3 Manfaat Daun Binahong untuk Mata Sehat

Berbicara mengenai tanaman toga berbeda dengan manfaat daun sirih merah untuk kolesterol, ada berbagai jenis toga yang memiliki banyak sekali manfaat. Di Indonesia sendiri tanaman toga mudah dijumpai di alam liar ataupun di tanam, pada umumnya toga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat tradisional seperti jamu. Mulai dari toga jenis rempah hingga toga jenis daun. Dari semua jenis toga yang ada, kebanyakan orang lebih suka menanam toga jenis daun. Selain karena mudah ditanam, jenis toga yang satu ini juga sangat mudah untuk diolah. Dari kebanyakan jenis toga daun, ada salah satu jenis toga daun yang digemari orang.

Yaitu daun binahong, daun ini memiliki nama latin Bassela rubra linn dan merupakan salah satu jenis tanaman obat dari Korea. Tanaman binahong sendiri umumnya dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Namun akan sangat baik jika ditanam di wilayah asia seperti Indonesia. Walaupun sebagai tanaman obat ataupun toga, binahong sendiri biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan dalam campuran pembuatan berbagai macam produk kecantikan ataupun perawatan tubuh seperti cream jerawat, shampoo anti ketombe, sabun dan masih banyak yang lain.

Namun binahong sendiri juga banyak dijadikan sebagai tanaman penghias tanaman di rumah-rumah. Hal ini tentunya karena bentuk fisiknya yang sangat indah, dan sejak dahulu tanaman ini sudah banyak sekali ditanam oleh orang di halaman ataupun pekarangan mereka. Hal ini juga berdampak pada banyaknya penelitian tentang binahong, mulai dari segi kandungan zat yang terdapat pada binahong hingga manfaat apa saja yang ada. Dari penelitian tersebut, muncullah berbagai macam inovasi kreatif serta menarik. Dan sudah banyak sekali industri ataupun individu yang menciptakan serta membuktikan manfaat yang ada.

Salah satu manfaat dari binahong yang menjadi alasan adanya berbagai inovasi yang ada yaitu untuk mata. Hal ini tentunya karena binahong memiliki banyak sekali kandungan nutrisi sehingga sangat baik untuk mata anda. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat binahong untuk mata yang berbeda dengan manfaat daun binahong untuk kolesterol, berikut kami sampaikan rinciannya.

Kandungan Binahong

  • Saponin
  • Alkaloid
  • Kafein
  • Asam Askorbat
  • Antioksidan
  • Asam oleanolic
  • Mono polisakarida, D- glukosa dan D- galaktose
  • Polifenol dan Protein
  • L- arabinosa dan L- rhamnose

Kandungan- kandungan tersebut tentu sangatlah baik untuk kesehatan anda, manfaat binahong sendiri tidak hanya sekedar untuk menjaga kesehatan mata anda saja. Masih banyak sekali manfaat binahong untuk mata anda, dan bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari binahong yang berbeda dengan manfaat daun alpukat untuk darah tinggi, berikut penjelasannya.

Manfaat Binahong untuk Mata

  1. Menutrisi Mata

Selain dapat menjaga kesehatan mata anda yang berbeda dengan manfaat daun afrika untuk darah tinggi, binahong juga mampu menutrisi mata anda dengan baik. Hal ini tentunya terkait dengan banyaknya kandungan nutrisi pada binahong yang sangat lengkap terlebih dengan adanya antioksidan yang tinggi. Dengan ternutrisinya mata anda dengan baik maka mata anda tidak mudah lelah dan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan ataupun penyakit mata yang sering dialami karena kekurangan nutrisi.


  1. Mengobati Rabun Dekat

Semakin bertambahnya usia banyak sekali orang mengalami rabun dekat dan tentunya ini merupakan kondisi dimana anda tidak bisa melihat benda dalam jarak dekat. Lalu orang akan menggunakan kacamata untuk melihat benda dari jarak dekat, kebalikannya akan lebih jelas ketika melihat benda pada jarak jauh. Untuk itu ada berbagai cara yang bisa anda lakukan dalam mengatasinya mulai dari operasi hingga berobat ke klinik mata yang tentunya menghabiskan banyak biaya. Adapun cara yang lebih efektif dengan mengkonsumsi air rebusan binahong setiap pagi dan malam.

  1. Mengobati Mata Minus

Selain dapat mengobati rabun dekat ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati mata minus, mata minus sendiri biasa dikenal sebagai rabun jauh. Yaitu kondisi dimana anda kurang jelas ketika melihat benda pada jarak yang jauh dan semakin jauh benda tersebut maka biasanya andangan anda semakin buram. Untuk mengatasinya banyak orang menggunakan obat mata, memakai kacamata, hingga melakukan operasi laser saat minusnya semakin bertambnah dan ini menghabiskan biaya mahal. Ada sebuah cara alami yang lebih efektif dan ekonomis, yaitu dengan mengkonsumsi jus daun binahong setiap hari sebanyak 2 gelas pada pagi dan malam.

Itulah berbagai manfaat dari daun binahong yang sangat baik untuk kesehatan serta pengobatan mata anda dari berbagai gangguan penglihatan dan berbeda dengan manfaat nanas untuk lambung, konsumsilah secara rutin daun binahong untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal