganggu kenyamanan kucing khususnya ketika makan. Kebiasaan makan bisa sangat membantu untuk mengurangi plak dan memberikan manfaat membersihkan karang gigi kucing seperti ketika diberikan makanan kucing Equilibrio yang merupakan makanan kering sehingga mampu untuk membersihkan seluruh area gigi kucing.

  1. Mengurangi Resiko Obesitas

Meski makanan kucing Equilibrio bisa diberikan untuk menggemukan kucing karena tinggi manfaat protein, akan tetapi makanan kucing ini tidak menyebabkan resiko obesitas jadi meningkat. Karena kandungan protein tinggi dalam Equilibrio, maka ketika ia merasa kenyang, maka akan berhenti dengan sendirinya. Sedangkan untuk kandungan karbohidrat dalam makanan kucing Equilibrio juga tidak terlalu tinggi sehingga bisa meminimalisir resiko obesitas tersebut.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Memberikan makanan kucing yang mengandung protein tinggi seperti Equilibrio sangat penting untuk pencernaan alami tubuh kucing. Karena kucing tidak bisa mencerna karbohidrat dengan baik, maka ketika diberikan terlalu banyak makanan yang tinggi karbohidrat namun rendah protein akan meningkatkan jumlah glukosa dalam aliran darah tubuh kucing yang akhirnya bisa menyebabkan diabetes. Sedangkan dalam makanan kucing Equilibrio, kandungan karbohidrat didalamnya bisa dikatakan lebih sedikit dan lebih banyak mengandung protein sehingga bisa mencegah diabetes terjadi pada kucing kesayangan anda.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kucing

Saluran pencernaan kucing merupakan organ sistem kekebalan tubuh yang paling besar sehingga sangat penting untuk mengendalikan populasi bakteri jahat. Kandungan probiotik dalam makanan kucing Equilibrio ini bisa menormalkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa menjaga kesehatan tubuh kucing lebih baik dan tidak mudah terkena penyakit seperti overjaksi sistemik yang disebabkan karena alergi dan autoimun, dysbiosis atau usus bocor sekaligus menurunkan resiko alergi.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bakteri sangat penting untuk proses pencernaan kucing termasuk produksi enzim pencernaan, penyerapan nutrisi dan juga membuang limbah. Fungsi fungsi tersebut bisa didapatkan dari makanan kucing Equilibrio karena kandungan probiotik didalamnya. Nantinya, kesehatan tubuh kucing akan meningkat secara menyeluruh dan mengatasi gangguan pencernaan seperti solusi diare, gas, kembung, sembelit, mual dan muntah serta gejala gangguan pencernaan lainnya.

  1. Menyehatkan Jaringan dan Organ Tubuh

Kandungan tinggi protein dalam makanan kucing Equilibrio ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jaringan dan organ tubuh, kulit, bulu, darah, otot dan tendon kucing. Protein dalam Equilibrio juga mengandung asam amino yang sangat penting untuk mengatur metabolisme sekaligus memperbaiki jaringan dan mempercepat proses penyembuhan. Kucing nantinya akan menyerap asam amino tersebut kemudian digunakan sebagai sumber energi.

  1. Mencegah Masalah Jantung

Dalam makanan kucing Equilibrio juga mengandung taurine yang sangat penting untuk menjaga fungsi jantung kucing dengan baik. Dengan memberikan Equilibrio ini, maka gagal jantung dan kardiomiopati dilatasi yang merupakan penyakit berbahaya akibat kekurangan taurine bisa dicegah.

  1. Mengatasi Masalah Reproduksi

Memberikan makanan kucing Equilibrio juga sangat penting untuk kucing yang sedang hamil. Ketika makanan kucing Equilibrio diberikan, maka kemungkinan cacat lahir dan perkembangan neonatal yang lamban pada anak kucing bisa dihindari.