20 Manfaat Daun Tapak Kuda bagi Kesehatan

Manfaat daun tapak kuda sudah tidak asing bagi beberapa orang, memang, bagi mereka yang memiliki daun tapak kuda, tentu cenderung telah mengetahui apa manfaat daun tapak kuda. pada dasarnya, kandungan pada daun tapak kuda tidak berbeda dengan daun daun yang lain. Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Pada kesempatan dahulu telah banyak membahas mengenai manfaat daun kelor, manfaat mahkota dewa, dan manfaat daun sirsak . Semua menceritakan mengenai manfaat daun-daunan yang ada di lingkungan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini pun akan membahas mengenai manfaat daun tapak kuda yang sangat baik untuk kesehatan. Dibawah ini akan di uraikan apa saja manfaat daun tapak kuda untuk kesehatan dan penjelasan mengapa daun tersebut dapat dimanaatkan sebagai obat kesehatan. Berikut manfaat daun tapak kuda bagi kesehatan antara lain

1. Mengatasi nyeri

Daun tapak kuda dapat mengatasi nyeri yang diderita karena daun tapak kuda memiliki senyawa yang baik untuk mengatasi dan meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

2. Mengatasi kanker

Daun tapak kuda pun memiliki manfaat untuk mengatasi kanker. Selain daun tapak kuda terdapat daun lain yang juga dapat mengatasi kanker yaitu manfaat paprika untuk kesehatan  dan manfaat sari buah merah  untuk mengatasi kanker. Daun tapak kuda ini baik untuk mengatasi kanker karena pada dasarnya senyawa yang terdapat di dalam daun tapak kuda dapat mengatasi senyawa kanker yang ada di dalam tubuh.

3. Mengatasi pegal-pegal

Daun tapak kuda juga dapat mengatasi pegal-pegal. Cara untuk mengatasinya pun sangat mudah, cukup dengan merebus daun ini dan diminum secara rutin paling tidak 1 kali setiap hari.

4. Mengatasi reumatik

Rematik dapat terjadi dimana saja dan oleh siapa saja, biasanya rematik terjadi pada mereka yang sudah berumur. Oleh karena itu sangat penting mencegah rematik. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rematik. Salah satu caranyya dengan mengonsumsi daun tapak kuda. selain dari daun ini ada pula manfaat sirsak untuk rematik atau manfaat viostin DS untuk rematik.

5. Mengurangi rasa sakit pada persendian

Sakit pada persendian akan mengaggu berbagai aktivitas, untuk itu jika persendian mulai merasakan sakit maka segara ambil daun tapak kuda untuk membantu meredakan sakit pada persendian

6. Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi adalah penyakit akibat kekurangan mineral di dalam tubuh.  Kebutuhan air pada tubuh adalah 1/3 dari kebutuhan tubuh. Oleh karena itu perlu tercukupi air dalam tubuh. Jika sudah mengalami dehidrasi maka atasilah dengan daun tapak kuda.

7. Mengatasi disentri

Di India, daun tapak kuda sudah dipercaya dapat mengatasi penyakit disentri, sudah sangat sering daun tapak kuda digunakan sebagai obat disentri yang ampuh disana.


8. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Daun tapak kuda mampu melancarkan sirkulasi pada darah, sehingga dapat mengatasi dan mencegah dari penyakit hipertensi atau sering disebut dengan penyakit darah tinggi. Darah tinggi memang harus segera diatasi agar tidak mengakibatkan strok.

9. Menguatkan tulang

Daun tapak kuda dapat mengatasi keroposnya tulang akibat penuaan. Dengan adanya kandungan yang baik untuk tulang dapat membantu memperbaiki sel-sel tulang yang mulai keropos

10. Menguatakan gigi

Tak hanya untuk tulang. Pada dasarnya kebutuhan tulang dan gigi hampir sama, jadi manfaat daun tapak kuda tidak hanya untuk mengatasi atau menguatkan tulang saja tetapi juga dapat menguatkan gigi agar tidak mudah goyah. Manfaat kalsium adalah untuk menguatkan gigi.

11. Mengatasi racun

Daun tapak kuda memiliki kandugan anti racun sehingga sangat efektif jika digunakan untuk mengatasi racun. Anti racun pada daunt apak kuda akan membantu membasmi racun-racun yang ada di dalam tuubh. Sehingga baik untuk mendetok tubuh.

12. Mengatasi penyakit busung

Untuk mengatasi busung, daun tapak kuda dapat diolah dengan resep sebagai berikut : siapkan 2 gengam daun tapak kuda ditampah dengan 1 potong bunga kamboja sebagai tambahan, dan alang-alang 3 ruas. Rebuslah dan minum secara teratur. Dalam kurun waktu 7 hari perut akan mulai membaik dan tidak busung laigi.

13. Menurunkan demam

Adanya kandungan anti piretik pada daun tapak kuda dapat membantu daun tapak kuda mengaasi demam. Sangat mudah memanfaatkan daun tapak kuda sebagai obat demam. Yaitu hanya dengan cara mengonsumsinya sebagai obat herbal.

Selain 13 Manfaat yang telah diuraikan diatas sebagai manfaat daun tapak kuda untuk kesehatan, perlu diketahui bahwa masih banyak sekali manfaat daun tapak kuda yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Diantaranya manfaat lain daun tapak kuda untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

14. Mengatasi sariawan

15. Mengatasi Maag.

16. Meringankan pilek

17. Menjaga jantung

18. Mengatasi Ambeien

19. Mengatasi perut kembung

20. Mengatasi tipes.

Itulah 20 Manfaat tapak kuda yang dapat kamu peroleh. Memang tidak terlalu berbeda dengan manfaat daun-daun lain untuk kesehatan. Meskipun masih banyak manfaat daun untuk kesehatan. Namun hal tersebut akan dijelaskan pada part artikel yang lain. Terimakasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal