14 Manfaat Hutan Lindung Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

Hutan lindung. Apa yang ada di dalam pikiran anda ketika mendengar istilah hutan lindung ini? Mungkin banyak yang kurang mengerti apa sih sebenarnya arti dari hutan lindung.

manfaat hutan lindungHutan lindung sendiri sebenarnya merupakan suatu hutan, alias lahan besar yang terdiri dari kumpulan flora dan fauna yang terbentuk baik secara alami ataupun tidak yang merupakan wilayah hutan yang memiliki fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah ( UU Republik Indonesia No.41 / 1999 ).

Hutan lindung sendiri ditunjuk oleh pemerintah untuk dirawat bukan tanpa alasan. Hutan lindung memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Apa saja manfaatnya?

1. Menjadi sistem penyangga kehidupan

Apa maksudnya? Maksudnya adalah hutan lindung dapat memberikan kehidupan dan menjamin kondisi pemenuhan kebutuhan lingkungan secara utuh. Berikut ini contoh dari manfaat hutan lindung sebagai penyangga lingkungan :

  • Pepohonan yang ada di dalam hutan lindung mampu memproduksi manfaat oksigen dalam jumlah besar bagi kehidupan yang berada di sekitarnya.
  • Dengan banyaknya pohon, maka manfaat air tahan pun akan tetap terjaga jumlah dan kualitasnya, sehingga daerah sekitarnya tidak mengalami kekurangan air.

2. Mengatur tata air

Salah satu fungsi dari pohon dan manfaat hutan adalah menjadi tempat resapan air. Hutan lindung akan sangat membantu pengelolaan air tanah pada daerah sekitarnya karena dapat menjadi tempat resapan air raksasa.

3. Mencegah terjadinya erosi

Apa itu erosi? Erosi merupakan proses terkikisnya tanah dan dapat terjadi apa yang kita kenal dengan istilah tanah longsor. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Erosi dapat terjadi ketika manfaat tanah tidak memiliki kekuatan dalam menghadapi kondisi hujan lebat, yang menyebabkan kontur tanah menjadi labil dan terjadi longsor. Akar dari pohon-pohon yang terdapat pada hutan lindung dapat mencegah terjadinya kejadian seperti itu.

4. Mencegah banjir

Manfaat hutan lindung diibaratkan sebagai salah satu tempat penampungan air raksasa. Setiap air yang melewati hutan lindung akan dengan mudah meresap masuk ke dalam tanah dan menjadi air tanah. Hal ini dapat menjadikan manfaat air hujan yang tidak mengakibatkan terjadinya bencana banjir.

5. Menjadi tempat wisata

Biasanya hutan lindung berada pada daerah perbukitan, pegungungan atau dataran tinggi dengan memiliki pemandangan yang indah. Hal ini dapat memberikan manfaat liburan bersama keluarga dengan suasana yang berbeda. Tentu saja akan memberikan peningkatan terhadap pariwisata di daerah lokasi hutan lindung tersebut.

6. Tempat untuk relaksasi dan melepaskan penat

Anda merasa stress dan lelah setelah bekerja selama beberapa waktu. Manfaat hutan lindung pastinya bisa menjadi tempat tujuan utama anda untuk melakukan relaksasi dan melepas stress serta kepenatan. Dengan kondisi alam yang benar-benar alami tanpa dibuat-buat,  anda akan merasakan kenyamanan yang lebih ketika anda berkunjuNg ke kawasan hutan lindung tersebut.

7. Menjadi lebih dekat dengan alam

Bagi anda yang merindukan kehadiran sang pencipta lewat media alam semesta, anda dapat mengunjungi hutan lindung. Di dalam hutan lindung ini anda dapat merasakan bagaimana anda menjadi lebih dekat dengan alam, dan mensyukuri apa saja yang sudah anda peroleh selama ini. Selain itu, anda juga akan menyadari betapa manfaat penghijauan pada lingkungan, sungguh berarti untuk kehidupan.

8. Membentuk ekosistem secara utuh

Di Indonesia ada beberapa kasus dimana hewan liar masuk ke dalam daerah penduduk dan meresahkan warga. Inilah salah satu manfaat hutan lindung yang sering tidak kita sadari. Hutan lindung akan membentuk suatu ekosistem secara utuh, sehingga segala makhluk yang hidup di dalam hutan lindung akan merasa nyaman dan mencegah masuknya hewan-hewan liar ke pemukiman penduduk

9. Sumber udara bersih

Seberapa parahkah kondisi udara di perkotaan? Jawabannya tentu saja sudah parah. Maka dari itu, keberadaan hutan lindung dapat memberikan pasokan kebutuhan oksigen bagi kita semua.

10. Sebagai tempat mencari nafkah

Beberapa jenis pohon serta flora dan fauna di dalam hutan lindung bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan. Misalnya saja jenis buah-buahan ataupun ranting -ranting kayu yang bisa dijual akan menjadikan hutan lindung sebagai sumber mencari nafkah bagi warga sekitar. Hal ini merupakan manfaat hutan lindung yang menghasilkan barang-barang yang memberikan nilai ekonomi seperti :

11. Sebagai kawasan untuk belajar

Dengan keberagaman flora dan fauna di dalamnya, hutan lindung merupakan salah satu ‘perpustakaan alami’ bagi mereka yang ingin belajar mengenai kehidupan flora dan fauna serta jenis spesies flora dan fauna yang ada di dalamnya.

12. Mengurangi pemanasan global

Isu pemanasan global merupakan salah satu masalah yang sejak dulu menghinggapi planet bumi. Salah satu usaha mengurangi pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan hutan lindung yang dapat membantu dalam menjaga lapisan ozon pada atmosfer bumi.

13. Melindungi fauna atau hewan hewan khas suatu wilayah

Hutan lindung biasanya dihuni oleh berbagai macam hewan-hewan liar yang menggantungkan hidupnya dari ekosistem hutan lindung. Maka dari itu hampir semua jenis fauna akan terlindungi bila berada pada hutan lindung, termasuk flora fauna khas Indonesia seperti macan tutul, gajah lampung yang biasa tinggal di kawasan hutan Indonesia.

14. Mencegah terjadinya kepunahan

Biasanya keberadaan manfaat hutan lindung juga akan mencegah terjadinya kepunahan pada spesies tertentu, baik flora maupun faunanya.

Perbedaan Hutan Lindung dan Hutan Konservasi

Hutan lindung sendiri merupakan kawasan yang ditunjuk oleh pemerintah dan biasanya terletak pada wilayah hulu sungai. Namun ada beberapa pergeseran makna yang mungkin agak salah kaprah yang beredar pada masyarakat luas antara hutan lindung dengan kawasan konservasi alam atau kawasan lindung. Mungkin kedua istilah ini mirip namun ada satu perbedaan yang terlihat, yaitu apabila hutan lindung digunakan sebagai penyeimbang alam, kawasan lindung atau konservasi merupakan suatu kawasan yang ditunjuk sebagai kawasan untuk menjaga keanekaragaman flora fauna dan segala makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Meskipun berbeda namun memiliki manfaat yang tidak berbeda seperti manfaat hutan lindung di atas. Mulai dari saat ini, stop pemabalakan liar yang tidak bertanggung jawab, demi kelangsungan hidup anak dan cucu kita.