7 Manfaat Ikan Patin Untuk Balita Sebagai Nutrisi Pertumbuhan

Konsumsi ikan merupakan hal yang dianjurkan untuk dilakukan sejak dini. Ikan memiliki berbagai kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi ikan secara rutin akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang masih memiliki anak di usia balita, konsumsi ikan dapat memberikan nutrisi untuk kesehatan tubuh khususnya untuk tumbuh kembang sang anak, baik dari segi fisik maupun kecerdasan motoriknya.

Salah satu jenis ikan yang bisa anda berikan pada anak adalah ikan patin. Ikan patin memiliki berbagai kandungan zat gizi yang dibutuhkan oleh balita, berikut adalah manfaat ikan patin untuk balita yang kami sajikan lengkap untuk anda.

  1. Sumber Protein

Ikan patin mempunyai kandungan protein yang cukup besar. Manfaat protein untuk tubuh sangat besar, bagi balita protein akan menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Protein akan menjadi sumber nutrisi untuk pertumbuhan sel dalam tubuh. Apabila balita mendapatkan asupan nutrisi yang cukup maka proses pertumbuhan dan perkembangan akan berjalan dengan baik. Ikan patin dapat anda berikan sebagai konsumsi untuk balita sebagai sumber salah satu sumber protein yang mencukupi kebutuhan protein balita.

  1. Menambah Massa Otot

Manfaat ikan patin untuk balita berikutnya adalah untuk membantu menambah massa otot pada balita. Balita yang memiliki pertumbuhan otot yang kurang baik, akan menyebabkan balita terlihat lebih kurus. Kondisi ini dapat anda atasi dengan memberikan asupan gizi yang cukup agar pertumbuhan otot dapat kembali normal. Ikan patin mempunyai kandungan zat gizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot balita. Konsumsi ikan patin secara rutin agar pertumbuhan otot balita dapat berjalan normal dan pertumbuhannya tidak terhambat.

  1. Nutrisi Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Bagi balita yang sedang dalam masa pertumbuhan, kebutuhan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan khususnya untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Anda bisa mencukupi zat gizi tersebut dengan memberikan konsumsi ikan patin untuk balita. Ikan patin memiliki kandungan zat kalsium dan fosfor. Manfaat kalsium utamanya adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi balita. Tak hanya itu, manfaat fosfor yang ada pada ikan patin juga akan membantu menguatkan tulang maupun gigi. Kedua zat ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh balita yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  1. Nutisi Kecerdasan Otak

Ikan patin juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup besar. Seperti yang kita ketahui, manfaat omega 3 adalah membantu merangsang kecerdasan otak. Bagi balita manfaat omega 3 ini akan menjadi hal yang sangat penting terkait penyiapan kecerdasan otak sejak dini, kondisi ini tentu akan sangat baik untuk ke depannya sebab balita pada masa tumbuh kembangnya nanti akan mudah mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan kecerdasan kognitifnya. Sangat disarankan untuk memberikan nutrisi bagi kecerdasan otak sejak dini agar proses belajar dapat mudah ditangkap dan menjadikan anak semakin cerdas.

  1. Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat ikan patin untuk balita adalah sebagai sumber antibodi bagi tubuh. Kandungan nutrisi ikan patin dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah putih. Manfaat sel darah putih adalah untuk menguatkan sistem daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Hal ini tentu sangat baik untuk balita, sebab pada usia balita biasanya daya tahan tubuh masih lemah sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit. Konsumsi ikan patin pada balita akan membuat sistem daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan menjadikan balita tak mudah sakit.

  1. Baik Untuk Kesehatan Organ Jantung

Ikan patin memiliki kandungan lemak tak jenuh dalam jumlah yang cukup besar, manfaat lemak tak jenuh di antaranya adalah menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi salah satu pemicu penyakit lain seperti jantung. Ikan patin yang dikonsumsi balita akan memberikan nutrisi yang baik untuk jantung yang tentunya kesehatan jantung akan tetap terlindungi.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat ikan patin untuk balita yang terakhir adalah mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah. Ikan patin dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit, ini tentu akan meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Manfaat ikan ini sangat cocok anda berikan sebagai menu konsumsi bagi balita penderita penyakit demam berdarah.

Manfaat ikan patin untuk balita begitu beragam, baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan balita maupun mencegah penyakit pada balita. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengolah ikan ini menjadi makanan favorit yang disukai balita.

Anda bisa membuat olahan abon ikan patin agar balita lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Ikan ini cukup mudah anda temui di pasaran dan tentunya memiliki harga yang cukup ekonomis. Dengan besarnya nutrisi yang dimiliki ikan patin, anda dapat menjadikan ikan ini sebagai lauk harian yang sehat untuk balita anda.