17 Manfaat Daun Nanas untuk Pengobatan Tradisional

Bagi anda pasti tahu mengenai jenis buah yang satu ini, anda bisa menjumpainya di supermarket ataupun di pasar tradisional. Bahkan saat ini banyak sekali orang menjualnya di berbagai tempat berbeda jika and melihat manfaat terigu untuk luka bakar, nanas merupakan salah satu jenis buah yang saat ini menjadi sangat laris di pasaran. Buahnya memiliki rasa segar ada perpaduan antara manis dan asa, selain segar buahnya memiliki tekstur yang renyah, inilah yang menjadi salah satu daya tariknya. Nanas memiliki nama latin Ananas comosus, merupakan jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Adapun ciri tanaman nanas yaitu berupa tumbuhan rendah hampir menyerupai semak dan tersusun atas 30 daun yang panjang menyerupai daun pandan berduri tajam.

Selain buahnya yang dikonsumsi dan memiliki banyak sekali manfaat ternyata daun nanas juga memiliki banyak sekali manfaat. Hal ini karena daun nanas memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan anda. Adapun berbagai inovasi menarik seputar makanan olahan terbuat dari daun nanas, diantaranya ada krupuk daun nanas. Selain itu daun nanas juga dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan, banyak sekali pengrajin daun nanas yang saat ini mulai berkembang pesat. Nah bagi anda yang penasaran dengan kandungan daun nanas, berikut kami sampaikan rinciannya.

Kandungan Daun Nanas

  • Kalsium oksalat
  • Enzim bromelin
  • Pectic substant
  • Serat
  • Selulosa
  • Pentose

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada daun nanas, tentunya banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun nanas. Mungkin sebagian orang termasuk anda mengira bahwa daun nanas tidak memiliki manfaat apapun terlebih bentuknya juga mengerikan, ada banyak sekali duri tajam yang dapat melukai tangan anda saat memanennya. Namun anda tidak perlu khawatir, seiring berkembangnya teknologi dan IPTEk banyak sekali peneliti maupun industri yang mengemas daun nanas dalam berbagai produk dan tampilan. Anda juga tidak perlu susah untuk mencari daun nanas di kebun. Dan bagi anda yang penasaran dengan dengan apa saja manfaat dari daun nanas yang berbeda jika anda melihat manfaat kunyit putih, berikut kami sampaikan penjelasannya.

Manfaat Daun Nanas

  1. Menyembuhkan Mimisan

Bagi anda yang memiliki kebiasaan mimisan karena terlalu lelah atau stress berbeda dengan manfaat durian mentah, anda bisa menyembuhkannya dengan meminum air rebusan daun nanas secara teratur. Untuk menambah rasa, anda bisa menambahnya dengan madu.

  1. Menyembuhkan Penyakit TBC

Daun nanas juga sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki riwayat TBC kelenjar, anda bisa menyembuhkannya secara efektif.

  1. Menyembuhkan Muntaber

Muntaber merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena bakteri dan virus, untuk menyembuhkannya anda bisa menggunakan daun nanas.

  1. Meredakan Flu

Bagi anda yang mengalami flu dan sulit sembuh, anda bisa meminum air rebusan daun nanas secara teratur setelah bangun dan sebelum bangun tidur.

  1. Meredakan Batuk Berdahak

Tidak hanya meredakan flu saja, daun nanas juga dapat meredakan batuk berdahak.

  1. Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit pencernaan, untuk menyembuhkannya anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun nanas.

  1. Menyembuhkan Diare

Kandungan nutrisi pada daun nanas dapat menyembuhkan penyakit diare anda berbeda dengan manfaat daun nangka, terutama bagi anda yang mengalami diare karena keracunan.

  1. Mengobati Radang Tenggoroan

Radang tenggorokan selain nyeri juga dapat mempengaruhi nafsu makan anda, untuk mengobatinya anda bisa meminum rebusan daun nanas.

  1. Obat Ambeien

Bagi anda yang ingin mengobati ambeien tanpa operasi, anda bisa menggunakan daun nanas rebus ataupun kapsul.

  1. Obat Demam

Selain dapat mengobati flu dan batuk, anda bisa mengobati berbagai macam penyakit ringan lainnya seperti demam.

  1. Mencegah TBC

Selain dapat mengobati TBC, rebusan daun nanas juga dapat mencegah penyakit TBC.

  1. Obat Salah Urat

Salah urat merupakan salah satu penyakit yang sering dialami terutama bagi anda yang suka bergerak. Untuk mengobatinya anda dapat menggunakan daun nanas.

  1. Obat Memar

Untuk mengobati memar, anda bisa menumbuk daun nanas dan menempelkannya pada luka memar.

  1. Obat Asma

Asma merupakan salah satu penyakit pada pernapasan, ditandai dengan sesak napas berlebih dan untuk menghilangkannya anda bisa menyeduh daun nanas.

  1. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami tidak lancarnya BAB, anda bisa minum rebusan daun nanas setiap pagi.

  1. Menjaga Kesehatan Usus dan Lambung

Untuk menjaga kesehatan usus dan lambung anda bisa mengkonsumsi daun nanas secara berkala.

  1. Obat Luka Bakar

Bagi anda yang ingin menyembuhkan luka bakar lebih cepat dan efektif, anda bisa memanfaatkan daun nanas tumbuk.

Itulah manfaat dari daun nanas yang berbeda dengan manfaat akar pepaya, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.