15 Manfaat Cenil sebagai Jajanan Sehat

Salah satu keasyikan berbelanja ke pasar tradisional adalah daya tarik berbagai jajanan pasar yang menggugah selera. Bentuk, rasa, aroma, dan warnanya yang beraneka ragam membuat kita ingin membeli semuanya. Ada agar-agar, aneka gorengan, gethuk, thiwul, klepon atau onde-onde, cenil, dan masih banyak lagi. Makanan-makanan ini tidak hanya enak dan mengenyangkan namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: 10 manfaat agar agar bagi kesehatan kecantikan dan kuliner

Salah satunya cenil. Makanan yang bahan utamanya dari tepung tapioka atau tepung kanji ini biasanya berbentuk bulat meskipun ada juga yang membuatnya berbentuk memanjang. Warnanya cerah dan beraneka ragam sehingga menarik minat banyak orang untuk mencicipinya. Bagian luarnya dilapisi kelapa parut dan gula pasir yang membuatnya terasa manis dan gurih. Karena berbahan dasar tepung kanji membuat tekstur makanan ini menjadi kenyal dan agak lengket namun tidak sulit untuk digigit. Selain itu ada aroma daun pandan yang menambah keharumannya.

Baca juga:

Meskipun merupakan jajanan atau camilan cenil memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi diantaranya:

  1. Melancarkan pencernaan

    Kandungan tepung tapioka pada cenil memiliki kandungan pati resisten yang memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan serat yaitu membantu melancarkan pencernaan. Pati resisten ini juga membantu berkembangnya berbagai bakteri baik di dalam usus dan membasmi bakteri jahat sehingga pencernaan terbebas dari peradangan.

    Baca juga: manfaat yakult – manfaat buah mengkudu

  2. Mencegah sembelit

    Sembelit atau susah buang air besar diakibatkan oleh tidak lancarnya proses pencernaan di dalam tubuh sehingga pergerakan feses menjadi lambat dan feses pun mengeras. Agar tidak terkena sembelit kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat atau mengandung pati resisten seperti yang dimiliki oleh cenil.

    Baca juga: manfaat daun handeuleum

  3. Menurunkan kadar gula darah

    Mengonsumsi cenil juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi penderita diabetes yang harus selalu manjaga kadar gula darahnya stabil. Namun bukan berarti penderita diabetes boleh mengonsumsi cenil sesuka hati karena kandungan karbohidrat yang tinggi pada cenil juga tidak baik bagi penderita diabetes. Selain itu juga harus diperhatikan kadar gula pada cenil agar jangan berlebihan.

    Baca juga: manfaat pare

  4. Membantu program diet

    Salah satu tantangan utama dalam program diet adalah mengatur pola makan dan jenis makanan yang dimakan agar tidak berlebihan. Salah satu jenis makanan yang sering menjadi pilihan dalam program diet adalah makanan-makanan kaya serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kandungan pati resisten pada cenil dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet. Meskipun demikian cenil tidak dapat dijadikan makanan utama, harus tetap dilengkapi dengan sumber-sumber gizi dan serat dari makanan lain karena kandungan gizi pada cenil cukup rendah.

    Baca juga: manfaat apel

  5. Membantu menambah berat badan

    Tidak semua orang menginginkan tubuh kurus dan langsing. Di dunia ini justru ada orang-orang yang ingin menambah berat badan karena terlalu kurus. Manfaat ini juga bisa didapatkan dari konsumsi cenil. Kandungan karbohidrat pada cenil dapat membantu menambah berat badan sehingga badan lebih berisi.

    Baca juga: manfaat zinc tien

  6. Baik untuk penderita penyakit jantung, stroke, dan hipertensi

    Ketiga penyakit di atas membatasi penderitanya untuk mengonsumsi natrium berlebihan. Seperti yang kita ketahui kandungan tepung tapioka pada cenil mengandung natrium yang rendah sehingga cenil aman dikonsumsi oleh penderita ketiga jenis penyakit di atas.

    Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

  7. Mencegah osteoporosis

    Meskipun tidak banyak namun kandungan zat besi pada cenil juga dapat menambah pasokan kalsium dalam tubuh. Sambil jajan kebutuhan kalsium pun terpenuhi. Hal ini turut membantu untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang karena berkurangnya kepadatan tulang. Terutama sekali pada orang lanjut usia yang sangat rentan mengalami osteoporosis.

    Baca juga: manfaat olahraga bagi tulang

  8. Membentuk otot tubuh

    Konsumsi cenil juga dapat membantu mengembangkan otot sehingga otot tampak lebih berbentuk, berisi, dan kuat. Hal ini didukung oleh kandungan protein yang terdapat dalam cenil. Jadi bagi anda yang sedang latihan intensif membentuk otot tubuh tidak ada salahnya mengonsumsi jajanan ini dalam kadar tertentu.

    Baca juga: 15 manfaat push up secara rutin

  9. Membantu menstabilkan tekanan darah

    Seperti kadar gula dalam darah, tekanan darah dalam tubuh juga harus dijaga agar tetap normal. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh. Selain sebagai jajanan pasar yang enak dan menarik ternyata cenil juga dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah sehingga dapat dijadikan camilan sehat.

    Baca juga: manfaat ketumbar untuk darah tinggi

  10. Mencegah anemia

    Tepung tapioka sebagai bahan utama pembuatan cenil mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya untuk mencegah penyakit anemia, yaitu kondisi dimana darah kekurangan sel darah merah. Anemia dapat membuat penderitanya sering merasa pusing, pucat, tidak nafsu makan, nafas pendek, serta mudah merasa lelah.

    Baca juga: manfaat telur untuk anemia

  11. Menambah energi

    Kandungan karbohidrat yang tinggi pada cenil dapat dijadikan sebagai sumber energi dalam tubuh. Jika waktu makan masih lama cenil cocok dijadikan camilan untuk penambah energi.

    Baca juga: manfaat beras ketan untuk kesehatan

  12. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Meskipun terkesan sederhana dan murah ternyata mengonsumsi cenil juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Karena kita tidak bisa membuat tubuh dan lingkungan 100% bersih, yang dapat kita lakukan hanyalah membentengi diri dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

    Baca juga: manfaat protein

  13. Melancarkan metabolisme

    Metabolisme merupakan serangkaian proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mendukung berbagai fungsi tubuh agar berjalan dengan baik. Proses ini dialami oleh semua makhluk hidup baik yang kompleks maupun yang sederhana seperti hewan bersel satu. Dengan mengonsumsi cenil turut membantu melancarkan metabolisme tubuh.

    Baca juga: 20 manfaat oksigen bagi manusia

  14. Meningkatkan produksi insulin dalam tubuh

    Insulin adalah salah satu jenis hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti untuk melancarkan metabolisme dan menjaga kadar gula dalam darah. Manfaat ini juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi cenil.

    Baca juga: manfaat ubi jalar

  15. Mendukung fungsi otak

    Sebagai pusat dari berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh otak memiliki peranan dan fungsi penting yang harus dijaga agar tetap berjalan dengan baik. Manfaat ini juga bisa kita dapatkan dari mengonsumsi cenil.

    Baca juga: 12 manfaat bermain catur bagi fungsi otak

Cenil yang terkesan sebagai jajanan sederhana ternyata menyimpan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Oleh karena itu tidak perlu ragu mengonsumsi jajanan yang satu ini tentunya dalam batas-batas tertentu alias tidak berlebihan.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan