9 Manfaat Membaca Buku Biografi Tokoh

Membaca mungkin jadi hobi beberapa orang. Dengan membaca banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Selain itu, membaca juga membantu menghabiskan waktu karena keseruan bacaan tersebut. Baca juga: Manfaat Membaca Buku.

Salah satu yang biasa dibaca adalah biografi. Kisah tentang seorang sosok yang inspiratif tentu selalu menarik untuk dibaca. Dibalik kesuksesan seseorang pasti ada latar belakang yang bisa mendasari kesuksesan. Dari kisah-kisah inspiratif para sosok tersebut ada manfaat yang bisa diambil. Namun, apa sajakah jenis-jenis buku biografi? Berikut ini penjelasan jenis biografi dalam bentuk list.

Berdasarkan Penulis Biografi

  • Autobiografi, yaitu sebuah karya biografi yang dibuat sendiri oleh sosok yang ada dalam buku tersebut.
  • Biografi, karya biografi yang ditulis oleh orang lain. Terbagi 2 yaitu dengan izin sosok yang ditulis dan juga tanpa izin (kemungkinan karena telah wafat).

Berdasarkan Isi

  • Perjalanan hidup, biasanya berisi perjalanan hidup dari awal hingga kini. Bisa juga hanya momen tertentu yang berkesan.
  • Perjalanan karir, berupa perjalanan karir terakhir, atau sebagian perjalanan karir sampai mencapai kesuksesan.

Berdasarkan Pembahasan

  • Biografi politik, berisi tokoh politik dengan pembahasan lengkap. Biasanya isi dikumpulkan dari riset. Ada pula kemungkinan kepentingan dalam pembuatan biografi jenis ini.
  • Intelektual biografi, bentuk tulisan seperti karya ilmiah dengan konten yang berasal dari riset penelitian.
  • Biografi jurnalistik, ini contoh yang paling banyak ditulis. Isi didapatkan melalui wawancara.

Berdasarkan Penerbitnya

  • Sendiri, yaitu dengan inisiatif penulis sendiri dan diterbitkan dengan biaya produsen. Contohnya biografi tokoh publik.
  • Sponsor, biaya penerbitan ditanggung oleh sponsor. Tidak masalah antara laku dan tidak karena yang penting sudah terbit. Jika dijual harganya sangat tinggi.

Baca juga: Manfaat Membaca Cepat, Manfaat Membaca Komik, Manfaat Membaca Novel.

Manfaat Membaca Buku Biografi

Apa Anda suka membaca? Buku apa yang paling Anda suka? Mungkin selera bacaan itu relatif. Tapi, pernahkah Anda membaca tentang biografi seseorang?

Setelah mengetahui jenis-jenis biografi yang ada, jenis biografi mana yang Anda berminat untuk membacanya? Wah, bagi orang yang suka membaca pasti merasakan berbagai manfaat membaca biografi. Sampai-sampai mungkin mengumpulkan buku-buku biografi.

Untuk Anda yang suka atau ingin membaca buku biografi, berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari membaca buku tersebut. Simak baik-baik listnya di bawah ini:

1. Mempelajari Hidup

Dengan membaca biografi seorang tokoh, maka kita ikut melihat kilas balik kisah hidupnya. Perjalanan hidup seorang tokoh tentu sangat menarik. Tidak hanya kesenangan saja yang dialaminya. Namun, banyak diantaranya pengalaman pahit yang bisa membuat tokoh tersebut menjadi sukses sampai ia menjadi seorang sosok.

Baca juga:


2. Melihat bahwa Usaha dan Kerja Keras akan Berbuah Manis

Tokoh manapun yang dibuat dalam buku biografi pasti punya usaha dan kerja keras. Tak jarang, usaha yang dilakukannya gagal ratusan kali. Bahkan mencapai titik terendah dalam hidup tokoh tersebut. Dari kisahnya ia pun berusaha untuk bangkit dari keterpurukan. Inilah bukti bahwa usaha tak akan mengkhianati hasil.

3. Melihat bahwa Manusia punya Kelebihan dan Kekurangan

Dalam satu kisah tokoh yang diceritakan kita bisa lihat bagaimana cara pandangnya terhadap kehidupan. Bagaimana cara ia untuk melewati masalah, juga cara ia menghadapi orang lain. Inilah yang menunjukkan bahwa ia punya kelebihan dan kekurangan. Setiap orang pasti punya masalah, dengan mempelajari kehidupan tokoh kita bisa sadar bahwa ia tak sempurna.

Baca juga: Manfaat Dongeng, Manfaat Bahasa Jepang.

4. Menghargai Nilai-nilai Kehidupan

Bahwa dalam hidup banyak sekali hal yang patut disyukuri. Bisa lebih sadar juga jika kita punya hidup yang lebih beruntung. Ataupun jika kita dalam kondisi yang sama dengan sosok tersebut ,kita bisa bangkit lagi dan mensyukuri kita masih bisa menemukan solusi.

5. Menjadi Inspirasi dan Teladan Hidup

Ada hal-hal yang dalam hidup tidak diajarkan di sekolah. Hanya bisa didapatkan melalui pengalaman. Dengan membaca pengalaman hidup seseorang kita bisa belajar bagaimana makna hidup sebenarnya. Apabila tokoh itu punya banyak cara yang hebat dalam hidup itu bisa dijadikan teladan.

Baca juga: Manfaat Mempelajari Psikologi.

6. Pengingat untuk Tidak Melakukan Hal Buruk

Dalam kehidupan seseorang pasti pernah berbuat kesalahan. Tak jarang, tokoh-tokoh dalam biografi ingin kisah hidupnya menjadi pelajaran berharga untuk orang lain. Salah satunya untuk tidak mengulangi kesalahan yang pernah tokoh tersebut alami. Dengan demikian, para pembaca diharapkan lebih bijak dalam memilih keputusan.


7. Meniru Kebaikan yang Pernah Dilakukannya

Tokoh-tokoh politik dan sosial misalnya, mereka banyak sekali mendedikasikan diri untuk masyarakat. Hal ini patut untuk ditiru agar kita bisa melanjutkan hal baik yang pernah dilakukan. Selain itu semangat juang yang mereka berikan untuk mencapai kesuksesan harus ditanamkan dalam diri. Apalagi untuk mencapai sukses, banyak hal baik yang harus diikuti.

Baca juga: Manfaat Internet bagi Pendidikan, Manfaat Filsafat Pendidikan.

8. Mengambil Hikmah dari Setiap Bagian Hidup

Pasti ada hal manis dan resiko yang akan didapat dari setiap pilihan. Kita bisa ambil pelajaran bagaimana tokoh tersebut menghadapi pilihan yang sulit. Hikmah lain juga bisa didapat dari keseharian tokoh tersebut. Pada akhirnya, perjalanan hidup seorang tokoh tentu punya manfaat yang hikmahnya patut untuk diambil.

9. Menjadi Lebih Percaya Diri

Dengan membaca buku-buku biografi tentu bisa meningkatkan rasa percaya diri. Karena dari bacaan biografi tersebut kita bisa mendapat ilmu lebih sesuai tokoh yang dibaca. Misalnya, tokoh pengusaha sukses, kita akan tahu bagaimana kiat suksesnya. Sebagai pembaca pun Anda akan sadar bagaimana setiap manusia punya cerita hidup yang berbeda. Semuanya pun pasti pernah dalam kesusahan. Namun, dengan membaca buku biografi, Anda akan sadar untuk lebih percaya diri lagi.

Baca juga: Manfaat Memiliki Harga Diri.

Itulah 9 manfaat membaca buku biografi. Ada banyak inspirasi di dalam buku biografi yang bisa diambil sebagai pelajaran. Buku biografi pun bisa jadi selingan bacaan bagi Anda yang suka membaca.

Selain itu, jika Anda suka membaca biografi tentu punya banyak pengetahuan lebih dibanding yang tidak pernah membacanya. Anda bisa lihat betapa dunia itu luas dan setiap orang punya karunia hidup yang berbeda. Meski demikian, setiap orang di dunia dengan kondisi apapun punya peluang untuk sukses asal mau berusaha.

Baca juga :

Nah, bagi Anda yang suka membaca sebaiknya mulai mengeksplorasi buku-buku biografi. Jangan hanya karya sastra lain seperti novel dan fiksi lain. Ada baiknya biasakan membaca kisah nyata yang lebih nyata dalam kehidupan. Demikianlah manfaat membaca buku biografi. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan