6 Manfaat Cacing Lumbricus Rubellus Bagi Kesehatan Tubuh

Cacing tanah merupakan hewan yang hidup menggunakan bantuan sistem pertahanan sejak fase awal evolusi. Dengan begitu, tidak heran jika hewan satu ini selalu dapat menghadapi beragam invasi mikroorganisme patogen yang berasal dari lingkungan hidup mereka. Cacing tanah memiliki kekebalan humoral serta selular mekanisme. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang telah berjalan selama kurang lebih 50 tahun. Selain itu, penelitian juga menyebutkan jika cacing tanah memiliki kandungan lebih dari 40 protein serta pemeran aktivitas biologis seperti :

  • antimikroba, proteolitik, cytolytic, hemolitik, tumorolytic, hemagglutinating, dan kegiatan mitogenic. Cacing tanah termasuk dalam hewan tak bertulang belakang atau yang biasa disebut dengan invertebrata.

Hewan ini hidup dalam keadaan tanah yang lembab dan gembur. Dalam hasil penelitian, juga disebutkan bahwa cacing tanah memiliki senyawa aktif yang berperan dalam melumpuhkan bakteri patogen terutama bakteri Eschericia coli. Bakteri yang satu ini dikenal pula sebagai bakteri yang menyebabkan penyakit diare.

Cacing Lumbricus RubellusTidak hanya menjadi sumber protein yang sangat tinggi namun cacing tanah juga memiliki beberapa kandungan asam amino dengan kadar yang juga tinggi. Salah satu jenis cacing tanah yang memiliki kandungan protein serta asam amino yang tinggi tersebut adalah cacing lumbricus rubellus. Cacing lumbricus rubellus memiliki kadar protein hingga 76%. Kadar protein ini termasuk kadar protein yang sangat tinggi yang bahkan lebih tinggi jika dibandingkan  dengan ikan yang hanya memiliki kadar protein 50% atau mungkin daging mamalia yang mengandung 65% kadar protein. Cacing lumbricus rubellus memiliki banyak kandungan nutrisi mulai dari kandungan protein yang mencapai 76%, protein dari asam amino yang tinggi, lemak 45 %, abu 1,5 % serta 17 % berupa karbohidrat.

Dengan beragam kandungan tersebut cacing tanah memiliki peran yang penting dalam dunia kesehatan.

1. Obat bagi banyak jenis penyakit

  • obat kanker
  • obat thypus
  • obat darah tinggi
  • obat diabetes
  • obat diare
  • obat cacar air
  • obat lever
  • obat kolesterol
  • obat demam
  • obat jantung
  • obat rematik
  • obat penyumbatan pembuluh darah

Top Herbal Untuk Jantung

  1. Manfaat kulit manggis
  2. Manfaat susu kedelai
  3. Manfaat buah mengkudu
  4. Manfaat semut jepang
  5. Manfaat kacang mete
  6. Manfaat buah naga
  7. Manfaat oatmeal
  8. Manfaat ikan
  9. Manfaat sari kurma
  10. Manfaat teh manis
  11. Manfaat donor darah
  12. Manfaat labu siam
  13. Manfaat wortel
  14. Manfaat jalan kaki
  15. Manfaat bersepeda

Top Herbal Untuk Diabetes

  1. Manfaat kacang panjang
  2. Manfaat kentang
  3. Manfaat beras merah
  4. Manfaat buah mengkudu
  5. Manfaat Pare
  6. Manfaat pete
  7. Manfaat daun afrika
  8. Manfaat daun mangga
  9. Manfaat semut jepang
  10. Manfaat nasi Jagung
  11. Manfaat ubi jalar
  12. Manfaat daun alpukat
  13. Manfaat quaker oat
  14. Manfaat susu kedelai
  15. Manfaat tahu

2. Termasuk dalam jenis makanan yang sehat

Di beberapa negara seperti halnya Asia juga Afrika, cacing tanah banyak dijadikan sebagai makanan sehat. Di negara Afrika sendiri cacing banyak dikonsumsi untuk menekan angka kematian.

  1. Bahan baku dalam pembuatan kosmetik

Tidak hanya bagus untuk kesehatan namun ternyata cacing tanah juga banyak digunakan dalam hal pembuatan kosmetik. Bukan tanpa alasan, namun penggunaan cacing tanah ini dapat digunakan dalam melembabkan kulit wajah, pelembut kulit, substrat hingga anti infeksi. Hingga saat ini telah banyak sekali jenis kosmetik yang menggunakan cacing sebagai salah satu bahan pembuatan produk kecantikan mereka.

  1. Memiliki zat anti biotik

Kehebatan lain dari cacing tanah adalah kandungan antibiotiknya yang cukup tinggi. Dengan kandungan antibiotik yang cukup tinggi, tidak heran jika cacing banyak digunakan untuk mengobati banyak penyakit seperti diabetes, jantung, lever, kolesterol dan kanker.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Bagi anda yang tengah bermasalah dengan pola makan, maka mengonsumsi cacing tanah bisa dijadikan cara ampuh dalam meningkatkan nafsu makan anda.

  1. Enzim penghancur gumpalan darah

Seorang direktur dari Hanoi National Institute of Pharmaceutical di Vietnam merupakan salah satu penulis yang banyak menyebarluaskan beragam khasiat terkait dengan cacing tanah. Ba Hoang, MD, PhD, telah membuktikan kehebatan dari hewan satu ini dalam mengobati pasiennya yang mengidap ragam penyakit seperti hipertensi, kejang ayan atau epilepsi, hingga berbagai jenis penyakit akibat infeksi.

Baca : Manfaat cacing tanah – manfaat obat cacing

Penelitian terhadap cacing tanah

Ada beberapa penelitian yang melibatkan cacing tanah sebagai objeknya. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di China. Peneitian besar – besaran ini melibatkan 453 pasien yang memiliki gangguan pada pembuluh darah mereka. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 ini menghasilkan 73% kesembuhan total bagi para penderita gangguan pembuluh darah tersebut. Penelitian dilakukan di Xuanwu Hospitalof Capital Medical College, Xiangxi Medical College dan Xiangzi Provicial People’s Hospital.