18 Manfaat Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Sehari Hari

Gelombang bunyi merupakan gelombang yang membujur yang di mana gelombang tersebut memerlukan medium dalam proses perambatannya. Gelombang bunyi juga merupakan gelombang mekanik longitudinal, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bunyi memerlukan medium untuk merambat. Zat padat zat cair maupun gas merupakan medium perambatan bunyi. Gelombang bunyi yang merupakan gelombang longitudinal adalah gelombang yang getaran partikel medium gelombang bunyi sejajar dengan arah perambatannya.

Jangkauan frekuensi yang dapat merangsang telinga dan otak manusia kepada sensasi pendengaran merupakan suatu jangkauan frekuensi yang besar yang dapat dihasilkan gelombang mekanis longitudinal dan gelombang bunyi. Ada dua jenis karakteristik bunyi yang di mana bunyi tersebut mampu dirasakan oleh manusia. Karasteristik bunyi tersebut adalah yang pertama tinggi lemahnya bunyi, yang kedua Keras lemahnya bunyi. Keras lemahnya bunyi ini terkait dengan amplitudo dan energi gelombang bunyi tersebut. Gelombang bunyi memiliki manfaat untuk kehidupan manusia, Adapun berbagai manfaat yang dapat diperoleh karena adanya gelombang bunyi adalah sebagai berikut.

Manfaat Gelombang Bunyi

  1. Mengukur Kedalaman Air Laut – Gelombang bunyi digunakan untuk mengukur kedalaman laut dan juga lokasi jarak objek dalam air. Gelombang bunyi yang digunakan untuk mengukur kedalaman laut serta lokasi dan jarak objek dalam air adalah gelombang bunyi ultrasonik
  2. Manfaat Untuk Kedokteran – Manfaat gelombang bunyi yang kedua adalah gelombang bunyi dapat digunakan untuk bidang kedokteran, gelombang bunyi pada bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendeteksi janin dalam rahim. Biasanya gelombang bunyi yang digunakan untuk mendeteksi janin dalam rahim adalah gelombang bunyi infrasonik. (baca juga : Manfaat penelitianManfaat pendidikanManfaat kuliah bagi masa depan
  3. Mendeteksi Keretakan – Manfaat gelombang bunyi yang ketiga adalah gelombang bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi keretakan suatu logam. Jadi saat akan melakukan atau mendeteksi keretakan logam anda dapat menggunakan gelombang bunyi tersebut.
  4. Pengeras Suara – Seiring dengan kemajuan zaman gelombang bunyi diciptakan sebagai pengeras suara. Gelombang bunyi yang digunakan untuk pengeras suara adalah gelombang bunyi audiosonik.
  5. Memperlancar Komunikasi – Selain dapat digunakan untuk pengeras suara gelombang bunyi juga dapat digunakan untuk mendengar suara, mendengar musik dan memperlancar komunikasi. Hal ini merupakan salah satu manfaat gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi dengan adanya gelombang bunyi kita menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi. (baca juga : Manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari – hariManfaat bersosialisasi dengan orang lain  –  manfaat media sosial di berbagai bidang)
  6. Menentukan Jarak Tempat – Menentukan jarak dari suatu tempat, salah satu manfaat dari gelombang bunyi adalah digunakan untuk menentukan jarak dari suatu tempat ke tempat tertentu.
  7. Memecahkan Batu Karang – Digunakan sebagai pemecah batu karang yang ada di dalam usus.
  8. Mendeteksi Tumor – Dalam bidang kedokteran selain untuk mendeteksi janin adanya gelombang bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi adanya penyakit tumor yang ada di dalam tubuh. Dengan pemanfaatan gelombang bunyi akan lebih mempermudah bidang kedokteran untuk mengobati penyakit penyakit yang sedang diderita selain itu juga dapat digunakan untuk mempermudah dalam mendeteksi penyakit. (baca juga : Manfaat Buah naga, manfaat Delima, Manfaat Jarak
  9. Menyelidiki Otak –  Penyelidikan otak, gelombang bunyi juga dapat dimanfaatkan untuk penyelidikan otak.
  10. Menyelidiki hati dan liver – Selain digunakan untuk penyelidikan otak ternyata gelombang bunyi juga dapat digunakan untuk penyelidikan hati dan liver. Dengan adanya pendidikan otak atau penyelidikan hati dan liver maka kita dapat mengetahui apakah ada sesuatu yang berbahaya yang mengancam kehidupan kita dalam otak hati maupun liver.
  11. Menghancurkan batu ginjal – Manfaat gelombang bunyi dalam bidang kedokteran lainnya adalah gelombang bunyi dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. Dalam pemanfaatan ini Tentunya dibantu dengan alat-alat medis lainnya.
  12. Mengukur Kedalaman laut – pada zaman dahulu bahkan sampai sekarang gelombang bunyi dapat digunakan untuk mengukur Apakah laut itu dalam atau tidak. Jadi gelombang bunyi dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut biasanya dengan cara melemparkan sesuatu ke laut. (baca juga : Manfaat sumberdaya alam)
  13. Mendeteksi ranjau – Gelombang bunyi juga dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan ranjau sehingga kita dapat berhati-hati.
  14. Mencari Kapal – Dengan adanya gelombang bunyi dapat digunakan untuk mencari kapal yang tenggelam, Selain itu gelombang bunyi juga dapat mendeteksi letak palung laut.
  15. Kacamata Tuna netra – Selain dapat digunakan untuk mengukur dan mendeteksi ternyata gelombang bunyi juga dapat digunakan untuk kacamata Orang tunanetra. Jadi biasanya seseorang yang mengalami tuna netra menggunakan gelombang bunyi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  16. Keberadaan ikan dilaut – dalam bidang nelayan ternyata gelombang bunyi bermanfaat untuk mendeteksi adanya kelompok ikan yang ada di laut. Jadi bagi para nelayan yang memanfaatkan gelombang bunyi ini akan mengetahui mana laut yang banyak ikannya dan mana laut yang tidak banyak ikannya.
  17. Mendeteksi Minyak bumi – Gelombang bunyi juga dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi adanya kandungan minyak bumi.
  18. Membersihkan permata komponen – Manfaat gelombang bunyi lainnya adalah gelombang bunyi dapat digunakan untuk membersihkan Permata komponen elektronika dan bagian-bagian mesin yang halus.

Itulah berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari adanya gelombang bunyi. Gelombang bunyi memang tidak hanya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan dengan adanya teknologi yang maju pada zaman ini gelombang bunyi dapat digunakan untuk bidang kedokteran bidang industri dan bidang-bidang lainnya. Selain manfaat gelombang bunyi terdapat sifat-sifat umum gelombang bunyi yaitu

Sifat-Sifat Umum Gelombang Bunyi

  • Superposisi
  • Penguraian atau dispersi
  • Pelenturan atau difraksi
  • Penggabungan atau interferensi
  • Pembiasan atau refraksi
  • Polarisasi
  • Pemantulan atau refleksi

Sedangkan sumber-sumber gelombang bunyi adalah sesuatu yang bergetar, sebab hampir semua benda yang bergetar akan menimbulkan bunyi contoh dari benda yang bergetar yang akan menimbulkan bunyi adalah dawai gitar atau biola. Dawai gitar atau biola merupakan suatu benda yang tampak bergetar sewaktu dibunyikan. Selain itu masih banyak gelombang bunyi yang dihasilkan karena adanya getaran namun getaran tersebut tidak nampak Contohnya seperti saat kita berkomunikasi atau berbicara. Gelombang bunyi dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu gelombang infrasonik, gelombang audio dan gelombang ultrasonik. Gelombang infrasonik merupakan gelombang bunyi yang di mana frekuensinya kurang dari 20 Hz. Gelombang audio merupakan gelombang yang dapat didengar manusia yang memiliki frekuensi antara 20 Hz-20 Khz sedangkan gelombang ultrasonik merupakan gelombang yang berfrekuensi lebih dari 20 khz.