7 Manfaat Bekam Saat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat luas, bekam merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang pastinya sudah tidak asing lagi. Nama lain dari bekam di beberapa daerah memang berbeda, seperti di Jawa biasa disebut dengan kop, atau cantuk, sedangkan dengan nama batangklik di daerah sumbawa. Namun, cara bekam yang dilakukan tetap sama, yani dengan menggunakan alat untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh dengan pemvakuman pada kulit terlebih dahulu. Bekam juga sudah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW, akan tetapi tidak menggunakan alat bekam seperti sekarang, akan tetapi menggunakan tanduk kerbau, ataupun tulang unta atau juga menggunakan gading gajah. Dalam Islam, berbekam memang diperbolehkan, bahkan ketika sedang berpuasa berbekam tetap diperbolehkan, bahkan berbekam ketika puasa memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan.

artikel terkait:

Berbekam Saat Berpuasa

Ketika berpuasa, ada beberapa pengobatan yang dilarang karena dapat membatalkan puasa. Namun, pengobatan dengan cara berbekam tidak membatalkan puasa sesuai dengan beberapa hadis, meskipun ada juga yang memberikan hukum makruh berbekam ketika berpuasa. Secara logika, ketika berpuasa keadaan perut sedang kosong, dan berbekam mengeluarkan darah dari dalam tubuh sehingga dapat membuat tubuh menjadi lemas. Akan tetapi sebaliknya, berbekam ketika puasa malah dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh, diantaranya:

  1. Menyembuhkan Penyakit

Berbekam pada saat perut kosong dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Hal tersebut dibuktikan dengan radio aktif teknesium berteknetat. Berbekam pada saat puasa dapat membunuh beberapa zat yang menyerang tubuh dan dapat menyebabkan beberapa penyakit.

artikel terkait: manfaat empedu kambing

  1. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Berbagai macam zat yang membahayakan tubuh sangat mudah masuk baik dari makanan maupun lingkungan sekitar. Zat berbahaya seperti racun, harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Berbekam pada saat berpuasa dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui darah kotor yang keluar ketika proses bekam.

artikel terkait: manfaat ginsamyong

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Berpuasa memang terkadang menyebabkan lemas karena tidak ada makanan yang masuk seharian. Namun, sebenarnya dengan berpuasa malah dapat meningkatkan kesehatan. Sehatnya berpuasa juga membantu meningkatkan sistem imun dengan melakukan bekam saat berpuasa. Melakukan bekam ketika puasa dapat membantu meningkatkan imunoglobin, aktivitas fagostik, sel T Helper dan juga E rosette, dimana beberapa aktivitas tersebut adalah sistem pertahanan tubuh.

artikel terkait: manfaat ginseng merah

  1. Membuat Otot Rileks

Berbekam ketika berpuasa dapat membantu proses pelepasan zat endomorphin. Proses pelepasan zat endomorphin ini dapat membantu  merilekskan otot.

artikel terkait: manfaat terapi listrik

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

Ketika badan mudah sakit, berbekam pada saat berpuasa dapat dilakukan untuk mengusir penyakit. melakukan bekam pada saat sedang berpuasa dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, atau leukosit. Peningkatan leukosit dalam tubuh dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang menyerang.

artikel terkait: manfaat terapi air hangat

  1. Menyembuhkan Peradangan Kulit

Pada saat berpuasa dan melakukan bekam, dapat membantu pelepasan seretonin, bradikinin, dan slow reacting substance. Pelepasan ketiga sel ini disertai dengan pelepasan corticotropin releasing factor dan juga adenohipofise yang dapat membantu menyembuhkan peradangan dan juga infeksi pada kulit.

artikel terkait: manfaat terapi waki

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Berbekam yakni mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Pada saat berpuasa sekalipun, darah kotor tetap ada di dalam tubuh. Dengan berbekam pada saat berpuasa darah kotor dikeluarkan dan dapat membantu melancarkan peredaran darah karena telah keluarnya darah kotor yang menyumbat darah yang masih bersih.

artikel terkait: manfaat terapi komplementermanfaat terapi ceragem

Berpuasa memang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Akan tetapi, melakukan pengobatan dengan berbekam pada saat puasa memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Meskipun mengeluarkan darah, namun darah yang dikeluarkan merupakan darah kotor yang tidak baik untuk tubuh. Sehingga dengan berbekam pada saat berpuasa, tubuh akan tetap sehat.