15 Manfaat Daun Ubi Kayu Yang Belum Diketahui

Manfaat Daun Ubi KayuDaun ubi kayu atau daun singkong sudah sejak lama dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sayuran yang bisa diolah dengan cara tumis, sayur berkuah dan juga rebus untuk lalapan serta berbagai sayuran lainnya. Daun ubi kayu adalah daun yang cukup unik dimana mengkonsumsi daun ini bisa menambah selera makan seseorang. Tekstur daun ubi kayu yang kasar membuat tanaman ini sangat cocok diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ada banyak nutrisi yang terdapat dalam daun ubi kayu ini tidak hanya manfaat singkong atau ubi kayu saja yakni seperti protein, serat, karbohidrat, antioksidan, kalsium, fosfor, zat besi dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B17. Tidak hanya bagian umbi-nya saja yang memiliki banyak khasiat dan bisa dikonsumsi, namun manfaat daun ubi kayu juga cukup banyak dari mulai sebagai makanan, obat luar dan bahkan menyembuhkan penyakit dalam yang beberapa diantaranya adalah penyakit berbahaya.

  1. Mengobati Stroke

Dari sebuah penelitian yang sudah dilakukan para ahli membuktikan jika daun ubi kayu terbukti mampu untuk menyembuhkan stroke. Ini dikarenakan kandungan isoflavon dalam daun ubi kayu yang memang sangat dibutuhkan untuk mengobati stroke secara alami.

  1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C tinggi dalam daun ubi kayu bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kandungan vitamin C paling tinggi memang terkandung dalam daun ubi kayu dan bukan bagian umbinya sehingga untuk anda yang gemar berolahraga sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun ini.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Daun ubi kayu juga mengandung kadar vitamin A yang lumayan tinggi sehingga cukup efektif dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun ubi kayu sebanyak 3 kali seminggu, maka kesehatan mata anda akan terjaga dengan baik.

  1. Mencegah Osteoporosis

Daun ubi kayu juga bisa dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis karena mengandung kalsium dan fosfor cukup didalamnya. Kedua zat ini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan kepadatan tulang.

  1. Menyembuhkan Luka

Manfaat serat dan zat besi yang terkandung dalam ubi kayu juga cukup banyak dimana kedua ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan juga meminimalisisr timbulnya jaringan parut yang biasanya timbul sesudah luka sembuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Bagi beberapa orang baik pria maupun wanita, penuaan menjadi salah satu hal penting dan dihindari sehingga banyak orang yang melakukan operasi plastik atau suntik botox hanya untuk mendapatkan tampilan yang awet muda sebagai solusi kecantikan kulit. Akan tetapi, kedua cara ini tentunya sangat berbahaya dan sebagai alternatif, anda bisa mengkonsumsi daun ubi kayu sebagai pengganti perawatan non kimia untuk mendapatkan tampilan awet muda tanpa efek samping.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Jika anda memiliki masalah seputar rambut seperti membutuhkan waktu yang lama untuk memanjangkan rambut, maka daun ubi kayu bisa anda gunakan sebagai solusi alami yang murah. Bagian daun dan umbi dari ubi kayu ini sangat baik dijadikan dihaluskan sampai menjadi pasta yang nantinya akan digunakan pada rambut. Oleskan pasta daun ubi kayu ini pada rambut lalu diamkan selama 1 jam kemudian bilas dan lakukan 2 kali seminggu untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut secara alami.

  1. Meringankan Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi penyakit umum yang hampir dialami setiap orang di dunia dan beberapa diantaranya menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Daripada anda selalu mengkonsumsi obat, anda bisa mengkonsumsi jus dari 60 gram daun ubi kayu yang direbus dan diminum sebanyak 2 kali sehari untuk menghilangkan sakit kepala secara ampuh dan alami.

  1. Pencegahan Sel Kanker

Manfaat luar biasa berikutnya yang terkandung dalam daun ubi kayu adalah sebagai solusi kanker yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Kandungan vitamin B17 dalam daun ubi kayu ini sangat membantu dalam stimulasi kandungan di dalam sel darah merah sehingga pertumbuhan sel kanker bisa dicegah.

  1. Menyembuhkan Demam

Daun ubi kayu juga sangat baik digunakan untuk menyembuhkan demam. Agar bisa mendapatkan hasil terbaik, pakai juga tangkai daun ubi kayu untuk membuat rebusan. Rebus 400 gram daun ubi kayu beserta 80 gram batang daunnya dengan 1 liter air sampai tersisa setengahnya saja.

  1. Mengobati Rematik

Penyakit rematik adalah salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan persendian serta otot. Radang sendi, osteoporosis, lupus dan spondilitis merupakan beberapa contoh penyakit yang juga berkaitan dengan persendian serta otot. Dalam daun ubi kayu mengandung manfaat magnesium yang baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga kemungkinan rematik juga bisa diturunkan. Mengkonsumsi daun ubi kayu sudah cukup untuk memenuhi 1/3 kebutuhan magnesium harian. Untuk membuat ramuan alami mengobati rematik dengan tanaman ini, anda hanya perlumerebus 150 gram daun ubi kayu dengan beberapa sereh, sejumput garam dan 15 gram jahe. Rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga berkurang sekitar 400 cc lalu minum ramuan ini setiap pagi untuk mencegah rematik.

  1. Mengatasi Cacingan

Manfaat berikutnya dari daun ubi kayu adalah bisa mengurangi infeksi yang disebabkan nematoda pada saluran pencernaan. untuk mengkonsumsi daun ubi kayu sebagai obat cacing alami bisa dilakukan dengan membuat pasta dari daun ubi kayu lalu diminum hingga habis atau juga bisa mengkonsumsi daun ubi kayu rebus secara teratur.

  1. Menambah Nafsu Makan

Berbanding terbalik dengan manfaat singkong untuk diet, dalam daun ubi kayu juga berkhasiat untuk restorasi nafsu makan. Jika anda tidak nafsu makan sehabis sakit atau anak anak yang sudah makan bisa mengkonsumsi daun ubi kayu ini agar nafsu makan bisa kembali. Anda bisa merebus daun ubi kayu bersama jahe secukupnya kemudian minum setiap pagi sesudah bangun tidur.

  1. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Wanita dalam masa kehamilan membutuhkan manfaat vitamin C dan juga folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini bisa didapatkan dari daun ubi kayu sebab dalam setiap 1 cangkir daun ubi kayu mengandung 15% kebutuhan folat harian dan 47% kebutuhan kalsium harian. Anda bisa mencampur daun ubi kayu ini untuk memasak ikan atau daging sebagai menu nikmat selama masa kehamilan yang sangat menyehatkan.

  1. Mengatasi Penyakit Kwashiorkor

Kwashiorkor adalan penyakit yang bisa terjadi pada saat tubuh kekurangan protein. Dalam daun ubi kayu mengandung protein lisin yang sangat ampuh untuk melawan kondisi kekurangan protein untuk langkah pencegahan penyakit tersebut. untuk mengolah daun ubi kayu ini, pastikan dimasak sampai benar benar matang untuk menghilangkan racun yang terdapat didalamnya.

Dari ulasan kami diatas sudah terbukti jika manfaat daun ubi kayu tidak hanya sebatas sebagai pengganti sayuran saja, namun juga mengandung begitu banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata, rambut, kulit dan juga menangkal berbagai jenis penyakit berbahaya. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi daun ubi kayu khususnya karena harganya yang sangat murah dan mudah didapat ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran