6 Manfaat Daun Gelang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi sebagian besar orang mungkin sedikit asing dengan jenis tanaman yang satu ini. Namun bagi anda penggemar tanaman herbal pasti familiar dengan tanaman ini berbeda jika anda melihat manfaat jambu mete, yaitu daun gelang. Berbeda dengan jenis tanaman herbal lainnya, daun gelang mungkin sangat sulit untuk ditemui di pasaran. Hanya toko ataupun tempat tertentu saja yang menjual daun gelang ini, untuk mendapatkannya akan lebih mudah jika anda mencarinya di alam liar. Daun gelang sendiri biasa ditemukan di daerah dengan banyak pepohonan.

Selain itu biasanya daun gelang dapat ditemukan di lahan kosong ataupun kebun. Secara ilmiah daun gelang memiliki nama Portulaca oleracea dan lebih dikenal dengan nama krokot. Ini merupakan salah satu jenis sayur dan merupakan tumbuhan tahunan. Di alam liar sendiri daun gelang dapat tumbuh dengan ketinggian 50 cm sedang jika dibudidayakan, rata- rata hanya mampu tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 cm. Walaupun termasuk tumbuhan liar, daun gelang sudah banyak dibudidayakan. bahkan sebagian besar orang menanam daun gelang sebagai tanaman hias.

Kebanyakan orang memanfaatkan daun gelang sebagai salah satu bahan pakan ternak berbeda dengan manfaat tomat untuk jantung, hal ini tentunya karena daun gelang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi baik untuk ternak. Selain itu daun gelang juga dapat dikonsumsi, sebagian besar masyarakat yunani mengkonsumsi daun gelang dan memanfaatkannya sebagai sayur. Adapun ciri fisik dari daun gelang, batang daun gelang berbeda dengan tanaman kebanyakan, warnanya cenderung merah keunguan dengan tekstur yang agak tebal.

Sedangkan untuk daunnya sendiri tebal dan berdaging, tidak hanya itu kandungan air pada daun gelang juga banyak. Adapun bunga dari daun gelang yang memiliki warna kuning, sedangkan bentuk daunnya sendiri merupakan daun tunggal berbentuk bulat telur. Adapun tepi daun gelang yang rata dengan panjang sekitar 1 hingga 3 cm sedangkan lebarnya sekitar 1 hingga 2 cm. Selain dimanfaatkan sebagai sayur ataupun pakan ternak, daun gelang juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk kesehatan herbal. Tentunya ini karena kandungan nutrisi pada daun gelang. Berikut merupakan rincian mengenai kandungan nutrisi daun gelang.

Kandungan Nutrisi Daun Gelang

  • Tannin
  • Fosfat
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Mangan
  • Potassium
  • Sodium
  • Urea

Banyaknya kandungan nutrisi pada daun gelang tentunya memiliki banyak sekali manfaat terkait dengan kesehatan anda. Untuk mengkonsumsi daun gelang sehingga mendapatkan manfaatnya berbeda dengan manfaat buah pir untuk asam lambung, anda bisa mengolahnya terlebih dahulu. Untuk mengolahnya pun sangat mudah, mengingat daun gelang menyerupai jenis sayur. Anda bisa mengolahnya menjadi aneka macam menu makanan ataupun minuman. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari daun gelang, berikut penjelasannya.

Manfaat Daun Gelang

  1. Obat Diare

Ada banyak sekali jenis obat di pasaran yang bisa anda minum untuk menyembuhkan diare, namun beberapa obat nampaknya dapat menyebabkan efek samping berkepanjangan. Untuk itu anda bisa menyembuhkan diare dengan ramuan herbal tanpa efek samping. Caranya dengan membuat air rebusan daun gelang dan minumlah sebanyak 3 cangkir dalam sehari.

  1. Obat Ambeien

Ambeien merupakan salah satu jenis penyakit pada sistem pencernaan bagian pengeluaran, untuk menyembuhkannya anda bisa melakukan berbagai cara mulai dari mengkonsumsi ramuan herbal hingga operasi. Ramuan herbal yang sangat efektif untuk menyembuhkannya yaitu air rebusan daun gelang, minumlah setiap pagi dan malam untuk menyembuhkan ambeien.


  1. Mencegah Rambut Rontok

Salah satu masalah utama yang sering dialami oleh wanita yaitu rambut rontok. Untuk mencegah serta mengatasinya anda bisa menggunakan air rebusan daun gelang dan mengusapkannya ke kulit kepala anda. Diamkan terlebih dahulu selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Sebagai Detox

Bagi anda yang ingin memiliki tubuh sehat berbeda dengan manfaat kunyit untuk batuk, anda bisa minum minuman detox. Salah satu minuman detox yang bisa anda konsumsi yaitu air rebusan daun gelang. Minumlah setiap pagi untuk mengeluarkan racun serta zat berbahaya yang mengendap di tubuh anda.

  1. Memutihkan Kulit

Bagi anda yang ingin tampil menawan dengan kulit putih dan sehat, anda bisa mencoba ramuan tradisional berikut. Caranya yaitu dengan mencampur daun gelang dan lemon yang ditumbuk, usapkan secara merata ke kulit dan biarkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Bagi anda yang sering mengalami sesak napas, sebaiknya anda waspada. Bisa jadi ini merupakan salah satu gejala asma, untuk menjaga kesehatan pernapasan terutama paru- paru anda bisa minum air rebusan daun gelang. Selain dapat meredakan sesak berbeda dengan manfaat cuka apel untuk darah tinggi, ini sangat baik untuk menguatkan paru- paru anda.

Itulah berbagai manfaat dari daun gelang yang dapat kami sampaikan, konsumsilah secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal