Manfaat Buah Harendong Pada Kesehatan dan Burung

Apakah Anda pernah mendengar mengenai tanaman harengdong? Lucu ya namanya seperti manfaat buah loa yang jarang didengar. Biasanya tanaman ini dapat dengan mudah Anda temukan di wilayah perkampungan. Harengdon juga memiliki nama beberap nama lain yaitu kuruk, sengani (Jawa), Senduduk (Sumatera), Kemanden (Madura), Yeh mu tan (China) dan Singapore rhododendron (inggris).

Tanaman ini merupakan sejenis tanaman perdu seperti manfaat petai cina yang dapat tumbuh liar di tempat-tempat yang dengan sinar matahari yang cukup layaknya leren gunung, semak belukar maupun lapangn dengan kondisi tanah yang tidak terlalu gersang.

Ada tiga jenis tanaman harendong yang dapat dibedakan dari buahya, yaitu:

  1. Harengdong gede (melastoma polyanthum). Buah dari harengdong jenis ini berbentuk buni, bulat telur dengan warna yang merah. Selain itu, biji buah dari harengdong jenis ini juga berukuran kecil dan berwarna merah.
  2. Harengdong bulu (cilademia hirta). Bentuk dari buah harengdong jenis ini juga buni dan bulat telur namun berwarna ungu seperti warna manfaat terong ungu untuk wanita. Begitu pula dengan biji kecilnya yang berwarna ungu.
  3. Harengdong monyet/ jambu tangkalak (belucia axinanthera). Memiliki buah buni bulat seperti periuk disertai dengan tajuk kelopak yang berdaging. Warna buah ini kuning gading dengan biji yang banyak dan kecil-kecil.

Manfaat Buah Harendong

  1. Memulihkan kondisi burung kicauan

Buah harengdong memiliki rasa manis dan sangat digemari oleh serangga burung-burung di alam bebas seperti burung cucak jenggot, kutilang, trucukan, burung madu dll. Bagi pada pecinta kicaumania, buah harengdong dimanfaatkan untuk memulihkan kondisi burung kicanya, khususnya burung cucak jenggot terlebih ketika sang burung sedang ngedrop karena stress atau bertelur.

Jenis buah harengdong yang digunakan adalah harengdong gede. Meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah namun banyak kicaumania yang mengakui hal ini. Bahkan seorang peneliti burung terkemuka, Bas van Ballen konon merekomendasikan tamaman ini karena memiliki manfaat yang baik untuk burung. Anda juga dapat memberikan manfaat jahe untuk lovebird dan burung kicau lainnya.

Cara menggunakan buah harengdong untuk memulihkan kondisi burung kicauan yang ngedrop adalah dengan memberikannya secara langsung kepada burung kicauan. Tidak ada ketentuan khusus dalam pemberian porsi buah harengdong kepada burung kicauan, namun biasanya sebanyak 10-15 biji selama masa pemulihan. Manfaat memelihara burung sangatlah baik untuk Anda terhindar dari stress.

2. Mendongkrak stamina burung kicauan

Seperti manfaat kroto dan manfaat ebod joss, pisang dan jangkrik, buah harengdong juga dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang dapat diberikan pada burung kicauan untuk mendongkrak staminanya. Para pecinta burung dapat meberikan 5 buah buah harengdong matang setiap hari kepada burung kicauannya, dalam hal ini burung cucak jenggot. Pemberian buah harengdong setiap pagi ini dipercaya dapat mendongkrak stamina burung kicauan.

3. Sebagai lalapan

Dengan rasa enak dan bau khas, beberapa orang menjadikan buah harengdong sebagai lalapan seperti halnya manfaat timun untuk darah tinggi sebagai teman nasi dan sambal. Wah, mantap yaa..

4. Mengobati pendarahan rahim

Konon buah senggani juga dipercaya sebagai obat herbal dalam mengobati pendarahan rahim seperti halnya manfaat kunyit untuk rahim. Caranya adalah dengan menggongseng (goreng tanpa minyak) 15 g biji sengani hingga hitam kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Saring setelah dingin dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas hingga sembuh.

Manfaat lain tanaman harengdong

Selain buahnya yang kaya manfaat, ternyata bagian lain dari tanaman harengdong ini juga memiliki banyak manfaat antara lain:

  1. Obat sariawan

Seperti halnya manfaat manggis, haredong juga dapat mengatasi sariawan. Caranya, cuci bersih 2 lembar daun sengani muda dan bilas dengan air matang. Kemudian, kunyah dengan sedikit garam dengan menelan airnya.

2. Obat keputihan

Caranya, cuci bersih 2 genggam daun harengdong dengan jahe dan bengle yang masing-masing seukuran ibu jari. Potong seperlunya dan rebus dengan 3 gelas air serta 1 sendok makan cuka hingga tersisa satu gelas. Saring setelah dingin dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Anda juga dapat mengganti jahe dan bengle dengan 3 kuncup bunga cempaka dan 3 buha biji pinang tua. Untuk hasil lebih optimal dapat menggunakan manfaat daun kemangi untuk keputihan.

3. Obat Ayan

Caranya, potong 8 akar harengdong, cuci dan gepuk. Rebus dengan 600 ml air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan minum 2 kali sehari.

4. Obat bisul

Caranya, rebus 50 g daun harengdong segar dan minum air rebusan setelah dingin. Lumatkan ampasnya dan bubuhkan pada bisul kemudian dibalut menggunakan perban. Bisul juga dapat diobati dengan manfaat daun cecendet.

5. Solusi diare atau mencret

Caranya, cuci bersih dengan air matang 5 lembar daun harengdong. Kunyah dengan sedikit garam dan lansung ditelan.

6. Obat disentri basiler

Caranya, cuci bersih daun harengdong dan aseman (polygonum chinese) yang segar dan rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan satu gelas saja. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

7. Menetralkan racun

Caranya rebus singkong akar atau daun senggani sebanyak 60 g dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring setelah dingin dan minum sekaligus.

Demikian merupakan informasi mengenai manfaat buah harengdong. Apabila Anda menemui tanaman harengdong di halaman rumah, boleh lah untuk tidak dibasmi dikarenakan khasiatnya yang sangat beragam. Semoga informasi ini bermanfaat ya,..

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan