Manfaat Daun Lembayung – Untuk Kesehatan – Ibu Menyusui

Daun lembayung atau daun kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber sayuran. Daun lemyung memiliki testur yang kasar dan keras sehingga sangat baik jika dikonsumsi pada daun yang masih muda saja. selain rasanya enak, daun lembayung juga memiliki kasiat dan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. daun lembayung memiliki banyak kandungan gizi diantaranya adalah karbohidrat, vitamin A, protein, kalori, lemak, fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin B serta zat BOD. Kandungan gizi yang ada di dalam daun lembayung ini tidak kalah dengan buah kacang panjangnya lho.

Manfaat daun lembayung

daun lembuyangSeperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa daun lembayung memiliki banyak kandungan gizi dan kasiatnya baik bagi tubuh, apa saja manfaatnya? Selengkapnya simak berikut ini

  • Mengobati pembengkakan payudara

Pembengkakan payudara ini seringklai dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan dan sedang dalam masa menyusui karena air susu yang keluar secara berlebihan dan karena saking kuatnya bayi menghisap susu. Cara menggunakannya sangatlah mudah yaitu dengan cara anda menyiapkan beberapa helai daun lembayung yang sudah tua atau yang berwarna hijau kemdian remas-remas daun lembayung yang sudah disiapkan tadi dan usapkan pada bagian payudara. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menggunakannya secara rutin supaya pembengkakan payudara tidak lagi terjadi.

  • Melancarkan buang air kecil

Manfaat daun lembuyang yang satu ini memang cukup unik. Jika anda mengalami permasalahan dengan buang air kecil anda juga bisa menggunakan daun lembayung untuk melancarkan urin keluar dari dalam tubuh. urin yang disimpan dalam tubuh terlalu akan sangat berbahaya karena di dalam urin mengandung racun dan toksin yang berada di dalam tubuh dan jika tidak dibuang, racun dan toksin yang sudah berada di dalam urin bisa kembali menyerang tubuh. menahan urin juga bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti sakit pada kambung kemih dan pencernaan.

Cara menggunakan daun lembayung untuk melancarkan air seni sangatlah mudah yaitu dengan cara menggunakan sekitar 50 gram daun lembayung yang sudah dicuci dengan bersih. Kemudian rebus hingga air mendidih kira-kira selama 30 menit saja. setelah matang diamkan sebentar kemudian saring dan minumlah air rebusan daun lembayung tersebut secara rutin tiap pagi dan sore hari. Jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula merah, daun salam dan sereh untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih nikmat.

  • Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok memang kerap kali membuat kepercayaan diri turun dan sangat merepotkan karena sampah rambut akan semakin menumpuk. Untuk mengatasi permasalahan rambut rontok anda juga bisa menggunakan daun lembayung sebagai solusinya. Bagaimana caranya? Sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah menyiapkan daun lembayung dan minyak kasturi. Daun lembayung yang memiliki banyak kasiat ini anda remas-remas atau tumbuk hingga daun hancur dan mengeluarkan aroma khas daun. Setelah itu tambahkan minyak kasturi supaya memberikan aroma yang sangat wangi dan usapkan pada kulit kepala sambil memijat-mijat secara pelan. Setelah itu anda bisa menggunakan kain atau handuk yang digunakan untuk membungkus kepala dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Supaya lebih efektif dan tidak memakan waktu bisa anda aplikasikan pada saat hendak tidur dan bungkusan kepala dibuka setelah bangun tidur dan kemudian langsung dikeramas hingga bersih.

  • Memperlancar produksi ASI

Bagi ibu yang baru saja melahirkan sangat penting untuk mendapatkan produksi asi yang lancar sehingga asupan gizi dan nutrisi kepada bayi tidak tersendat dan membuat bayi akan tetap sehat. hal ini sangat penting karena pada saat bayi berusia dibawah 6 bulan tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan lain selain ASI karena bisa merusak sistem pencernaan bayi. Bagi anda yang sedang menyusui anda bisa mengkonsumsi daun lembayung baik dijadikan lalap, sayur , atau olahan makanan lainnya. daun lembayung juga tidak memiliki rasa atau aroma yang tajam sehingga tidak akan membuat ibu menyusui mual dan muntah.

  • Memperlancar peredaran darah

Seperti dengan buahnya kacang panjang, daun lembayung juga sangat baik untuk peredaran darah supaya tetap lancar dan tidak terjadi penyumbatan. Darah merupakan salah satu cairan yang sangat penting bagi tubuh karena membawa oksigen ke dalam seluruh jaringan yang ada di dalam tubuh jadi jika terjadi penyumbatan tubuh akan beresiko mengalami berbagai penyakit bahkan jenis penyakit yang serius seperti stroke, jantung dan liver.

  • Sebagai pupuk kompos

Daun lembayung yang sudah tua juga bisa dijadikan pupuk kompos karena teksturnya yang keras dan kasar sehingga tidak enak jika dikonsumsi. Oleh karena itu daun lembayung yang sudah tua bisa dijadikan pupuk kompos sebagai alternatif penggunaannya. Cara membuat pupuk kompos dengan menggunakan daun lembayung ini adalah dengan memotong daun lembayung kecil-kecil dan mencampurnya dengan tanah atau pupuk kandang yang sudah disiapkan.

Demikian, beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari daun lembayung. Daun lembayung ini juga sangat mudah ditemukan karena sudah dijual baik di swalayan maupun di pasar tradisional.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan