12 Manfaat Gemar Membaca untuk Otak

Membaca merupakan suatu kegiatan positif yang memiliki banyak manfaat, dengan membaca pengetahuan dan wawasan  anda akan semakin luas, membaca juga sebagai sarana untuk membuka jendela dunia, dimana setiap informasi dan ilmu pengetahuan bisa anda jelajahi. Disamping itu ketika anda membaca kemampuan serta kesehatan otak semakin meningkat.

Media untuk membaca beragam seperti buku ilmu pengetahuan, novel,  majalah, koran dan lain-lain,  semuanya memiliki manfaat yang positive untuk anda diantaranya:

1. Meningkatkan pengetahuan dan informasi.

Membaca sebagai sarana untuk mendapatkan berbagai informasi dan ilmu pengetahuan, serta memperluas  wawasan anda seperti manfaat ensiklopedia , buku ilmu ekonomi, politik, sosial budaya, dan lainnya, semuanya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti  kemampuan berbicara dan bersosialisasi anda semakin baik dan akan meningkatkan kualitas diri anda.

2. Sebagai referensi.

Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan, informasi dan wawasan, berbagai macam ilmu pengetahuan bisa anda pelajari dengan membaca buku. Informasi dan wawasan dari membaca bisa dijadikan referensi untuk diaplikasikan dalam kehidupan,  misalnya  untuk membuat tulisan seperti karya ilmiah, artikel dan content, atau mungkin tulisan yang lebih ringan seperti manfaat gemar menulis surat memiliki faedah untuk otak atau manfaat menulis buku harian, dengan banyak membaca akan semakin banyak ide-ide untuk tulisan anda.

3. Meningkatkan kinerja otak.

Otak perlu dilatih agar tidak tumpul, dengan membaca akan semakin memacu otak untuk berfikir dan menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kinerja otak, mempertajam dan lebih berkonsentrasi, dan tentunya menjadi lebih cerdas.

4. Menghilangkan stress.

Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti masalah pekerjaan, permasalahan Pribadi, keluarga, seringkali membuat anda menjadi stress, dengan manfaat membaca buku favorit, novel dari pengarang idola anda, atau artikel-artikel yang menarik akan mengalihkan perhatian anda dari masalah-masalah yang sedang anda hadapi, perasaan anda akan menjadi lebih tenang dan rileks.

5. Meningkatkan konsentrasi.

Membaca akan melatih dan meningkatkan konsentrasi anda, ketika membaca anda fokus terhadap apa yang anda baca, sehingga dalam kehidupan sehari-hari akan lebih berkonsentrasi.

6. Meningkatkan daya ingat.

Membaca merupakan latihan otak karena dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat hal-hal yang yang anda baca.

7. Meningkatkan kosakata.

Membaca akan meningkatkan kosakata anda dan mengetahui hal-hal baru, kalimat-kalimat yang baik akan berpengaruh terhadap cara anda mengekspresikan diri dan berbicara didepan orang lain, ditambah wawasan yang luas mengenai banyak topik, sehingga rasa percaya diri anda pun semakin meningkat.

8. Meningkatkan kemampuan menulis.

Ibarat teko ketika isinya kosong anda tidak bisa menuangkan airnya ke gelas, tetapi jika teko itu penuh anda bisa menuangkan seluruh isinya ke dalam gelas-gelas yang anda inginkan, begitu juga menulis semakin anda banyak membaca maka akan semakin banyak pengetahuan anda, kreatifitas dan imajinasi yang tinggi memudahkan anda menuangkan berbagai macam ide untuk tulisan anda, dengan bahasa yang baik sehingga tulisan anda semakin berbobot.

9. Memecahkan permasalahan.

Pengetahuan yang luas, akan meningkatkan kemampuan anda dalam menganalisa berbagai masalah,  dengan kreatifitas dan analisis anda dapat melihat permasalahan dari banyak sudut pandang sehingga mempermudah penyelesaian permasalahan dan ide-ide baru.

10. Membuat lebih bijaksana.

Membaca akan berpengaruh positif terhadap sikap anda, dimana anda akan lebih bijak sana dalam bertindak, dan melihat dari banyak sudut pandang yang berbeda.

11. Meningkatkan rasa percaya diri.

Dengan banyaknya informasi dan ilmu pengetahuan anda, maka anda akan semakin percaya diri untuk bersosialisasi dan bergaul dengan rekan-rekan anda, karena semakin banyak bahan pembicaraan dan pembahasan, anda pun bisa berbagi ilmu pengetahuan dari yang anda baca.

12. Sarana hiburan.

Mendapatkan hiburan gratis dengan membaca buku-buku seperti manfaat membaca cerita pendek, novel, komik atau topik-topik lainnya yang anda sukai di perpustakaan, akan memanjakan diri dan membuat anda lebih rileks.

, , ,
Post Date: Friday 27th, October 2017 / 22:48 Oleh :
Kategori : Kebiasaan