9 Manfaat Yodium Bagi Tubuh Manusia

Yodium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi perkembangan dan kesehatan tubuh. Biasanya yodium ditemukan pada unsur-unsur laut yang ada di laut, seperti manfaat garam dan manfaat ikan laut serta tumbuhan laut, seperti manfaat rumput laut dan ganggang.

manfaat yodiumApa Itu Mineral Yodium ?

Yodium sendiri merupakan mineral yang memiliki nomor atom 53 dengan lambang “I” yang merupakan kepanjangan dari Iodium. Biasanya yodium sangat mudah ditemukan pada penggunaan garam dapur dan dapat dengan mudah kita lihat dari labelnya, yaitu garam beryodium. Yodium sendiri diolah menjadi bentuk-bentuk Kristal dan dapat dengan mudah dicampur ke dalam garam dan jenis makanan dan produk olahan lainnya yang biasa dikonsumsi oleh manusia.

Mengapa Tubuh Membutuhkan Yodium ?

Pada dasarnya, manusia tidak dapat memproduksi yodium sendiri, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya akan yodium, manusia wajib mengkonsumsi bahan-bahan makanan konsumsi yang memiliki kandungan yodium. Untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan yodium dalam satu hari.

Tubuh memang sangat membutuhkan yodium dalam asupan sehari-hari. Namun apa saja sih yang menjadi manfaat yodium yang penting bagi tubuh kita?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari yodium bagi tubuh :

1. Menjaga fungsi kelenjar tiroid

Fungsi paling utama dan paling penting bagi kesehatan tubuh ialah menjaga kesehatan dan fungsi dari kelenjar tiroid yang ada di dalam tubuh. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang terletak pada bagian leher di bawah laring (larynx) atau rongga pernapasan. Kelenjar ini ternyata memiliki fungsi dan yang sangat penting bagi tubuh kita. Apa saja manfaat kelenjar tiroid bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kelenjar tiroid bagi kesehatan tubuh :

  • Mengatur kecepatan pembakaran energi yang masuk ke tubuh
  • Memproduksi manfaat protein untuk tubh
  • Mengatur dan menghasilkan pembentukan hormone tubuh.

2. Mencegah gondok

Gondok merupakan penyakit yang memiliki gejala yang berupa pembengkakan pada kelenjar tiroid. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kelenjar tiroid fungsinya sangat tergantung oleh asupan manfaat yodium dalam makanan. Apabila tidak tercukupi asupan yodiumnya, maka kelenjar tiroid ini akan mengalami pembengkakan dan menyebabkan penyakit gondok.

Biasanya penyakit gondok ditandai dengan munculnya benjolan yang besar pada daerah leher. Memang penyakit ini tidaklah berbahaya, namun tetap saja jenis penyakit ini akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

3. Mencegah keterbelakangan mental

Yodium memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting terhadap perkembangan mental dan kecerdasan seseorang. Maka dari itu, hingga saat ini, para produsen garam dapur wajib memasukkan yodium ke dalam garam hasil produksi mereka. Manfaat yodium diketahui dapat membantu perkembangan dari mental dan kecerdasan seseorang. Kekurangan asupan yodium dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keterbelakangan mental / mental retardation / intelligence disability.

Biasanya, penderita keterbelakangan mental memiliki ciri :

  • Nilai IQ yang rendah
  • Kesulitan bersosialisasi dan beraktivitas secara normal
  • Memiliki bentuk tubuh dan kepala yang mengalami kelainan

4. Perawatan Kulit yang Mengalami Penyakit karena Jamur

Apabila anda memiliki gangguan pada kulit yang disebabkan oleh persebaran dan infeksi dari jamur, maka yodium dapat menjadi perawatan yang tepat bagi kulit anda. Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan dan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur :

  • Eksim
  • Kudis
  • Kurap
  • Kuti air
  • Kusta / lepra

Konsumsi yodium mampu untuk membantu proses perawatan yang dilakukan oleh anda secara teratur.

5. Pembunuh Kuman pada Luka Luar

Ketika tubuh anda, terutama tubuh bagian luar mengalami luka, anda pasti akan merasa khawatir apakah anda akan mengalami infeksi berkepanjangan atau tidak. Biasanya setelah mengalami luka karena terjatuh, terparut atau teriris, anda akan langsung membersihkan luka tersebut dengan air bersih yang mengalir.

Namun, daripada repot mencari air, anda dapat langsung menutulkan sejumput garam, pada bagian tubuh anda yang mengalami luka. Hal ini akan membunuh kuman yang menempel pada luka anda secara cepat dan instant, sehingga anda tidak perlu khawatir akan mengalami infeksi. Selain garam, manfaat lidah buaya untuk kulit juga mampu mengatasi luka.

6. Dapat Mencegah Stroke

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari asupan yodium sehari-hari adalah dapat mencegah stroke. Anda tentunya sudah mengetahui apa itu stroke, dan bahaya dari penyakit stroke ini. Salah satu tindakan pencegahan dari stroke yang dapat anda coba adalah konsumsi yodium yang cukup dan usahakan agar anda tidak mengalami kekurangan yodium, karena akan berakibat buruk bagi kesehatan anda.

Khasiat ini juga ditemui pada :

7. Mencegah penyakit pada mata

Manfaat yodium juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Beberapa penelitian secara medis menerangkan bahwa kandungan yodium, serta asupan yodium ke dalam tubuh secara tepat dan teratur dapat menghindarkan anda dari resiko mengalami penyakit pada mata. Beberapa jenis penyakit mata yang dapat icegah kerena kekurangan yodium antara lain :

  • Rabun ayam
  • Katarak
  • Rabun dekat dan rabun jauh
  • Mata silindris
  • Dapat juga memperbaiki penglihatan mata yang sudah menurun

8. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat lainnya dari kandungan yodium ialah yodium mampu membantu anda dalam mencegah kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang ditakuti, terutama oleh para kaum wanita. Sehingga dengan mengkonsumsi yodium secara teratur dan tepat, anda dapat tehindarkan dari resiko anda terserang kanker payudara.

Top Untuk Kanker

  1. Manfaat keladi tikus
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat paprika
  4. Manfaat mengkudu
  5. Manfaat kunyit putih
  6. Manfaat sari buah merah
  7. Manfaat bawang putih
  8. Manfaat air lemon
  9. Manfaat daun afrika
  10. Manfaat semut jepang

9. Menjernihkan Air Minum

Saat ini mineral yodium juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran yang ada pada penjernih air minum. Beberapa kondisi menyebabkan air minum yang disuplai ke rumah-rumah memiki kondisi kotor dan berwarna tidak jernih. Yodium bersama dengan bahan-bahan lain dapat membantu menjernihkan air yang keruh dan berwaran tersebut.

Bagaimana memperoleh yodium?

Selain dengan cara menambahkan garam pada masakan yang anda olah, ada beberapa jenis bahan alami yang memiliki kandungan yodium yang cukup tinggi. Kebanyakan bahan alami ini merupakan biota-biota yang berasal dari lautan, yakni pada manfaat makanan laut (seafood).

Berikut ini beberapa bahan alami yang memiliki kandungan yodium yang tinggi :

  1. Manfaat Kerang
  2. Manfaat Ikan Cod
  3. Manfaat Udang
  4. Manfaat Kepiting
  5. Manfaat Ikan Salmon
  6. Manfaat Sarden
  7. Manfaat Ikan Tuna
  8. Manfaat Rumput Laut
  9. Manfaat Susu Sapi
  10. Manfaat Bayam
  11. Manfaat Bawang
  12. Manfaat Pisang
  13. Manfaat Kacang Tanah
  14. Manfaat Telur
  15. Manfaat Kentang

Itulah beberapa manfaat yang penting dari yodium yang harus kita penuhi kebutuhan sehari-harinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.