15 Manfaat Kacang Tanah Sangrai untuk Kesehatan dan Vitalitas

Santai sambil menonton televisi paling enak dilakukan sambil mengunyah camilan seperti kerupuk, snack, keripik, pop corn, atau kacang. Ya, kacang memang menjadi salah satu pilihan camilan karena rasanya yang enak dan gurih. Ternyata pilihan anda tidak salah karena kacang-kacangan termasuk kacang tanah sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Diantaranya protein nabati, lemak, vitamin E, zat besi, kalsium, fosforus, vitamin B kompleks, lisitin, magnesium, vitamin K, asam folat, serat, antioksidan, dan kolin.

Baca juga:

Ada beragam cara pengolahan kacang tanah, bisa direbus, digoreng, atau disangrai. Cara terakhir merupakan cara pengolahan kacang yang sangat baik karena tidak menggunakan minyak goreng sehingga bisa meminimalisir asupan minyak jenuh pada tubuh namun kita masih bisa mendapatkan rasa kacang yang garing dan renyah. Selain itu tentu saja lebih hemat karena tidak memerlukan minyak goreng. Cukup bermodal pasir dan garam kita sudah bisa membuat kacang tanah sangrai.

Meskipun kacang tanah kerap dituding sebagai penyebab jerawat dan kegemukan namun dengan konsumsi yang tepat dan tidak berlebihan ada beragam manfaat yang bisa kita peroleh diantaranya:

1. Sumber antioksidan

Kacang-kacangan termasuk kacang tanah mengandung senyawa antioksidan seperti asam p-coumaric. Kandungan antioksidan ini semakin meningkat jika kacang tanah diolah dengan cara disangrai sehingga dengan mengonsumsi kacang tanah sangrai secukupnya dapat membantu mencukupi kebutuhan antioksidan tubuh kita. Bahkan kandungan antioksidan pada kacang tanah sangrai lebih tinggi daripada kandungan antioksidan pada buah bit, apel, atau wortel.

Baca juga: manfaat antioksidan – sumber antioksidan

2. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas

Dengan cukupnya kadar antioksidan di dalam tubuh dapat membantu melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga kerusakan sel dapat dicegah. Apalagi pada zaman sekarang dimana lingkungan sekitar yang penuh polusi turut menyumbang radikal bebas bagi tubuh kita. Oleh karena itu yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan pertahanan tubuh dengan mencukupkan kebutuhan antioksidan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi kacang tanah sangrai.

Baca juga: manfaat eturol – manfaat ever e

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada kacang tanah sangrai juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini yang terlihat dari mulai munculnya kerutan di sekitar mata. Buktinya antioksidan sering dimasukkan sebagai salah satu komponen dalam pembuatan berbagai produk perawatan kulit dan kosmetik.

Baca juga: manfaat wortel – 17 manfaat lengkuas untuk kesehatan dan kecantikan


4. Sebagai aromaterapi

Kacang tanah mengandung minyak yang jika ditumbuk dan disangarai lama-kelamaan akan mengeluarkan minyak. Minyak ini akan menghasilkan aroma yang khas dan ringan yang dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Seperti aromaterapi lainnya, menghirup aroma kacang tanah sangrai ini dapat membuat pikiran lebih rileks.

5. Meningkatkan vitalitas pria

Kacang tanah sangrai juga sangat baik bagi anda para pria dewasa yang telah menikah dan ingin meningkatkan vitalitasnya. Hal ini didukung oleh tingginya kandungan protein pada kacang tanah yang dapat membantu meningkatkan hormon testosteron dan libido pria.

Baca juga: manfaat madu bagi pria – manfaat lintah hitam papua

6. Meningkatkan ketahanan tubuh

Kondisi lingkungan sekitar yang semakin tidak sehat membuat kemungkinan tubuh kita terserang penyakit menjadi lebih besar. Untuk itu yang penting untuk dilakukan adalah meningkatkan ketahanan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti kacang tanah sangrai yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh sehingga tubuh lebih sehat, fit, dan prima.

Baca juga: manfaat sirsak – manfaat madu

7. Mencegah penyakit jantung

Berbagai kandungan nutrisi pada kacang tanah juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung sehingga kita terhindar dari penyakit mematikan ini. Hal ini sudah diteliti oleh para ahli dan diketahui bahwa konsumsi kacang sebanyak 140 gram dalam satu minggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 35 persen.

8. Sebagai camilan diet

Lho bukannya kacang justru bisa membuat tubuh gemuk? Ya, tetapi dengan konsumsi yang tepat dan sesuai porsinya kacang tanah justru bisa dimanfaatkan sebagai camilan saat diet. Caranya jika anda mengonsumsi kacang tanah maka kurangi asupan kalori dari makanan lain sehingga jumlah kalori dalam tubuh tidak berlebihan dan sebaiknya takar dahulu kacang tanah yang akan dikonsumsi sehingga tidak kebablasan. Hal ini sangat memungkinkan karena mengonsumsi kacang dapat membuat perut terasa kenyang. Selain itu butuh waktu agak lama untuk mengonsumsi kacang karena harus dikunyah terlebih dahulu sehingga membuat kita merasa sudah makan banyak setelah mengonsumsi kacang.

Baca juga: manfaat apel – manfaat daun salam untuk diet

9. Meningkatkan kadar kolesterol baik/HDL

Seperti yang diketahui ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Tentu saja yang lebih baik bagi tubuh adalah kolesterol baik yang bisa ditingkatkan kadarnya dengan mengonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang tanah. Apalagi kacang tanah sangrai yang tidak terkontaminasi minyak goreng sehingga mencegah asupan lemak jenuh ke dalam tubuh.

10. Meningkatkan daya ingat

Ingin daya ingat anda meningkat? Maka mengonsumsi kacang tanah adalah salah satu caranya. Hal ini didukung oleh kandungan niacin atau vitamin B3 yang memang dikenal sebagai nutrisi otak sehingga daya ingat anda menjadi lebih kuat dan menjadikan otak lebih sehat.

Baca juga: manfaat makanan manis – manfaat tidur siang

11. Sumber lemak sehat

Kacang tanah memang mengandung lemak namun jenis lemaknya adalah lemak sehat yaitu lemak tak jenuh tunggal sehingga jika dikonsumsi secukupnya dapat menjadi sumber asupan lemak yang baik bagi tubuh.

12. Menjaga kesehatan dan kelancaran pembuluh darah

Pengerasan pembuluh darah adalah masalah yang cukup serius karena bisa mengganggu kelancaran peredaran darah. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kacang tanah terutama kacang tanah yang disangrai tanpa atau hanya dengan sedikit garam. Selain itu kacang tanah juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah.

Baca juga: manfaat olahraga untuk jantung – manfaat buah kiwano

13. Meredakan stres atau depresi

Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dikenal mampu meredakan stres atau depresi. Hal ini didukung oleh kandungan senyawa tryptophan pada kacang tanah yang berperan penting dalam produksi serotonin. Serotonin inilah yang mempengaruhi mood seseorang. 


14. Membantu pembentukan otot

Tercukupinya asupan protein dengan mengonsumsi kacang tanah berdampak baik pada pembentukan otot terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu ibu-ibu jangan ragu memasukkan menu kacang tanah sebagai menu harian asalkan diberikan sesuai porsinya.

Baca juga: 15 manfaat push up secara rutin – manfaat whey protein

15. Menguatkan tulang dan gigi

Kacang tanah juga mengandung kalsium sehingga bermanfaaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Sangat bermanfaat bukan? Intinya adalah mengonsumsi kacang tanah sangrai sesuai porsi dan kebutuhan sehingga semua manfaat di atas bisa didapatkan tanpa perlu takut kegemukan. Namun ada juga sebagian orang yang memiliki alergi terhadap kacang tanah sehingga memang sebaiknya mencari alternatif lain untuk memenuhi asupan nutrisinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 13th, September 2017 / 04:56 Oleh :
Kategori : Makanan