5 Manfaat Arang Kayu untuk Sehari- Hari

Bahan bakar merupakan salah satu hal terpenting yang sudah menjadi kebutuhan sehari- hari berbeda dengan manfaat buah rambutan untuk diet, kegunaannya tentunya bermacam- macam tergantung dari jenisnya. Secara fisik bahan bakar dibedakan menjadi 2 yaitu cair dan padat, lalu secara pembentukan dibedakan menjadi 2 yaitu alami dan buatan. Untuk bahan bakar alami bisa dibilang merupakan salah satu bahan bakar murni diambil secara langsung dan diproses dengan alat canggih hingga menjadi aneka ragam bahan bakar seperti bahan bakar yang terbuat dari air, tumbuhan, kotoran hewan dan sinar matahari.

Sedangkan untuk bahan bakar buatann atau biasa disebut dengan bahan bakar non hayati, biasanya merupakan jenis bahan bakar yang diperoleh dari hasil pengeboran minyak bumi dan sudah diproses mrnggunakan mesin dan dapat habis atau berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Adapun jenis bahan bakar yang biasa kita temui di luar sana, mulai dari minyak tanah, gas, bensin, hingga arang. Berbicara tentang bahan bakar, ada salah satu jenis bahan bakar alami yang memiliki banyak sekali manfaat.

Yaitu arang, pasti bahan bakar yang satu ini sangat familiar di telinga anda terutama bagi anda yang memiliki hobi memasak. Arang sendiri ada banyak sekali jenisnya tergantung dari bahan dasar yang digunakan. Arang sendiri merupakan salah satu jenis bahan bakar yang prosesnya dilakukan dengan cara membakar benda hingga berwarna hitam dan sedikit mengeluarkan bara api. Ada banyak sekali jenis arang di pasar yaitu arang batok kelapa, arang sekam, arang bambu, arang kayu, dan masih banyak lagi.

Dari jenis arang tersebut berbeda jika anda melihat manfaat jahe untuk jantung, ada salah satu jenis arang yang sangat laris dipasaran, bukan hanya dari segi pembuatannya yang mudah saja tetapi juga dari segi harga yang sangat ekonomis. Arang kayu merupakan salah satu jenis arang yang saat ini banyak sekali digunakan oleh orang. Hal ini karena arang kayu memiliki aroma yang khas. Kebanyakan orang dalam memproses arang kayu biasanya menggunakan sebuah tungku pembakar raksasa. Kayu- kayu pohon berkualitas dengan ukuran yang sudah disesuaikan akan dipilih terlebih dahulu sesuai dengan umurnya.

Setelah itu kayu- kayu yang ada dimasukkan ke dalam sebuah tungku pembakaran dan ditutup menggunakan tanah lempung. Didalamnya sudah dinyalakan api dengan suhu tinggi sehingga proses pembakaran berlangsung dengan baik. Proses pembakaran disesuaikan dengan banyaknya kayu yang dimasukkan, biasanya akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 hari. Dalam keseharian sendiri, arang kayu memiliki banyak sekali manfaat. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat arang kayu, berikut penjelasannya.

Manfaat Arang Kayu

  1. Sebagai Bahan Bakar

Seperti yang anda tahu arang merupakan salah satu bahan bakar yang sangat mudah ditemui, anda bisa mendapatkannya di toko ataupun pasar. Arang sendiri digunakan sebagai bahan bakar dalam pembuatan makanan dan kerajinan. Untuk makanan biasanya digunakan sebagai bahan bakar dalam pembuatan jagung bakar, ketela bakar, ikan bakar, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk kerajinan berbeda dengan manfaat jambu biji kuning, arang digunakan sebagai bahan bakar dalam pembuatan gerabah.

  1. Penyedap Rasa

Bagi anda penggemar makanan tradisional dan ingin menjaga serta menambah kesedapan makanan maka anda bisa mencoba cara berikut. Caranya sangat mudah dan sederhana, anda bisa memasaknya menggunakan arang kayu. Ini sangat efektif, tidak hanya untuk masakan tradisional saja, anda juga bisa mencobanya pada menu masakan modern.

  1. Bahan Dasar Minuman

Bagi anda pecinta kopi jangan sampai melewatkan salah satu jenis kopi yang satu ini. Yaitu kopi joss. Kopi ini merupakan salah satu jenis kopi dengan cara penyajian unik berbeda dengan manfaat lemon untuk batuk, bahan dasarnya merupakan kopi hitam yang sudah diseduh. Uniknya yaitu sebagai bahan dasar tambahan, batu arang yang telah dibakar dan telah menjadi bara dimasukkan ke dalam cangkir kopi. Tidak hanya penyajinnya yang unik tetapi juga rasa kopinya yang sangat nikmat dan wangi.


  1. Penambah Aroma

Daging merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat lezat dan hampir semua orang menyukainya. Ada banyak sekali cara pengolahan daging, selain diberi bumbu agar rasanya sedap ternyata proses pematangan juga sangat mempengaruhi aroma. Untuk menambah aroma agar daging memiliki aroma yang legit dan khas, anda bisa membakarnya menggunakan arang kayu.

  1. Media Tanam

Arang memiliki tekstur yang tidak begitu keras dan memiliki kadar mineral tinggi, tentunya ini tidak hanya baik sebagai bahan bakar saja. Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam berbeda dengan manfaat jeruk sunkist untuk diet dan menjaga berat badan, anda bisa menggunakan arang kayu sebagai media tanamnya. Ini sangat ampuh untuk menjaga kesuburan tanaman anda selain itu juga lebih praktis dan hemat.

Itulah berbagai manfaat arang kayu yang dapat kami sampaikan, anda bisa mencobanya sendiri untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Hasil Bumi