10 Manfaat Ensiklopedia bagi Siswa dan Anak-Anak

Ensiklopedia adalah sekumpulan tulisan yang berisi penjelasan dan memberikan informasi yang komprehensif dan mudah kita pahami. Biasanya mengenai keseluruhan cabang ilmu atau khusus membahas satu cabang ilmu dan dibahas dalam artikel terpisah, juga biasanya diurutkan sesuai abjad dari A-Z. Dan yang dibahas dalam ensiklopedia ini juga banyak, misalnya saja ensiklopedia tentang kesehatan, tanaman, sejarah dan budaya, agama, dan atau penciptaan sebuah benda dan masih banyak yang lainnya. Dan seperti yang dikatakan di atas tadi,

Mungkin saat ini enslikopedia jarang terdengar ya, dan mungkin keberadaannya juga jarang di tengah-tengah masyarakat sekarang ini. Karena tergerus teknologi, padahal ensiklopedia memiliki beragam manfaat bagi semua orang, khususnya bagi anak-anak karena sangat mengedukasi.

Baca juga: Manfaat Pendidikan, Manfaat Pendidikan Karakter.

Jenis-jenis Ensiklopedia

Secara singkat kita sudah mengetahui ya definisi tentang ensiklopedia, dan sebelum kita mengetahui manfaat ensiklopedia untuk anak-anak. Ada baiknya jika kita mencari tahu apa saja sih jenis-jenis ensiklopedia yang ada di dunia? Tentunya kita harus mengetahui dulu jenis-jenis dari ensiklopedia yang selama ini beredar di dunia, hitung-hitung untuk menambah wawasan kita juga ya? Simak beberapa ulasan di bawah ini, ini dia beberapa jenis ensiklopedia yang ada di dunia:

  • Ensiklopedia Umum / Nasional

Jenis ensiklopedia yang satu ini ensiklopedia yang berisi tentang informasi dasar tentang hal-hal abstrak, kejadian-kejadian umum. Ensiklopedia ini biasanya isinya mencakup informasi tentang sebuah negara, entah negaranya sendiri atau informasi penting negara lain. Dan karena itu biasanya judulnya mengandung sebuah nama negara. Dan untuk isinya tidak ada batasan, atau tidak ada cakupan khususnya.

Contoh: ENSIKLOPEDIA INDONESIA. Jakarta : Icthiar Baru – Van Hoeve, 1986

  • Ensiklopedia Internasional

Kalau ensiklopedia yang satu ini berisi tentang semua informasi di dunia, tidak hanya menekankan pada suatu negara atau kelompok tertentu saja. Namun kenyataannya hampir jarang ditemui ensiklopedia seperti ini, kebanyakan memberi penekanan terhadap suatu negara terutama negara tempat ensiklopedia itu diterbitkan.

Contoh: ENCYCLOPEDIA AMERICANA INTERNATIONAL EDITION

  • Ensiklopedia Khusus / Ensiklopedia Subyek

Ensiklopedia khusus / subyek ini membatasi cakupan isinya. Jadi ensiklopedia ini membahas tentang suatu hal secara rinci, misalnya saja ensiklopedia tentang kesehatan, tentang tanaman, dan masih banyak lagi. Jadi ensiklopedia yang satu ini lebih khusus bahasannya.

Contoh: ENSIKLOPEDI TUMBUH-TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT YANG ADA DI BUMI NUSANTARA. Surabaya : Karya Anda, 1982

Baca juga: Tumbuhan, Manfaat Membaca Buku Biografi.

  • Ensiklopedia Online

Karena jaman semakin maju dan teknologi yang ada juga semakin canggih, tentu saja segalanya semakin mudah. Walau mungkin saat ini ensiklopedia dalam bentuk fisik atau buku susah ditemukan namun anda bisa menemukan ensiklopedia dalam bentuk online. Sekarang ini banyak sekali diciptakan ensiklopedia online atau sebuah website yang dirubah menjadi seperti ensiklopedia. Artinya kita semakin mudah mencari sebuah informasi dan selalu terhubung, dan dengan mudah kita juga bisa membawanya kemana-mana.

Contoh: Wikipedia

Baca juga: Manfaat InternetManfaat ITManfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Itu dia sedikit ulasan mengenai jenis-jenis ensiklopedia yang ada di dunia. Ensiklopedia sendiri ada 4 jenis ya, dan di atas juga sudah dijabarkan penjelasan singkat tentang jenis-jenisnya. Menambah pengetahuan anda bukan? Simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai beberapa manfaat ensiklopedia bagi siswa dan anak-anak.

Manfaat Ensiklopedia

Mungkin zaman sekarang susah ya untuk menemukan ensiklopedia, tidak seperti zaman dulu. Mungkin fakta seperti ini terjadi karena perekembangan teknologi dan juga karena munculnya gadget-gadget yang menggantikan posisi buku. Padahal ensiklopedia ini memiliki banyak manfaat bagi siswa dan anak-anak, informasi yang diberikan akurat dan tentunya bisa menambah wawasan anak-anak, terutama bagi mereka yang saat ini masih duduk di bangku sekolah.

Baca juga: Manfaat Membaca Buku.


Dengan membaca ensiklopedia, wawasan anak menjadi bertambah dan juga anak-anak menjadi lebih pandai karena memiliki banyak pengetahuan tentang berbagai ilmu. Berikut ini adalah manfaat dari membaca buku ensiklopedia untuk siswa dan anak-anak:

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Manfaat pertama yang bisa di dapatkan anak setelah membaca ensiklopedia adalah tentunya menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak. Yang awalnya mungkin anak-anak tidak tahu setelah membaca ensiklopedia mereka jadi tahu tentang berbagai ilmu ataupun pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya mereka tidak ketahui. Ini sangat bermanfaat apalagi bagi anak-anak yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. Mungkin bisa membantu mereka dalam mengerjakan tugas sekolah mereka.

Baca juga: Manfaat Belajar Sejarah.

2. Jawaban dari Pertanyaan yang Membutuhkan Fakta

Ini adalah manfaat yang kedua dari membaca ensiklopedia. Ensiklopedia dibuat dari sumber-sumber yang terpercaya dan sesuai fakta. Jadi yang ditulis di dalam ensiklopedia tidaklah ngawur atau sembarangan, informasi yang ada di dalam ensiklopedia adalah informasi yang valid dan benar. Oleh karena itu ensiklopedia bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak tentang sesuatu hal atau kejadian yang mungkin mereka tanya-tanyakan asalnya. Nah ensiklopedia ini adalah jawaban tepat untuk anak-anak.

Baca juga: Manfaat Antropologi.

3. Menjadi Bahan Bacaan

Ensiklopedia juga bisa menjadi bahan bacaan anak-anak, biasanya artikel-artikel yang ada di dalam ensiklopedia ini tidak terlalu panjang. Biasanya setiap artikelnya hanya sekitar 900-an kata saja, jadi tidak terlalu panjang dan membosankan untuk dibaca anak-anak.

4. Membantu Siswa Mencari Tugas

Ensiklopedia juga bermanfaat bagi anak-anak yang masih sekolah, mereka bisa menggunakan ensiklopedia sebagai bahan rujukan dari kumpulan pengetahuan yang ada. Dengan itu akan memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mereka.

5. Mengetahui Hal Secara Rinci

Ini yang menjadi suatu kelebihan dari ensiklopedia, hal-hal dibahas secara detail dan rinci sesuai dengan fakta yang ada. Jadi tidak hanya mengetahui sedikit saja, dengan membaca ensiklopedia kita akan tahu lebih banyak.

Baca juga: Manfaat Belajar FilsafatManfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan.


6. Mengetahui Asal Usul suatu Hal

Dengan membaca ensiklopedia juga bisa membuat anak-anak mengetahui terciptanya suatu benda ataupun kejadian. Ini baik bagi siswa karena akan memberikan mereka edukasi yang baik.

Baca juga: Manfaat Membaca Cepat.

7. Menjadi Tempat Sumber Belajar

Selain itu ensiklopedia juga bisa menjadi sumber belajar yang super lengkap bagi anak-anak, jika mungkin di internet terkadang masih diragukan sumber dan kebenarannya. Jika di ensiklopedia, artikel-artikel yang dimuat sudah valid dan sesuai fakta, jadi baik jika digunakan sebagai media belajar.

8. Sebagai Bahan Rujukan

Di setiap akhir bahasa selalu ada rujukan, nah dengan membaca ensiklopedia para siswa juga bisa menggunakannya sebagai rujukan untuk keperluan mencari informasi yang mungkin mereka butuhkan.

Baca juga: Manfaat Menulis Buku Harian.

9. Sebagai Hiburan

Karena sekarang juga ada ensiklopedia yang khusus dibuat untuk anak-anak, jadi mungkin bisa diberikan kepada anak-anak sebagai hiburan. Daripada mereka bermain yang tidak jelas lebih baik berikan ensiklopedia khusus anak-anak dan biarkan mereka membaca, toh selain tidak bosan anak-anak akan bertambah ilmunya.

10. Membuat Anak-anak semakin Mencintai Budaya

Mungkin jika anak-anak membaca ensiklopedia khusus yang membahas tentang negara kita, Indonesia. Anak-anak akan belajar untuk semakin mencintai budaya, mereka jadi tahu berbagai macam budaya dan asal-usulnya di negara ini dan pastinya mereka juga akan semakin mencintai budaya bukan?

Baca juga: Manfaat Keberagaman Budaya.

Itulah beberapa manfaat membaca ensiklopedia untuk anak dan untuk siswa. Ada baiknya kita sebagai orang tua atau sebagai generasi penerus bangsa tetap melestarikan membaca supaya anak cucu kita kelak memiliki wawasan yang luas.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan