6 Manfaat Bengkoang untuk Darah Tinggi dan Kesehatan

Manfaat bengkoang untuk darah tinggi telah diketahui sebagian masyarakat. Bengkoang merupakan salah satu keluarga umbi-umbian yang berbentuk tidak beraturan yang memiliki kulit kuning pucat dan daging didalamnya berwarna putih dengan rasa manis.

Bengkoang (Pachyrhizus erosus) tumbuh subur di Indonesia.  Buah bengkuang dapat dikonsumsi dengan cara apapun. Dibalik rasanya yang segar dan manis, buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Selain digunakan sebagai perawatan kulit dan kecantikan, berbagai kandungan vitamin maupun mineral yang terdapat dalam bengkoang dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit.

Melakukan pencegahan dan penanganan berbagai penyakit dengan cara alami tidak adda ruginya. Kandungan zat yang terkandung di dalam bengkoang diantaranya: Thiamin, Vitamin A ,Vitamin C , Vitamin E, Vitamin K, Besi , Magnesium, Mangan, Seng, Phyto-nutrisi, manfaat kalium, Kalsium, Tembaga,Energi, Karbohidrat, Protein, Total Lemak, Folat, Niacin, Asam pantotenat, Pyridoxine, Riboflavin, Karoten-ß, Karoten-Î.

Makanan rendah kalori amat diperlukan oleh orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badannya. Terutama makanan rendah kalori yang juga dikemas dengan nutirisi dan serat makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat kenyang lebih lama.

Bengkoang hanya mengandung 35 kalori per 100 gram-nya, dan seperti yang sudah berulang-kali disebutkan di atas, buah ini dipenuhi dengan nutrisi dan serat. Buah ini juga dapat Anda jadikan camilan sehat untuk memuaskan nafsu makan, tanpa perlu khawatir dengan kenaikan berat badan.

1. Menstabilkan Tekanan darah

Tidak hanya manfaat pisang untuk darah tinggi kalium pada bengkoang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebagai sumber dari kalium, buah ini mampu membantu mengendalikan tekanan darah. Oleh karena itu, manfaat bengkoang dalam hal ini adalah sebagai vasodilator (melebarkan pembuluh darah) serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Dengan begitu, stres atau tekanan pada sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) akan menjadi lebih ringan. Berbeda dengan manfaat tomat untuk jantung kalium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan pada seluruh tubuh, dengan demikian dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi serta berfungsi pada tingkat yang optimal.

2. Mencegah Stroke

Konsumsi kalium yang seimbang akan menyebabkan berkurangnya kemungkinan terjangkit stroke. Kalium terkandung sebanyak 3% di dalam buah bengkoang. Terutama bagi anda yang hipertensi atau memiliki keturunan stroke, ada baiknya anda mulai mengonsumsi buah bengkoang secara rutin agar tidak terkena stroke.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan fitonutrien pada bengkoang sangat berguna  untuk tubuh.  Nutrien ini yang terkandung bisa memberikan nutrisi pada tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga akan menyebabkan tubuh terhindar dari virus atau bakteri.

4. Buah Penderita Diabetes Melitus

Para penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan gula dan karbo tinggi. Untuk itu, bengkoang hadir dengan buah yang bisa menjadi alternatif para penderita diabetes dan dikonsumsi kapan saja. Selain manfaat belimbing wuluh untuk diabetes bengkoang juga bisa menurunkan kadar gula darah karena bengkoang bisa dicerna tanpa memasukkan glukosa. Dengan begitu buah ini aman untuk diabetes. Bengkoang memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga aman dimakan oleh penderita diabetes, juga aman bagi yang sedang diet karena rendah kalori.

5. Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak

 Peningkatan fungsi otak dengan konsumsi vitamin B6  dapat menjadi solusi. Ditambah lagi, berbeda dengan manfaat daun gelang vitamin B6 adalah bagian vital untuk memecahkan protein dalam tubuh menjadi asam amino yang dapat digunakan serta menjadi bentuk protein bermanfaat lainnya. Vitamin ini juga memaksimalkan proses metabolisme dan efisiensi berbagai sistem organ.


6. Mencegah Osteoporosis

Inulin ialah sejenis fruktan yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengoptimalkan penyerapan kalsium dari makanan lain, sehingga bermanfaat untuk pencegahan osteoporosis. Zat ini memiliki peran prebiotik dalam usus yang mempromosikan pertumbuhan bakteri baik yang mempertahankan kesehatan sekaligus kekebalan usus besar. Berbagai kadar mineral seperti mangan, magnesium, zat besi, dan tembaga yang terkandung di dalamnya bisa Anda manfaatkan sebagai pendukung kepadatan mineral tulang. Mineral-mineral ini sangat dibutuhkan demi membangun tulang baru yang kuat serta untuk menyembuhkan kerusakan tulang yang ada. Rutin mengkonsumsi bengkoang juga cara bijak untuk mencegah timbulnya kondisi seperti osteoporosis.

Selain manfaat, perlu diwaspadai bahwa buah bengkoang  dapat menyebabkan keracunan. Jika anda terkena racunnya, cukup mengonsumsi air kelapa untuk menghilangkan racunnya.

 

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan