15 Manfaat Daun Cecendet Untuk Penyakit 100% Ampuh

manfaat daun cecendetDaun cecendet atau sering disebut juga dengan daun ciplukan merupakan tanaman kecil dengan ukuran buah yang juga kecil. Tanaman berukuran kecil ini ternyata memiliki khasiat luar biasa khususnya pada bagian daun. Dalam daun cecendet ini mengandung flavonoid, saponin, tanin, alkaloid dan juga C27H44O-H2O yang semuanya sangat penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia. Untuk mengetahui apa saja manfaat daun cecendet yang bisa digunakan dalam menyembuhkan berbagai penyakit, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Mencegah Epilepsi

Epilepsi atau sering disebut dengan ayan adalah gangguan yang terjadi pada sistem saraf otak manusia yang bisa terjadi karena akttivitas berlebihan dari sel neuron otak yang membuat berbagai reaksi di tubuh manusia seperti melamun sesaat, kesemutan, kejang, gangguan kesadaran dan juga kontraksi pada otot. Jika anda atau orang terdekat memiliki masalah epilepsi ini, maka bisa dicegah dengan menggunakan air rebusan daun cecendet agar epilepsi ini tidak kambuh kembali.

  1. Pencegahan Paru Paru Basah

Paru paru basah merupakan penyakit yang disebabkan karena virus, bakteri dan juga jamur serta beberapa faktor lain yang tidak berhubungan dengan infeksi mikroba. Beberapa penyebab ini kemudian membuat paru paru meradang atau dinamakan dengan pneumonia atau lebih dikenal dengan sebutan paru paru basah. Dalam daun cecendet ini memiliki manfaat sangat luar biasa sehingga bisa digunakan untuk mencegah paru paru basah dengan cara minum air rebusan herbal ini secara teratur setiap hari.

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes bisa terjadi pada saat tubuh tidak lagi bisa menghasilkan insulin yang merupakan hormon untuk mengatur gula darah. Selain itu, diabetes juga bisa terjadi pada saat insulin ini tidak lagi bisa mencuci gula darah dengan sempurna sehingga peningkatan glukosa terjadi. Apabila dibiarkan, penyakit ini tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk anda yang menderita diabetes bisa merebus daun cecendet ini dan diminum secara rutin 3 kali sehari sampai kadar gula darah anda normal kembali.

  1. Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis tumor ganas yang membuat produksi jaringan ekstra tak terkendali dan kemudian membentuk masa atau benjolan yang dinamakan tumor. Tumor ini bisa bersifat non kanker atau bisa bersifat ganas. Daun cecendet bisa digunakan sebagai solusi kanker payudara dengan cara merebus 4 pucuk daun cecendet bersama dengan 4 tunas kunyit dan 4 butir beras. Sesudah itu, tumbuk ketiga bahan ini dan balurkan pada payudara secara teratur.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi pada saat suplai darah menuju jantung lewat pembuluh darah koroner mengalami hambatan karena lemak. Penimbunan lemak dalam pembuluh darah ini dikenal dengan nama aterosklerosis dan menjadi penyebab utama dari penyakit jantung koroner. Penyakit jantung ini juga bisa diatasi dengan daun cecendet dengan cara menghaluskan 40 lembar daun cecendet segar lalu dikonsumsi tanpa campuran bahan lainnya secara teratur.

  1. Mencegah Asma Kambuh

Asma merupakan penyakit kronis atau jangka panjang yang terjadi pada saluran pernafasan yang akan membuat penderita merasakan sesak nafas. Selain sulit dalam bernafas, penderita juga bisa mengalami nyeri di area dada, batuk dan juga mengi. Untuk mengatasi asma dan gangguan pernafasan lain, anda bisa meminum air rebusan daun cecendet secara teratur agar asma tidak kembali kambuh.

  1. Menyembuhkan Luka Terbuka

Daun cecendet tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit dalam, namun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka terbuka karena kandungan klorofil tinggi dalam daun ini. Untuk menyembuhkan luka terbuka, tumbuk daun cecendet secukupnya dan balurkan pada luka yang sudah dibersihkan secara teratur agar luka cepat kering dan sembuh.

  1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan yang merupakan iritasi dan menimbulkan rasa gatal serta nyeri ini tentunya bisa menyebabkan rasa tak nyaman khususnya saat menelan makanan atau minuman yang juga dikenal dengan faringitis. Anda bisa merebus daun cecendet dan diminum secara teratur untuk menyembuhkan radang tenggorokan secara alami tanpa efek samping sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.


  1. Menyembuhkan Flu Batuk

Flu merupakan penyakit menular umum yang terjadi karena virus. Banyak orang yang sering menyalahartikan flu dengan pilek biasa. Namun sebenarnya flu yang menimbulkan gejala serupa dengan pilek ini bisa berkembang menjadi parah dan bisa membahayakan nyawa penderita. Daun cecendet bisa anda manfaatkan sebagai solusi batuk dan juga flu karena mengandung vitamin C cukup tinggi. Minum air rebusan daun ini secara teratur setiap hari agar flu serta batuk bisa lebih cepat sembuh.

  1. Menyembuhkan Gondok

Gondok merupakan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar leher tepat dibawah jakun atau laring yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan penyakit kelenjar tiroid dimana kelenjar ini akan memproduksi hormon yang berguna untuk stimulasi metabolisme dari sel tubuh. Untuk menyembuhkan gondok sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan juga bisa menggunakan daun cecendet dengan cara minum air rebusan secara teratur.

  1. Mendukung Detoksifikasi Tubuh

Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau dikenal dengan proses detoksifikasi, anda juga bisa memanfaatkan daun cecendet. Daun cecendet yang tinggi akan antioksidan ini bisa mengatasi keracunan dalam level tertentu yang biasanya terjadi karena makanan. Untuk mendapatkan manfaat detoksifikasi tubuh secara cepat, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun cecendet atau makan buah cecendet secara teratur karena daun cecendet merupakan sumber antioksidan yang cukup tinggi.

  1. Menyembuhkan Vertigo

Vertigo adalah salah satu jenis sakit kepala yang akan membuat penderita merasakan sakit kepala hebat disertai dengan gerakan tidak normal seperti sensasi melayang atau berputar yang terjadi karena terganggunya sistem vestibular. Anda bisa mengkonsumsi daun, batang beserta akar cecendet ini dengan cara direbus dan disaring kemudian diminum selagi hangat sebanyak 3 kali sehari.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kronis saat tekanan darah pada dinding arteri atau pembuluh darah meningkat yang terkadang tidak disertai dengan gejala pasti. Untuk menormalkan kembali tekanan darah anda bisa mengkonsumsi air rebusan cecendet dan juga bagian buahnya sebanyak 2 kali sehari hingga tekanan darah kembali normal.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi saat tingkat kolesterol darah sudah melebihi batas normal. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar di produksi pada organ hati dan sebagian lain diperoleh dari makanan. Untuk menurunkan kadar kolesterol ini juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daun cecendet secara teratur.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia bisa terjadi pada saat sel darah merah dalam tubuh atau hemoglobin dalam darah menurun atau berkurang. Hemoglobin sendiri merupakan senyawa protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah manusia dan sel darah merah di produksi pada sumsum tulang. Jika sel darah merah atau hemoglobin ini menurun dan berkurang, maka anemia akan terjadi. Seperti beberapa penyakit lainnnya, anemia juga bisa disembuhkan dengan daun cecendet hanya dengan minum air rebusan herbal ini secara rutin.

Manfaat daun cecendet yang tinggi akan antioksidan, vitamin dan mineral ini bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal tidak hanya untuk penyakit dalam namun juga penyakit luar seperti menyembuhkan luka, bisul atau borok. Semoga pembahasan dari kami ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar penggunaan daun daun yang ada di sekitar kita.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan