10 Manfaat Garam Krosok sebagai Sumber Mineral Alami

Mungkin anak jaman sekarang sudah tidak mengenal lagi yang namanya garam krosok atau yang lebih dikenal dengan sebutan garam Kristal atau garam batu karena  memang garam jenis ini sudah sulit sekali ditemukan di pasaran. Alasannya jelas karena garam krosok sudah tidak lagi digunakan sebagai bagian dari bumbu masakan karena untuk alasan kesehatan lebih dianjurkan untuk menggunakan garam beriodium.

Manfaat Garam Krosok bagi Kesehatan

Jika bahkan untuk alasan kesehatan lebih dianjurkan mengkonsumsi garam beriodiom lalu apakah benar ada manfaat garam krosok bagi kesehatan? Well, ternyata beberapa penelitian memang menyatakan bahwa manfaat garam krosok sangatlah banyak bagi kesehatan walaupun mungkin sebaiknya tetap tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Bahan Utama Pembuatan Sabun Mandi

Garam krosok mengandung banyak sekali mineral alami yang sangat baik untuk kesehatan oleh karena itu tidak heran jika bahkan di industri modern garam krosok digunakan pula sebagai bahan utama pembuatan sabun mandi dan beberapa produk kosmetik lainnya. Kandungan mineralnya baik untuk menjaga elastisitas kulit dan dipercaya mampu meningkatkan peredaran darah.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Salah satu alasan mengapa garam krosok digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan sabun mandi atau produk kecantikan kulit karena memang garam ini baik untuk kesehatan kulit. Garam krosok adalah garam alami yang diambil langsung dari laut. Masyarakat tradisional sering memanfaatkan air laut untuk mengatasi masalah kulit dan hal yang sama juga bisa dilakukan menggunakan garam krosok.

  1. Digunakan untuk Detox

Menurut beberapa penelitian medis kandungan mineral alami yang terkandung dalam garam korosok dapat digunakan untuk detox. Detox sendiri merupakan proses alamiah tubuh dalam mengeluarkan racun atau material-material negatif lainnya. Garam krosok dapat digunakan di permukaan kulit dan mengeluarkan racun melalui pori-pori secara alami tanpa efek samping yang buruk bagi kesehatan.

  1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Memijat tubuh menggunakan garam krosok tak hanya baik untuk membuang sel kulit mati pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut tapi kandungan mineralnya juga dapat meresap ke dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancer memungkinkan sistem metabolisme tubuh bekerja secara maksimal.

  1. Meredakan Sakit Persendian

Sakit persendian diakibatkan oleh kondisi seperti rematik atau artitis mungkin tidak akan berakibat fatal tapi dapat mengganggu aktifitas sehari-hari Anda. Memijat bagian persendian yang sakit ternyata terbukti mampu membantu melancarkan peredaran darah dan melemaskan persendian sehingga dapat meredakan rasa sakitnya dan Andapun dapat melanjutkan aktifitas seperti biasa.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Walaupun sudah banyak produk kesehatan yang dapat membantu menghilangkan bau badan tapi perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut sifatnya hanya sementara saja dan sama sekali tidak mengatasi akar masalahnya. Menggunakan garam krosok merupakan cara alami untuk menghilangkan bau badan yang sudah dipercaya secara turun temurun.

  1. Baik untuk Kesehatan Rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit ternyata garam krosok juga baik untuk kesehatan rambut. Yang sering orang lupa adalah bahwa untuk menjaga kesehatan rambut ada satu bagian yang juga harus selalu dijaga kesehatan dan kebersihannya yaitu kulit kepala. Memijat kulit kepala Anda secara teratur menggunakan garam krosok dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengontrol produksi sebum di kulit kepala sehingga membuatnya tetap bersih dan segar.

  1. Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu merupakan salah satu kondisi yang sering sekali dialami oleh hampir seluruh kalangan masyarakat namun tidak banyak orang yang tahu bahwa hanya dengan memanfaatkan mineral-mineral alami yang terkandung dalam garam krosok mampu mengatasi pegal linu secara alami dan hasilnyapun sangat efektif.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh yang baik adalah kunci bahwa tubuh Anda sehat. Memastikan bahwa sistem metabolisme Anda bekerja secara optimal sangatlah penting. Beberapa penelitian medis menghubungkan khasiat dan manfaat garam krosok dengan meningkatnya sistem metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan mineral alami yang terkandung dalam garam krosok. Tidak ada salahnya sekali dua kali mengganti garam beriodium Anda dengan garam krosok untuk mengoptimalkan asupan mineral pada tubuh Anda.

  1. Mengatasi Masalah Pernafasan

ada banyak sekali masalah pernafasan dari yang paling umum seperti hidung tersumbat sampai asma. Kandungan mineral alam pada garam krosok dapat mengatasi beberapa masalah pernafasan dengan membantu melegakan saluran pernafasan. Pada penderita hidung tersumbat atau sinus bisa merendam garam krosok pada sebaskom air hangat kemudian dihirup untuk membantu melegakan saluran pernafasan.

Perlu untuk diingat bahwa garam krosok sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan dan kalaupun dikonsumsi sebaiknya tidak secara rutin hanya untuk alasan kesehatan saja. Adapaun manfaat garam krosok seperti yang disebutkan di atas biasanya hanya untuk pemakaian luar saja. Masyarakat tradisional Indonesia saat ini masih menggunakan garam krosok untuk mengawetkan ikan untuk dibuat ikan asin karena memang selain harganya murah kualitasnya hasilnya juga lebih baik dibandingkan dengan garam impor atau garam produksi.