10 Manfaat Energi Air bagi Industri dan Wisata

Air merupakan suatu unsur pembentuk paling banyak di bumi bahkan disebut sebagai sumber kehidupan. Air memiliki ikatan yang erat dengan kelangsungan hidup makhluk di bumi.  Sebab makhluk hidup butuh minum yang berasal dari manfaat air putih. Air yang termasuk dalam salah satu energi yang dapat diperbaharui memiliki peran yang sangat penting sebagai energi alternatif.

Indonesia yang memiliki luas perairan yang lebih dari luas daratan menjadikannya sebagai negara maritim, sehingga dapat disimpulkan banyaknya wilayah perairan di indonesia dapat menjadi sebuah keuntungan yaitu sebagai mata pencaharian bagi masyarkatnya dan sebagai sumber energi alternatif. Sebagai mata pencaharian yaitu nelayan yang mencari ikan dilaut serta berbagai pekerjaan lainnya, serta sebagai sumber energi alternatif seperti arus sungai yang deras sebagai penggerak turbin. Manfaat energi air dapat di jelaskan sebagai berikut

  1. Sebagai Energi alternatif

Air sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui menjadi salah satu terobosan untuk dijadikan sebagai energi alternatif. Selama ini energi yang banyak digunakan yaitu minyak bumi . minyak bumi atau gas alam merupakan hasil dari pembusukan fosil – fosil zaman dahulu sehingga hasil minyak bumi apabila habis tidak bisa didapatkan secara mudah sebab harus menunggu jutaan tahun agar terbentuk minyak dari proses pembusukkan sehingga diperlukan energi alternatif.  Energi air yang dapat diguanakan sebagai energi alternatif yaitu energi dari aliran sungai maupun energi air dari sebuah bendungan.

2. Penggerak turbin

Seperti penjelasan diatas air memiliki manfaat sebagai energi alternatif. Salah satunya menjadi penggerak turbin. Turbin dimanfaatkan pada perusahaan pembangkit listrik. Turbin merupakan susunan penggerak awal atau disebut penggerak mula, komponen penggerak mua meruakan komponen turbin yang langsung bersentuhan dengan air dari komponen pembangkit listrik. Pada umumnya penggerak mula memiliki 2 jenis yaitu turbin dan kincir. Penggunaan kincir maupun turbin dipilih dengan pertimbangan kondisi aliran air dan tempat pemasangan. Turbin digunakan untuk menghasilkan gerakan dari energi air yang mengalir dan memiliki tempat cakupan yang besar (digunakan untuk skala besar). Sehingga daya alir mengalir memiliki manfaat untuk menggerakkan turbin sebagai komponen pembangkitan listrik.

  3. Pembangkit listrik tenaga air

Manfaat sumber daya air selanjutnya yaitu sebagai pembangkit listrik. Listrik sudah menjadi energi yang dibutuhkan oleh seluruh rakyat dunia, hingga maju tidaknya suatu negara dinilai dari banyaknya daerah yang dialiri listrik. Kebanyakan listrik yang dihasilkan biasanya berasal dari pembakaran batu bara (secara konvensional) kemudian hasil pembakaran dan pengelolaan tersebut menghasilkan listrik yang akan disalurkan ke semua pengguna. Batu bara merupakan hasil bumi yang bisa habis dan termasuk sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga terdapat alternatif yang berhasil dikembangkan saat ini untuk menghasilkan listrik yaitu dengan sel surya (menghasilkan listrik dari energi sinar matahari) serta pembangkitan listrik tenaga air.

Hal ini menjadi suatu inovasi yang diunggulkan serta menjadi jalan terbaik untuk menggunakan energi air sebagai sumber daya alternatif pengganti minyak bumi. Air yang memiliki siklus terus menerus, sehingga diperkirakan tidak akan habis kecuali hari kiamat, sehingga teknologi semakin pesat untuk meenghasilkan cara untuk membangkitkan listrik dari tenaga air. Energi air diperlukan untuk menggerakkan  turbin atau kincir, kemudian pergerakan dari air akan menciptakan perputaran komponen generator sehingga energi mekanik yang dihasilkan oleh aliran air akan dirubah menjadi energi listrik.

       4. Mesin penggiling gandum

Manfaat air tidak hanya digunakan sebagai pembangkit listrik, energi air juga dimanfaatkan sebagai energi penggerak dari mesin. Salah satu mesin yang menggunakan air sebagai sumber energi yaitu mesin penggiling gandum. Gandum merupakan bahan baku untuk produksi tepung, di mana tepung banyak dimanfaatkan pada industri makanan sehingga proses pengolahan gandum menjadi tepung sangat diperlukan cara yang baik dengan metode terbaik. Sebelum mesin penggiling gandung yang beroperasi dengan energi listrik. Mesin penggiling gandum dengan tenaga air sangat populer dan menjadi metode penggiling gandum tradisional. Alternatif energi air untuk menggerakkan mesin penggiling gandum lebih murah serta menjadi cara ketika mesin penggiling gandum dengan listrik membutuhkan biaya yang mahal.

       5. Mesin pemintal benang

Produk baju atau segala fashion yang di hasilkan dari bahan dasar kain memiliki proses pengelolaan yang panjang. Diawali dari hasil tumbuhan kapuk atau kapas kemudian di hasil kapas di pintal menjadi benang, hasil dari helai-helain benang dipintal kembali untuk menjadi serat-serat kain, kemudian kain melewati proses pembentukan dan penjahitan sehingga menjadi sebuah produk busana. Suatu kemajuan saat itu terdapat penemuan mesin pemintalan kapas menjadi benang dengan menggunakan mesin pemintal dengan tenaga air.

Pada saat ditemukan inovasi pemintalan dengan tenaga air, kemajuan produksi benang hingga kain menjadi sangat pesat serta produksi skala besar bisa tercapai waktu itu. Tenaga air digunakan sebagai penggerak mesin sehingga pekerjaan mesing akan dilakukan sendiri serta dengana pengawasan dari buruh sehingga kerja buruh pemintal saat itu sudah agak ringan. Menurut sejarah Richard Arkwright sebagai orang yang disebut penemu mesin pintal tenaga air, penemuan mesin tersebut mengawali sebuah perkembangan industri kain. PAsca ditemukan mesin pmintal ini mengawali perkembangan adanya kain dengan bahan dasar kapas atau kain katun.

 6. Tempat usaha perikanan

Energi air selain menjadi penggerak kincir maupun mesin memiliki manfaat sebagai tempat usaha perikanan. Air sebagai tempat hidup ikan dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan hasil usaha perikanan seperti pembuatan empang dengan air diam dapat berguna untuk perkembangbiakan ikan air tawar. Selain itu energi riak air yang alami maupun buatan diperlukan untuk usaha perkembangan biakan ikan hias.

  7. Tempat wisata

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak sekali tempat wisata yang patut untuk dikujungi. Dari berbagai tempat wisata yang ada di nusantara ini terdapat dua jenis paling populer yaitu wisata air atau wisata pegunungan. Wisata air merupakan tujuan wisata yang menyuguhkan pemandangan air seperti

  • pantai yang menyuguhkan indahnya ombak yang merupakan energi air yang menggulung hingga ke pantai
  • pemandangan air terjun yang menyuguhkan keindahan air terjun yang mengalir dari dataran tinggi ke teempat yang lebih rendah sehingga menciptakan deburan air di antara batu – batu yang ada dibawahnya.
  • Bendungan atau tempat penyimpanan air dengan tujuan tertentu juga bisa menjadi sebuah tujuan wisata edukasi untuk mengenalkan fungsi bendungan.

8. Manfaat mikrohidro

Energi air saat ini dikembangkan untuk melanjutkan inovasi untuk memanfaatkan energi air dengan sekala kecil (mikro) sebagai pembangkit listrik. Salah satu permasalahan kesejahteraan di indonesia yaitu belum semua daerah mendapat penerangan dan manfaat listrik yang baik. Terpencilnya sebuah daerah menjadi alasan utama sulitnya akses listrik ke daerah tersebut. Mikrohidro diharapkan dapat menjadi cara alternatif untuk menghasilkna listrik di daerah terpencil, sebab cara kerja mikrohidro yaitu menghasilkan listrik dari aliran air yang kecil.

Demikian manfaat penggunaan energi air di masa modern ini. Semakin majunya suatu peradaban ditandai dengan banyaknya cara-cara alternatif yang berhasil ditemukan untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam hal ini energi air menjadi alternatif.