9 Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik dalam Kehidupan Sehari Hari

Gelombang merupakan Getaran yang merambat sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah Getaran yang sama dengan arah rambatannya. Bunyi dapat digolongkan sebagai gelombang longitudinal sebab bunyi mempunyai gelombang mekanik yang perambatannya sejajar dengan arah getarannya. Dalam proses terjadinya bunyi maka harus ada benda sebagai perantara baik berupa gas padat maupun cair. Ada berbagai macam bunyi berdasarkan frekuensinya yaitu gelombang infrasonik gelombang audiosonik dan gelombang ultrasonik.

Baca juga : Manfaat sumberdaya alam  –  Manfaat denahmanfaat perencanaan SDM

  • Gelombang infrasonik

Gelombang infrasionik merupakan gelombang bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz. Pada umumnya gelombang infrasonik hanya dapat didengar oleh hewan namun tidak semua jenis hewan dapat mendengar gelombang bunyi infrasonik ini. Hewan yang dapat mendengar gelombang bunyi infrasonik contohnya adalah jangkrik.

  • Gelombang Audiosonik

Gelombang audiosonik yang memiliki frekuensi antara 20 Hz sampai 20 Khz. Gelombang bunyi ini adalah gelombang bunyi yang dapat didengar oleh manusia. Namun pendengaran manusia akan berkurang seiring bertambahnya usia, Hal ini menyebabkan tidak semua bunyi audiosonik dapat didengar oleh manusia terutama pada saat usia lanjut.

  • Gelombang ultrasonik

Gelombang ultrasonik merupakan gelombang bunyi yang mempunyai frekuensi di atas 20 khz. Gelombang bunyi ini hanya dapat didengar oleh binatang tertentu misalnya lumba-lumba dan kelelawar. Kelelawar biasa menggunakan frekuensi ultrasonik sebagai navigasi ketika kelelawar sedang terbang di dalam kegelapan. Frekuensi ultrasonik ini membantu kelelawar untuk menemukan jalan dan memangsa mangsanya.

Frekuensi ultrasonik ini akan menghasilkan bunyi yang dipantulkan oleh benda-benda di sekelilingnya yang di mana benda tersebut akan menghasilkan pantulan bunyi yang akan ditangkap oleh kelelawar, sehingga kelelawar dapat mengetahui jarak benda yang ada di sekelilingnya. Selain bermanfaat untuk kelelawar gelombang ultrasonik juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari bidang kedokteran bidang industri dan bidang-bidang lainnya. Adapun manfaat dari ultrasonik adalah sebagai berikut

Manfaat Gelombang Ultrasonik

  1. Diagnosa dan pengobatan

Selain bermanfaat untuk kelelawar ternyata gelombang ultrasonik juga dapat bermanfaat untuk diagnosa dan pengobatan. Pemanfaatan ini digunakan dalam bidang kedokteran, biasanya gelombang ultrasonik akan membantu untuk mendiagnosa berbagai penyakit yang dialami oleh pasien dan juga membantu untuk proses pengobatan seseorang yang sedang terkena penyakit.  (baca juga : manfaat olahraga bagi tulang)

  1. Menghancurkan tumor

Selain digunakan untuk mendiagnosa ternyata sinar ultrasonik juga dapat digunakan untuk menghancurkan tumor, sebab gelombang ultrasonik ini dapat digunakan untuk merusak jaringan tubuh yang di mana jaringan-jaringan tubuh tersebut tidak seharusnya berada di dalam tubuh Misalnya saja seperti tumor. (baca juga : manfaat berenang, manfaat latihan kelenturan tubuh)

  1. Menghancurkan batu ginjal

Selain bermanfaat untuk menghancurkan tumor ternyata gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal yang terdapat dalam tubuh. Sehingga di dalam medis gelombang ultrasonik ini dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pengobatan pasien baik itu pasien yang menderita tumor atau batu ginjal. Proses pengobatan menggunakan gelombang ini adalah gelombang ultrasonik dimanfaatkan untuk merusak jaringan jaringan yang terdapat dalam tubuh. Selain itu batu ginjal juga dapat disembuhkan dengan kebiasaan baik seperti olahraga baik itu olahraga yoga maupun olahraga biasa, karena hidup sehat akan membuat tubuh menjadi lebih baik, maka dari itu perlu anda ketahui beberapa manfaat seperti  manfaat yoga, manfaat olahraga guling lenting

  1. Mempelajari bagian-bagian tubuh

Gelombang bunyi juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui bagian-bagian tubuh yang di mana bagian-bagian tubuh tersebut tidak boleh terkena oleh sinar X. Contoh dari bagian-bagian tubuh yang tidak boleh terkena sinar x adalah bagian tubuh ketika seseorang memiliki janin di dalam kandungannya. Karena sinar X tidak baik untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Untuk itu bagi ibu hamil sebaiknya menghindari sinar-x terlebih dahulu agar kesehatan janin tetap terjaga.

  1. Membunuh bakteri dalam makanan yang diawetkan

Gelombang ultrasonik juga dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri dalam makanan yang diawetkan, sebab dengan adanya gelombang ultrasonik ini akan membantu merusak jaringan-jaringan atau membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam makanan yang diawetkan. Sehingga makanan makanan yang diawetkan terhindar dari berbagai macam bakteri dan makanan yang diawetkan tetap menjadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Sinar Ultrasnonik memang sangat baik dimanfaatkan untuk beberapa hal. Seperti yang telah dijelaskan diatas, karena meskipun dalam makanan kering. Bakteri tetap terkadang masih ada dan menempel pada makanan tersebut.

  1. Membuat campuran logam

Gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk campuran logam, gelombang ultrasonik dimanfaatkan untuk campuran logam agar logam tersebut menjadi rata sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih bagus.

  1. Remote control

Adanya gelombang ultrasonik juga dapat dimanfaatkan untuk membuat remote control, sehingga dengan adanya gelombang ini akan membantu seseorang yang menggunakan remote control dalam pekerjaannya atau saat bermain.

  1. Mengukur kedalaman laut

Adanya gelombang ultrasonik dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut, cara mengukur kedalaman laut menggunakan gelombang ultrasonik adalah menggunakan sebuah alat yang disebut fathometer. fathometer merupakan alat yang terdiri dari pemancar yang mengirimkan pulsa gelombang ultrasonik ke dasar laut dan juga alat penerima pulsa pantulan dari gelombang ultrasonik. Dengan adanya bantuan alat tersebut akan membantu untuk mengukur kedalaman laut yang ingin kita ketahui. Sehingga laut tersebuat dapat diperkirakan apakah laut itu aman ataukah tidak, karena terkadang banyak orang yang menggunakan laut untuk refreshing yaitu untuk berenang. Karena telah kita ketahui sangat banyak  manfaat berenang bagi kesehatan dan untuk membentuk tubuh

  1. Mengetahui jarak benda

Selain dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut ternyata gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk mengukur jarak benda antara benda yang satu dengan benda yang lainnya. Biasanya kelelawar juga menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengetahui benda yang ada di sekitarnya sehingga kelelawar dapat berjalan tanpa menabrak benda atau pepohonan yang ada di sekitarnya.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari adanya gelombang Ultrasonic, selain gelombang ultrasonik gelombang audiosonik dan juga gelombang infrasonik memiliki manfaat sendiri untuk kehidupan sehari-hari maupun bidang kedokteran bidang industri dan bidang-bidang lainnya. Hanya saja pada setiap gelombang memiliki fungsinya masing-masing.