5 Manfaat Daun Kemangi Untuk Keputihan Yang Wajib Diketahui

Semua wanita di dunia pastinya pernah mengalami keputihan sebab memang menjadi kondisi alami untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan juga infeksi. Sementara untuk ibu hamil juga mengalami keputihan yang terjadi karena berkaitan dengan masa kehamilan tersebut. Saat wanita mengalami keputihan, maka akan keluar lendir dari vagina yang diproduksi kelenjar dalam vagina serta serviks atau leher rahim. Keputihan ini akan keluar bersama sel mati dan juga bakteri sehingga vagina bisa tetap bersih. Keputihan bisa dikatakan tidak normal jika terjadi perubahan warna dan juga kekentalan lendir keputihan, jumlah lendir yang keluar terlalu banyak, disertai bau yang menyengat, pendarahan diluar waktu menstruasi dan juga disertai rasa gatal. Apabila ini terjadi, maka keputihan harus segera diatasi salah satunya dengan menggunakan manfaat daun kemangi untuk keputihan. Lalu apa saja manfaat dari kemangi untuk keputihan?, berikut ulasannya untuk anda.

  1. Menghilangkan Rasa Gatal

Keputihan seringkali diikuti juga dengan rasa gatal. Rasa gatal tersebut terjadi karena infeksi jamur yang terjadi pada vagina dengan ciri keputihan berwarna seperti susu kental, tidak berbau dan timbul rasa gatal serta perih di sekitar area vagina. Infeksi ini bukan ditularkan karena hubungan seksual dan untuk mengatasinya bisa menggunakan obat anti jamur. Salah satu jenis obat anti jamur alami adalah daun kemangi. Dalam daun kemangi mengandung banyak senyawa esensial seperti eugenol, linalool, terpineol, sitronelol, citral dan juga limonene yang merupakan senyawa anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk membunuh jamur serta bakteri penyebab keputihan yang diikuti rasa gatal sekaligus mengurangi rasa sakit dan perih akibat aktivitas menggaruk area sekitar vagina.

  1. Mengatasi Bau Keputihan

Saat keputihan yang dialami wanita masih normal, maka tidak akan menimbulkan bau busuk yang menyengat, akan tetapi jika keputihan sudah berbau, maka ini bisa menjadi pertanda dari penyakit kanker serviks. Cara mengatasi bau menyengat pada saat keputihan juga bisa dihilangkan dengan daun kemangi. Dalam daun kemangi mengandung phytochemical yang sangat baik untuk mencegah kanker serviks sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada keputihan sekaligus melindungi jaringan normal dari sel negatif yang ditimbulkan kanker serviks. Sedangkan untuk perawatan dari dalam, anda bisa mengkonsumsi probiotik yang sangat baik untuk membunuh bakteri seperti manfaat yakult untuk keputihan.

  1. Mengurangi Jumlah Keputihan

Selain banyak manfaat daun beluntas untuk keputihan, terdapat juga manfaat lain dari daun kemangi untuk keputihan adalah untuk mengurangi jumlah keputihan yang keluar dari vagina. Keputihan yang terlalu banyak menandakan jika ada penyakit keputihan tidak normal yang anda alami sehingga bisa membuat vagina basah dan harus segera diatasi. Daun kemangi juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang sangat baik untuk mengurangi racun dalam tubuh penyebab keputihan terlalu banyak. Selain itu, kemangi juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga bisa mengatasi peradangan yang umumnya terjadi pada saat keputihan.


  1. Mengatasi Lengket

Keputihan juga membuat organ intim wanita terasa lengket dan akhirnya bisa menimbulkan rasa gatal. Untuk mengatasi rasa lengket akibat keputihan juga bisa diatas dengan kemangi yang sekaligus juga membuat organ intim wanita menjadi lebih kesat dan tentunya sehat terbebas dari bakteri.

  1. Menghilangkan Bau Amis

Bau tidak sedap seperti amis yang ditimbulkan pada saat keputihan terjadi karena pola hidup tidak sehat sehingga menyebabkan pH pada organ intim jadi tidak seimbang, kemudian bakteri berkembang biak dan akhirnya menimbulkan bau amis yang tentunya sangat mengganggu. Memakai kemangi pada saat keputihan berguna untuk menghilangkan bau amis yang terjadi dan juga meningkatkan respon antibodi karena beta karoten dalam kemangi akan memperbaiki fungsi sel yang rusak sekaligus menghambat perkembangan bakteri penyebab bau tidak sedap tersebut. Selain itu, anda juga bisa menggunakan ketumbar, sebab banyak juga manfaat ketumbar untuk keputihan.

Manfaat daun kemangi untuk keputihan dihasilkan dari antioksidan tinggi dalam daun kemangi serta berbagai khasiat lain dari kemangi seperti anti bakteri dan anti parasit. Untuk memperoleh khasiat dari daun kemangi bisa dilakukan dengan 2 cara yakni mengkonsumsi dan kemangi untuk pengobatan dari dalam dan juga digunakan untuk membasuh area vagina.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan