13 Manfaat Buah Guarana yang Belum Banyak Diketahui

Buah guarana merupakan salah satu jenis buah yang mungkin jarang sekali terdengar namanya di telinga anda. Buah guarana memiliki nama ilmiah Paullinia cupana, merupakan buah dari tanaman merambat yang masih satu family dengan pohon maple. Buah ini awalnya berasal dari lembah sungai Amazon dan sangat terkenal di daerah Brazil. Seiring banyaknya penelitian dan perkembangan era perdagangan berbeda jika anda melihat manfaat buah gadung, maka buah guarana tidak hanya dapat dijumpai di Brazil. Sudah banyak sekali orang menjualnya di berbagai daerah termasuk di Indonesia bahkan sudah banyak juga orang yang menanamnya sebagai kebutuhan ataupun penghias kebun.

Adapun ciri dari buah guarana, tanaman buah guarana memiliki daun- daun yang besar dengan jenis bunga yang berkelompok sehingga akan menghasilkan buah yang berkelompok pula. Untuk buah guarana berbeda dengan jenis buah lainnya, buah ini memiliki ukuran sebesar biji kopi dan berwarna merah. Adapun bentuknya yang unik dan tidak menyerupai bentuk buah apapun, bentuknya bulat dan meruncing di bagian atasnya, adapun biji yang berwarna hitam mengkilat didalamnya. Dibalik warna merah kulitnya, adapun warna putih dari daging buah guarana.

Selain karena bentuk dan cara menanamnya yang mudah, ternyata buah guarana memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Tentunya kandungan nutrisi pada buah guarana ini sangat bermanfaat bagi anda selain dapat menutrisi tubuh anda berbeda dengan manfaat apel anna, adanya kandungan nutrisi inilah yang membuat buah guarana semakin banyak diminati. Sudah banyak sekali orang berinovasi dengan buah guarana dengan menjadikannya sebagai obat herbal ataupun suplemen yang dikemas dalam kapsul. Berikut merupakan rincian kandungan nutrisi buah guarana.

Kandungan Nutrisi Buah Guarana

  • Hypoxanthine
  • Proanthocyanidins
  • Asam salisilat
  • Tannin
  • Theobromine
  • Xanthine
  • Asam amino
  • Kalium
  • Potassium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Vitamin B1, B2, B6, B12, dan E

Selain nutrisi di atas masih ada banyak sekali nutrisi yang terkandung pada buah guarana seperti adenin, guanine, choline, glukosa, mucilage, dan nicotinid acide. Dan dengan banyaknya kandungan nutrisi pada buah guarana maka tidak heran jika buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari sebagai supplement kesehatan hingga sebagai obat untuk beberapa macam penyakit. Berikut merupakan penjelasan mengenai manfaat buah guarana.

Manfaat Buah Guarana

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki masalah berat badan berbeda dengan manfaat buah jatake, anda bisa mencoba cara yang satu ini. dengan mengkonsumsi buah guarana secara rutin maka berat badan anda akan turun dengan lebih cepat.

  1. Membersihkan Darah

Buah guarana memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh anda dan salah satunya, buah ini mampu membersihkan darah anda dari kolesterol jahat.

  1. Meningkatkan Kadar Oksigen

Buah guarana juga mampu meningkatkan kadar oksigen tidak hanya pada paru- paru ataupun otak tetapi juga seluruh tubuh anda.

  1. Memperbaiki Biomekanisme Tubuh

Tidak hanya mempu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh saja, buah guarana juga mampu memperbaiki biomekanisme tubuh anda dengan lebih efektif.

  1. Meningkatkan Tenaga

Dengan kandungan glukosa pada buah guarana berbeda dengan manfaat buah jenitri, buah ini mampu meningkatkan tenaga anda dengan baik dan memenuhi kebutuhan gula anda.

  1. Mengatasi Stress

Bagi anda yang sering mengalami stress anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah guarana.


  1. Meningkatkan Sistem Imun

Memiliki sistem imun yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda, dengan meningkatnya sistem imun anda maka anda tidak akan mudah terserang penyakit.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun tubuh anda saja, buah guarana juga mampu meningkatkan konsentrasi anda.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Bagi anda yang ingin mencegah penyakit alzeimer dan meningkatkan daya ingat, anda bisa mengkonsumsi buah guarana secara rutin.

  1. Obat Diare

buah guarana juga mampu mengobati beberapa macam penyakit seperti diare, tidak hanya itu buah guarana juga mampu mengatasi gangguan penceranaan seperti sembelit dan sulit BAB.

  1. Mengatasi Nyeri Haid dan PMS

Bagi wanita mengalami nyeri haid dan PMS merupakan hal yang wajar, namun ini merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu anda. Unruk mengatasi nyeri saat haid dan PMS anda bisa mengkonsumsi buah guarana saat haid anda tiba.

  1. Membantu Kinerja Jantung

Dengan mengkonsumsi buah guarana secara berkala, secara otomatis kinerja jantung anda akan terbantu sehingga lebih ringan. Ini tentunya dapat menjaga kesehatan jantung anda agar selalu sehat.

  1. Mengatasi Anemia

Bagi anda yang memiliki masalah dan sering mengalami anemia berbeda dengan manfaat buah jambe, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah guarana.

Itulah berbagai manfaat dari buah guarana yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan