14 Manfaat Daun Jeruk Purut Untuk Kulit dan Penyakit Dalam

Jeruk purut yang dalam bahasa Inggris disebut dengan kaffir lime ini merupakan pohon berukuran kecil atau perdu dengan bentuk daun yang khas yakni dua helai daun yang tersusun secara vertikal karena bagian tepi yang berlekuk, berukuran tebal dan tekstur permukaan yang licin. Ada banyak bagian yang bisa digunakan dari tumbuhan ini seperti bagian buah dan daun. Bagian daun jeruk purut seperti manfaat daun jeruk nipis ini seringkali digunakan sebagai bumbu atau penyedap dari masakan dan bahkan bisa dikeringkan dan dipakai saat dibutuhkan. Daun jeruk purut yang memiliki bau sangat khas ini mengandung beberapa senyawa seperti minyak atsiri, tanin, steroid triterpenoid dan berbagai kandungan lainnya. Manfaat daun jeruk purut ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging dan juga penyedap masalah, namun ternyata ada begitu banyak manfaat lain yang terkandung dalam daun ini dan beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini untuk menambah wawasan anda.

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Daun jeruk purut ini bisa dikonsumsi saat sistem kekebalan tubuh menurun dan menimbulkan gejala seperti lemah, letih dan juga lesu. Daun ini bisa dipakai untuk meningkatkan imun dan stamina tubuh sehingga bisa mengatasi berbagai penurunan kesehatan yang terjadi pada tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Kegunaan daun jeruk purut berikutnya adalah untuk melindungi kesehatan mulut selain bagian buahnya yang juga tinggi akan vitamin C dan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada mulut. Bagian daun jeruk purut bisa langsung digosokkan pada gusi untuk membunuh berbagai bakteri berbahaya yang tidak bisa dihilangkan saat menyikat gigi. Selain itu, minyak yang diekstrak dari daun ini juga bisa dicampurkan dengan pasta gigi atau obat kumur dengan fungsi untuk memutihkan gigi sekaligus menyehatkan mulut, gusi dan juga gigi.

  1. Mengatasi Peradangan

Berbagai jenis peradangan seperti radang sendi, rematik, asam urat, edema dan jenis peradangan lain juga bisa diatasi hanya dengan menggunakan daun jeruk purut. Daun jeruk purut yang dihaluskan bisa digunakan sebagai obat topikal untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan sebab memiliki sifat anti inflamasi yang sangat tinggi.

  1. Merawat Kesehatan Rambut

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika daun jeruk purut yang dihaluskan dan dicampur dengan perasan jeruk purut ini memiliki banyak kegunaan untuk rambut. Campuran ini bisa diterapkan langsung ke kulit kepala dan juga rambut untuk memperlambat kebotakan pada pria sekaligus menguatkan folikel rambut. Selain itu, daun jeruk purut juga sangat baik untuk melembabkan kulit kepala dan juga mencegah timbulnya ketombe dan membuat tampilan rambut terlihat lebih berkilau.

  1. Mengurangi Stress

Daun daun jeruk purut memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi dari kandungan minyak atsiri didalanya. Dengan begitu, daun harum ini bisa digunakan untuk menurunkan tingkat stress sekaligus merangsang otak agar bisa menghasilkan hormon yang bisa memperbaiki suasana hati. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mencampur daun jeruk purut kedalam makanan seperti soto, salad, saus sambal, sup dan berbagai makanan lain dan juga bisa direbus kemudian minum air rebusan daun jeruk purut tersebut.

  1. Obat Alami Influenza

Jika anda mengalami influenza, daun jeruk purut ini juga bisa digunakan karena kemampuannya dalam menangkal virus. Daun ini bisa digunakan sebagai solusi batuk dan menyembuhkan influenza dengan cara menyerang virus tersebut yakni memproduksi sel darah putih lebih banyak sebagai imun tubuh alami. Anda bisa mencampur daun ini ke dalam minuman atau makanan untuk menyembuhkan berbagai gangguan pernapasan tersebut.


  1. Mencegah Sel Kanker

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit ringan, namun ternyata daun ini juga bisa digunakan sebagai solusi kanker yang menjadi penyakit paling mematikan nomor satu di dunia. Mengkonsumsi daun jeruk purut ini secara teratur setiap baik akan menjaga tubuh selalu dalam keadaan sehat sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh anda.

  1. Anti Bakteri

Anti bakteri menjadi salah satu kegunaan penting dalam daun ini sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan karena bakteri. Anda hanya perlu mengkonsumsi daun ini secara langsung seperti dicampur dengan makanan dan minuman untuk mendapatkan manfaat anti bakteri yang lebih maksimal.

  1. Merevitalisasi Tubuh

Seperti manfaat daun jeruk bali, daun jeruk purut juga memiliki banyak kandungan yang lebih hebat dibandingkan dengan daun lainnya. Mengkonsumsi daun ini sangat penting untuk merevitalisasi tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh dan menghasilkan sel sel baru sehat untuk menggantikan sel yang sudah rusak.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Daun jeruk purut sudah sangat terkenal penggunaannya untuk mengatasi berbagai masalah oral seperti dicampur sebagai bahan pembuatan pasta gigi dan permen karet untuk membunuh bakteri berbahaya penyebab gangguan mulut. Selain itu, daun jeruk purut juga memberikan manfaat detoksifikasi yakni efektif untuk menyembuhkan berbagai infeksi darah, menghilangkan patogen dalam darah dan juga mencegah infeksi darah yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan kesehatan darah secara menyeluruh.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Dalam daun jeruk purut juga mengandung sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit berhubungan dengan pencernaan seperti solusi maag, mengatasi sembelit, sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Untuk itulah mengkonsumsi daun jeruk purut disarankan dilakukan secara teratur sehingga berbagai masalah pada saluran pencernaan bisa dicegah dengan baik.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Komponen dalam daun ini memiliki banyak manfaat antioksidan sehingga sudah digunakan dalam berbagai produk kecantikan sebagai solusi kecantikan kulit. Mengkonsumsi daun jeruk purut dengan teratur akan membantu mengangkat sel sel kulit mati sekaligus mengembalikan cahaya alami kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat vitamin C tinggi dalam daun jeruk purut dan juga bagian buahnya sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan sariawan yang menyakitkan dan mengganggu saat berbicara dan mengkonsumsi makanan. Sariawan sendiri bisa terjadi karena tubuh kekurangan air dan juga vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun jeruk purut ini, anda bisa mengkonsumsi air hangat yang sudah dicampur dengan remasan daun jeruk purut sehingga sariawan bisa lebih cepat disembuhkan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

  1. Sumber Antibiotik

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui jika daun jeruk purut memiliki manfaat antibiotika sebagai benteng pertahanan tubuh dari segala macam penyakit seperti yang terdapat dalam manfaat daun jeruk lemon. Saat anda sedang mengalami sebuah penyakit yang diakibatkan karena imun tubuh menurun, maka jangan langsung mengkonsumsi obat obatan antibiotik namun sebaiknya konsumsi air rebusan daun jeruk purut ini setiap pagi sebelum beraktivitas yang bisa memberikan manfaat antibiotik setara dengan obat obatan namun lebih alami dan aman untuk dikonsumsi.

Manfaat daun jeruk purut ini tidak hanya nikmat untuk dicampur dalam masakan dan bumbu namun juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Anda bisa mencampur daun ini dalam masakan atau saus dan juga bisa direbus untuk dijadikan minuman kesehatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan, Tumbuhan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.