Manfaat Memberi Uang Kepada Orang Tua Dengan Pahala Berlimpah

Sebenarnya, sedekah pada orang tua tidak hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan uang saja, namun juga bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian harta, membantu pekerjaan rumah, merawat kedua orang tua yang sedang sakit, mendoakan orang tua dan masih banyak lagi yang lainnya. Perintah untuk selalu berbuat baik pada orang tua juga tertulis dalam Surat Al Luqman Ayat 14 yang berbunyi, “Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada Ku lah tempat kembali.” Membahagiakan orang tua sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan anak khususnya jika kondisi ekonomi memang sangat memungkinkan. Berikut akan kami berikan beberapa manfaat memberi uang kepada orang tua yang sangat luar biasan.

  1. Melakukan Amal yang Paling Utama

Memberikan uang kepada orang tua merupakan salah satu cara menunjukkan bakti pada orang tua yang juga termasuk amal paling utama selain banyak juga manfaat uang dalam perekonomian. Abdullah bin Masud berkata, “Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu “alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu “alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah”.[Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]. Dengan ini, maka jika kita ingin melakukan kebajikan, maka harus didahulukan amal yang paling utama dan diantaranya adalah birrul walidain atau berbakti pada kedua orang tua.

  1. Mendapatkan Ridha Allah

Perlu kita ketahui jika ridha Allah akan tergantung dari keridhaan orang tua yang salah satunya bisa dilakukan dengan cara memberi uang pada orang tua atau manfaat sedekah. Dari Abdillah bin Amr bin Ash Radhiyallahu “anhuma dikatakan bahwa Rasulullah Shallallahu “alaihi wa sallam bersabda, “Ridla Allah tergantung kepada keridlaan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua” .[Hadits Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad (2), Ibnu Hibban (2026-Mawarid-), Tirmidzi (1900), Hakim (4/151-152).

  1. Membahagiakan Orang Tua

Meski memang kita sebagai anak tidak akan pernah bisa membalas seluruh kebaikan yang sudah dilakukan orang tua, akan tetapi tindakan kecil seperti memberikan uang sudah cukup mampu membuat orang tua merasa bangga dengan anaknya. Manfaat sedekah setiap hari atau memberikan sebagian penghasilan kita pada orang tua seberapa pun itu tetap bisa membuat orang tua tersenyum bahagia karena kebaikan yang sudah dilakukan tersebut.

  1. Meningkatkan Keimanan

Memberikan orang tua uang atau diberikan pada orang lain secara tidak langsung bisa meningkatkan keimanan selain bisa juga diperoleh dengan manfaat mendoakan orang lain. Memberikan uang pada orang tua bisa membuat emosi menjadi positif sekaligus turut merasakan kebahagiaan dari yang dirasakan orang tua ketika menerima uang yang kita berikan. Selain itu, memberikan uang pada orang tua juga bisa meningkatkan hubungan antara anak dan orang tua sebab orang tua bisa melihat kepedulian kita pada mereka.

  1. Melipatgandakan Rezeki

Memberi uang pada orang lain dalam hal ini pada orang tua maka bisa melipatgandakan rezeki selain bisa juga dilakukan dengan manfaat mengelola uang dengan baik. Memberikan sebagian rezeki yang kita miliki secara tidak langsung juga akan membuka pintu rezeki karena kebiasaan baik selalu berbagi dengan orang lain termasuk orang tua tentunya akan mendapatkan ganjaran yang setimpal.

  1. Memberikan Rasa Bahagia

Uang yang kita berikan pada orang tua juga bisa mengurangi stress sekaigus menyembuhkan rasa kurang bahagia karena melihat kebahagiaan yang diperlihatkan orang tua ketika menerima pemberian uang yang kita miliki.

Manfaat memberi uang kepada orang tua memang tidak bisa membalas semua kebaikan yang sudah orang tua berikan dari mulai dilahirkan hingga anak menjadi dewasa dan bisa mandiri. Namun perbuatan baik ini tetap bisa membuat orang tua merasa bahagia sebab mereka melihat kepedulian anak anak pada orang tua tersebut yang sekaligus akan dicatat baik oleh Tuhan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan