6 Manfaat Perpustakaan Online

Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Saat ini berbagai macam portal berita tersedia secara gratis dan online. Hal ini sangat memudahkan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi secara instan, baik di dalam maupun di mancanegara. Baru-baru ini pemerintah Indonesia baru saja membuat sebuah website untuk sebuah perpustakaan Online. Kabar yang kencang terdengar nantinya perpustakaan ini akan memuat ribuan buku dan naskah asli yang sudah dipindai dengan alat scanner.

Mungkin secara sekilas akan sama dengan aplikasi Google Books, namun perbedaannya pada perpustakaan online ini konten yang di update telah memiliki izin resmi pemerintah. Dengan begitu, semua buku asli yang belum dimuat di google books pun akan dimuat disini. Lalu, apa sajakah manfaat dari perpustakaan Online ini?

1. Memuat Buku Dari Seluruh Perpustakaan di Indonesia

Karena pengelolaannya bersifat resmi langsung dari pemerintah, maka masyarakat dapat mengakses secara bebas baik buku-buku yang bersifat informasi umum hingga buku-buku sejarah yang mungkin memuat informasi yang sebetulnya belum kita ketahui. Selain itu, buku-buku yang dimuat juga berasal dari seluruh Indonesia, yang tentunya sangat kaya akan Informasi, melalui perpustakaan ini kalian bisa saja membaca buku yang hanya ada di Perpustakaan di daerah Papua walaupun kalian tinggal di Jakarta.

2. Menghemat Waktu

Bayangkan bila kalian sedang dikejar deadline tugas kuliah ataupun tugas sekolah yang sangat dekat. Tidak sempat bolak-balik perpustakaan dan ada batasan jumlah buku yang dapat dipinjam, tentu hal ini akan memakan banyak waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Namun perpustakaan online ini seolah menjawab itu semua. Tidak ada lagi bolak-balik, tak ada lagi batasan meminjam, yang ada hanya tinggal bersiap di depan laptop atau perangkat lain. Kemudian membuka web perpustakaan online dan mulai mencari bahan referensi secara praktis di sana.

Pemanfaatan lainnya yang menghemat waktu yakni :

3. Pencarian Lebih Cepat

Pernahkah kalian sibuk mencari buku di perpustakaan? Sedikit jengkel bukan bila buku yang kalian cari tak kunjung ditemukan. Sistem website akan memudahkan pencarian buku di perpustakaan online ini. Pengguna cukup memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan informasi yang sedang dicari, maka semua buku yang dimuat akan disesuaikan dengan informasi terkait. Lebih mudah bukan dibanding harus naik turun tangga dan berkeliling mencari buku,

4. Sumber Referensi Terpercaya

Hampir setiap pelajar dan mahasiswa pernah mencari referensi tugas dari google atau web dan blog lainnya. Pernahkah kalian teliti apakah referensi yang kalian miliki ini memiliki bukti yang kuat untuk dijadikan dasar ilmiah dalam mengerjakan tugas? Bisa saja web atau blog tersebut mengandung konteng yang sedikit menyimpang. Berbeda dengan perpustakaan online, ia bisa dijadikan sumber referensi online terkuat. Karena buku-buku dan informasi yang ada di sini tentunya sama persis dengan yang ada di perpustakaan aslinya.

5. Menambah Minat Membaca

Sekali lagi kami tekankan, siapa yang tidak malas bila harus bolak-balik ke perpustakaan? Berbeda jika perpustakaan itu dapat kalian kunjungi disaat kalian sedang berbaring di kasur, sedang berkumpul dengan teman, sedang makan siang, dan lain sebagainya. Tidak ada pula petugas perpustakaan yang mewajibkan kalian harap sunyi dan lainnya. Tentu hal ini akan menambah minat membaca bagi masyarakat. Selain mduah dan praktis, informasi yang dimiliki jugfa kuat, menambah wawasan, serta intelektualitas.

Minat membaca ini juga bisa didapatkan dari :

6. Mencerdaskan Masyarakat

Setelah minat baca sudah tumbuh dimasyarakat. Maka tidak menutup kemungkinan perpustakaan online ini memiliki kedudukan yang sejajar dengan sosial media di hati masyarakat. Bila masyarakat sudah membiasakan membaca, maka tujuan pembukaan UUD dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa akan segera terealisasikan. Tujuan utama perpustakaan online ini adalah “Menciptakan negara yang maju, memalui masyarakat yang cerdas.

Kelebihan dan Kekurangan Perputaskaan Online

Itulah beberapa manfaat dari perpustakaan online. Bila dibandingkan dengan google books, maka perpustakaan online memiliki beberapa kelebihan, seperti :

  • Data kuat dan Otentik
  • Bersifat Resmi
  • Gratis Total (Beberapa buku di Google Books mengharuskan kita untuk membayar)

Namun diantara semua kelebihan dan manfaat itu, tak pelak membuat perpustakaan online ini jauh dari kekurangan. Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada perpustakaan ini seperti :

  • Database error (Dapat menyebabkan file-file buku tidak dapat di akses bahkan hilang)
  • Serangan Hacker (Terjadi bila keamanan pada sistem hostingnya lemah).
  • Dapat dijadikan target penyadapan oleh negara lain.
  • Akan muncul beberapa bug yang akan menganggu kinerja web ini.
  • Tidak tersedia dalam bentuk aplikasi, padahal pengguna smartphone sangat banyak.
  • Data yang mudah dimodifikasi (Bisa saja dari serangan hacker merubah beberapa poin dan isi dari sebuah buku di perpustakaan online, yang nantinya akan menyebarkan informasi yang salah).
  • Kurangnya publikasi, sehingga tidak semua lapisan masyarakat tahu akan hal ini.
  •  Mematikan pekerjaan bagi pihak-pihak yang bekerja diperpustakaan asli.

, ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan