10 Manfaat Rebusan Daun Ungu Sebagai Solusi Herbal

Daun ungu atau disebut juga dengan daun wungu merupakan tumbuhan obat yang berasal dari Polinesia dan Papua Nugini yang kemudian menyebar ke wilayah Indonesia. Daun ini juga dikenal dengan berbagai sebutan lain seperti daun temen temen, karotong, kobi kobi dan juga daun putri. Daun tanaman ini memiliki bentuk bulat yang bagian atasnya mengkilap berwarna ungu atau merah. Tanaman ini termasuk salah satu apotik hidup yang banyak ditanam di pekarangan rumah. Tidak hanya cantik untuk penghias taman, namun daun ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia yang beberapa diantaranya akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Melembutkan Kulit

Dalam daun ungu mengandung emolien yang sangat penting digunakan sebagai solusi kecantikan kulit. Daun ungu bisa mencegah sekaligus mengurangi kekeringan pada kulit serta melindungi kulit dari panas dan terik matahari sehingga bisa menjaga kelembaban kulit lebih tahan lama.

  1. Menyembuhkan Borok

Untuk menghilangkan bekas luka lama sekaligus mempercepat proses penyembuhan borok, daun ungu ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami. Untuk menggunakan daun ungu ini juga sangat mudah yakni dengan menghaluskan beberapa lembar daun ungu dengan sedikit air kemudian tempelkan pada bekas luka atau borok. Lakukan cara ini dengan teratur setiap hari hingga bekas borok bisa hilang.

  1. Menghilangkan Bisul

Daun ungu juga bisa digunakan untuk mempercepat pematangan bisul sehingga bisa kempes dan hilang. Untuk menggunakan daun ungu sebagai penghilang bisul juga sama seperti menyembuhkan borok yakni dengan menempelkan daun ungu yang sudah dihaluskan bersama sedikit air hingga menjadi pasta dan tempelkan langsung pada bisul.

  1. Memperlancar Menstruasi

Daun ungu memiliki manfaat khusus bagi wanita yakni melancarkan menstruasi. Tidak hanya bisa melancarkan menstruasi, namun daun ungu juga bisa mengatasi berbagai masalah yang timbul seperti menstruasi seperti sakit kepala, kram sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan ketika haid. Caranya, rebus 10 hingga 15 gram daun ungu dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun ungu tersebut sebelum dan saat sedang menstruasi.

  1. Mencegah Sakit Menopause

Tanaman yang memiliki daun berwarna ungu kemerahan ini tidak hanya bisa digunakan untuk memperlancar haid, namun juga bisa mengurangi rasa sakit ketika menopause. Terkadang, wanita yang mengalami menopause dini juga diikuti dengan rasa sakit yang bisa dicegah dengan daun ungu. Air rebusan daun ini bisa diminum dengan teratur untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan.

  1. Mengobati Bengkak

Ibu yang sedang dalam masa menyusui seringkali mengalami pembengkakan di area payudara yang menimbulkan rasa tidak nyaman serta sangat mengganggu. Salah satu solusi untuk mengatasi pembengkakan payudara tersebut adalah dengan mengkonsumsi daun ungu. Daun yang disebut dengan daun tobi tobi di Ternate ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan pada payudara namun juga mengobati pembengkakan karena benturan keras seperti memar sama seperti manfaat kapur sirih untuk payudara.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Dalam daun ungu juga memiliki sifat diuretik atau melancarkan proses urinasi. Sifat diuretik yang terkandung dalam daun ungu ini bisa meningkatkan kelancaran pembentukan urin sehingga buang air kecil bisa lancar yang sangat penting baik penderita batu ginjal seperti manfaat daun pandan untuk ginjal.

  1. Menurunkan Demam

Selain memiliki sifat diuretik, daun ungu juga memiliki sifat anti inflamasi dan antipiretik sehingga bisa juga digunakan untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam sama seperti manfaat angkak. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan minum air rebusan daun ungu ketika demam supaya suhu tubuh bisa cepat diturunkan.

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes atau sering disebut juga dengan penyakit gula bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat serta makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah dan mengatasi diabetes tersebut, maka sangat dianjurkan untuk minum air rebusan daun ungu secara teratur sebanyak satu kali sehari.

  1. Anti Plak Pada Gigi

Plak gigi bisa terbentuk dari sisa makanan atau kotoran yang masih tertinggal pada gigi yang kemudian mengalami pengerasan oleh air liur yang mengandung mineral. Untuk mengatasi masalah ini, mengkonsumsi daun ungu juga disarankan karena mengandung banyak senyawa kimia aktif yang bisa membersihkan dan menghilangkan plak sekaligus memutihkan gigi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal